YIMSA LEBIH AKRAB LEWAT OBTUS

Pada 17 Mei 2015 silam, Young Indonesian Muslim Student Association (YIMSA) kembali mengadakan OBTUS (Obrolan Suatu Siang) di ruang serba guna Apartemen Milano yang terletak di Franklin Street, Melbourne. Tema yang diusung di acara tersebut adalah Developing a Muslim identity, dan mereka pun turut mengundang Rian Nugraha sebagai seorang pembicara yang sering mengikuti komunitas Muslim di Melbourne.

“Tujuan OBTUS diadakan sebenarnya sebagai sarana untuk anggota-anggota YIMSA ngumpul bareng semua. Sebab YIMSA kan ada pengajian putri dan pengajian putra, biasanya kan dipisah,” ujar Ivan Syahputra selaku ketua YIMSA.

Ivan juga menambahkan bila OBTUS selalu mengambil topik taushiyah (ceramah) umum, bukan yang spesifik ditujukan kepada jemaat putra atau putri. “Sekalian buat welcome anak-anak yang mau join YIMSA juga. Untuk umum tujuannya  identity kan dasar, biar orang-orang yang datang bisa relate to the situation.

Acara berlangsung dengan suasana yang santai dan akrab dimana semua yang datang duduk membentuk lingkaran mengelilingi Bang Rian Nugraha yang mulai menjelaskan berbagai topik mengenai agama Islam. Sesekali Bang Rian melontarkan pertanyaan dan berdiskusi. Ia pun terbuka terhadap masukan-masukan yang dilontarkan sesama Jemaah. Hal ini kian menambah suasana akrab OBTUS hari itu.

Sambil mendengarkan taushiyah berisi topik seputar karakteristik agama Islam, two competitive advantage of Muslim ummah, sampai dengan topik utamanya, yakni Developing a Muslim Identity, para pengunjung yang berjumlah hingga 24 orang mendengarkan dengan khusyuk sambil disuguhi aneka makanan ringan.

“Untuk jumlah pendatang, sejauh ini ada peningkatan. Objektifnya ingin menjaring teman-teman Muslim di sini juga biar lebih banyak lagi nantinya. Rencananya juga nanti mau adain acara lagi, dan harapan kita kedepannya lebih banyak yang datang,” papar Ivan tentang rencana YIMSA untuk kedepannya.

Pengalaman Obtus Dianri Ridwan (23)

Menurut aku, really important and useful sessionnya today, ini yang pertama kali sih, tapi kayaknya yang berikutnya mau ikut juga, karena selain bisa membangun nilai Islamiah yang lebih kuat among the students, tapi kita juga bisa reinforce and add to our knowledge. Menarik topiknya, bagus banget.

Masukan: Ngga ada sih, sudah bagus banget. Ngundang orang lebih banyak tentunya bakal lebih seru, tapi nggak tau tadi tempatnya bisa atau nggak ya, tapi facility-nya juga lumayan lengkap, dan tempatnya juga easy to reach. The speaker is really captivating as well.

 

sasha

Discover

Sponsor

Latest

Nyusul Pacar di Sydney

Xn: Siang, Ko. Mel tanya kenapa dia tidak boleh ke Sydney? Menurut koko apa? SL: Luck cycle yang lagi jelek. Xn: Oohhh gitu. Mungkin dia pergi...

Akankah Saya Kebagian atau Kehilangan Keju di Tahun Tikus?

Catatan: Luangkan baca dengan teliti sampai tuntas agar tidak gagal paham. Merasa capek, buang waktu, dan tenaga membacanya? Pikirkan lah waktu dan tenaga yang...

My Identity: Sinopsis

“Film ini sangat mengingatkan dan mengajarkan aku banyak hal, tentang betapa hebatnya dalam mengandalkan Tuhan di semua perihal hidupku! Pada saat dimana ada hal...

PRINSIP SEDERHANA BONDAN WINARNO YANG MAKNYUS

Wajahnya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia sejak muncul sebagai presenter acara Wisata Kuliner di layar kaca Tanah Air. Sebelumnya, pria yang genap...

Hari Radio Republik Indonesia

Tidak banyak yang mengetahui, namun tanggal 11 September merupakan hari yang spesial bagi Indonesia karena merupakan hari peringatan berdirinya Radio Republik Indonesia. Tentunya kita...