WEMINAC Fest 2021: Upgrade Your Skills and Knwoledge

Women and Men Indonesian Centre membuka tahun 2021 dengan WEMINAC Fest, festival webinar yang membahas topik seputar pemuda dan kesehatan reproduksi di Indonesia.  

Acara yang berlangsung selama empat hari ini menghadirkan pembicara dari berbagai latar belakang. Melalui WEMINAC Fest, platform edukasi kesehatan reproduksi untuk generasi muda ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anak muda menuju Golden Indonesia 2045. 

How to be Multitasking and Multitalented Person 

Pada dasarnya, semua orang itu multitasking dan multitalent 

Endy Agustian, Putera Pendidikan Indonesia dan PhD candidate Universitas Gadjah Mada membuka pemaparan materinya dengan pernyataan ini. 

“Sudah seharusnya dan akan menjadi kebiasaan kita as a human being,” katanya. 

Menurutnya, manusia selalu berperan aktif, pasif, dan bersikap dominan di lingkungannya, baik itu di ranah privat maupun sosial. Untuk mencapai performa yang maksimal, penerima beasiswa LPDP ini juga menyebutkan bahwa manusia harus memenuhi sifat-sifat dasarnya sebagai pelaku, perencana, dan penentu. Maka dari itu, dalam kehidupan sehari-hari setiap manusia sudah bisa dinyatakan sebagai seorang multitasker. 

Multitasking itu bikin kita nggak fokus, lho, Kak!” Tidak, jika kamu mengganti mindset-mu! 

Endy menjelaskan bahwa topik seputar multitasking memang kontroversial. Banyak yang mengatakan bahwa multitasking kurang efisien dan malah mengurangi produktivitas kita. 

Namun, founder dari dialoginspirasi dan indonesiacerdas ini menegaskan bahwa multitasking tetap membuat kita fokus dan produktif, jika kita mengganti perspektif kita akan definisi fokus itu sendiri. 

Jika fokus itu sendiri diinterpretasikan dengan melakukan banyak hal secara maksimal, bukan hanya melakukan satu hal secara maksimal, multitasking justru akan membuat kita tetap fokus dan produktif. 

Strategi Multitasking 

  • Menentukan skala prioritas (penting mendesak, penting tidak mendesak) 
  • Menentukan deadline 
  • Membuat to-do-list (daily log, weekly log, monthly log) 
  • Berusaha tetap fokus 
  • Menerapkan sikap disiplin 
  • Waspada dampak negatif multitasking (contoh: stress, dituntut sebagai orang yang perfeksionis) agar ketika hal itu datang, kita tahu cara meregulasinya 

“Kita sebagai manusia pasti dianugerahi Tuhan YME talent, tapi problematikanya kita tidak mengetahui talent kita.” Bagaimana caranya mengetahui talent kita? 

Potensi  Skill  Talent  Ambition  Passion

Mengetahui tahapan-tahapan ini akan lebih memudahkan untuk menentukan apa talent kita. Semua orang yang dilahirkan memiliki potensi yang jika terus dikembangkan akan menjadi skill, talent, dan ambisi yang akan mengarah pada passion

Tentukan SWOT-mu

Mengetahui apa saja strength, weakness, opportunity, dan threat-mu adalah salah satu fondasi untuk mencari tahu talent kamu dan mau dibawa kemana ambisi yang kamu miliki. Endy mengatakan bahwa walaupun penting dan terlihat sederhana, hal ini jarang dievaluasi anak muda zaman sekarang. 

Ketahui Perbedaan Passion dengan Hobi 

Hobi adalah sesuatu yang kamu sukai dan dilakukan karena ada waktu luang, sementara passion adalah hal yang kamu sukai dan akan memberikan pengaruh kepada masyarakat sekitar jika kamu tekuni. Ada elemen ambisi dalam Passion. 

Pelecehan Pada Perempuan, Siapa yang Salah? 

Topik ini diisi oleh Cinta Laura, seorang public figure sekaligus Duta Anti Kekerasan Anak dan Perempuan 2019. 

Masalah besar yang dampaknya tidak hanya kepada korban 

“Bayangin jika banyak perempuan jadi trauma karena kasus pelecehan ini, mau jadi apa negara kita?” 

Cinta menyebutkan bahwa pelecehan pada perempuan adalah salah satu bentuk kekerasan yang tidak hanya memberi dampak pada individu, namun juga berimbas pada suatu negara. 

Perempuan yang menerima kekerasan bisa trauma, dan suatu trauma dapat menurunkan tingkat percaya diri seseorang yang menghambat tumbuh kembang dan keinginan mereka untuk maju. 

Macam-macam pelecehan terhadap perempuan 

  • Pernikahan anak 
  • Mutilasi genital
  • Honor killing (pembunuhan demi kehormatan)
  • Perdagangan perempuan 
  • Kekerasan seksual, mental, dan emosional 
  • Cyberbullying 
  • Pemerkosaan dalam pernikahan 
  • Penyebaran video pribadi 

Kesadaran masyarakat terhadap isu ini masih sangat kurang di Indonesia 

Cinta menyebutkan bahwa pada level sosial, masyarakat masih kurang peka akan seberapa penting dan krusialnya isu pelecehan perempuan ini. 

Contohnya, sosial media masih menormalisasikan budaya pemerkosaan dengan menyalahkan dan menuduh korban atas baju yang mereka pakai ataupun pekerjaan yang mereka miliki. Dukungan dari keluarga masih sangat minim, karena keluarga korban malah merasa nama baik mereka tercemar sehingga membuat korban merasa lebih bersalah. Selain itu, jenis-jenis kekerasan seksual yang ada belum dipahami masyarakat secara komprehensif sehingga menyulitkan penanganan isu ini secara tuntas. 

Kuncinya adalah mengubah sistem pendidikan di Indonesia 

Cinta menegaskan berulang kali bahwa merubah sistem pendidikan di Indonesia adalah kuncinya. Sedari dini, nilai-nilai yang berkaitan dengan kesetaraan gender dan kekerasan seksual harus ditanamkan kepada anak-anak agar mereka yang mengalami kekerasan atau pelecehan seksual tidak takut untuk berbicara dan menyuarakan haknya. 

Lulusan Coloumbia University ini juga menyebutkan bahwa dibanding negara Amerika, pendanaan untuk isu pelecehan seksual di Indonesia masih kurang sekali. 

Anak muda Indonesia masih menjadi harapan besar untuk bantu menyuarakan isu ini 

Start a club, start an organisation untuk membantu menghindari hal ini,” sebut Cinta. 

Cinta pun menambahkan agar kaum muda untuk tidak menjadi bystander jika melihat orang lain mengalami kekerasan seksual. Segera laporkan jika memungkinkan dan saling dukung satu sama lain.

“Jangan paksa mereka untuk bicara, biarin mereka bicara sendirinya kepada kamu, tapi ingetin terus,” ungkapnya. 

Bagi kamu yang ketinggalan WEMINAC Fest ini kamu dapat mengaksesnya di kanal Youtube Women and Men Indonesian Center.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Discover

Sponsor

Latest

BIOSKOP, our gift to Australia and Indonesia

Indonesian movie industry has developed significantly in the last decade and it is starting to make its mark internationally with awards and inclusion of...

Melbourne Victory Berakar Kokoh di Rumah Sendiri

Baru – baru ini Majalah Buset mendapatkan kehormatan untuk hadir sebagai perwakilan dari komunitas Indonesia dalam acara jamuan makan malam yang diadakan oleh klub sepakbola...

Andy Gunawan: Bukti Sukses Orang Indonesia

Meninggalkan kampung halaman kita sendiri dan berpindah ke luar negeri bukan hal yang mudah untuk siapapun. Termasuk menjalankan pendidikan dengan bahasa yang berbeda dengan...

PASPOR DINAS RI

Paspor Dinas RI merupakan dokumen perjalanan RI yang diterbitkan Kementerian Luar Negeri RI dan diberikan antara lain kepada Pegawai Negeri Sipil dan Militer dalam...

A TOAST TO FEMINISM!

/ˈfeməˌnizəm/ adalah cara untuk mengucapkan kata feminism. Apa sebenernya arti dari istilah yang tak asing lagi itu? Apakah feminism menyiratkan kebencian pada kaum lelaki? Apakah...