Waspada Coronavirus!

Wabah coronavirus yang berasal dari Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok ini, telah menyebar keluar hingga ke Amerika Serikat. Baca artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut apa itu coronavirus dan langkah-langkah aktif untuk menghidarinya.

Apa itu coronavirus?

Coronavirus adalah jenis virus yang kerap ditemukan di binatang. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention) AS, dalam kejadian yang langka, dapat terjadi fenomena zoonotic yang mengakibatkan transmisi coronavirus dari binatang ke manusia. Saat ini diperkirakan sekitar ratusan orang telah terkena Wuhan coronavirus. Jenis-jenis coronavirus lain yang telah ditemukan sebelumnya adalah Middle East Respiratory Syndrome (MERS) yang berasal dari Timur Tengah dan Severe Acute Respiratory System (SARS) yang sempat melanda provinsi Tiongkok Selatan.

Gejala-gejala coronavirus

Ciri utama dari virus ini termasuk gangguan respiratori bagian atas yang mirip penyakit pilek pada umumnya. Gejala- gejala lain merupakan hidung beringus, batuk, sakit tenggorokan, dan juga pusing dan demam yang tidak kunjung sembuh selama berhari-hari.

Bagi orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah seperti anak-anak atau orang lansia, virus ini juga dapat menyebar ke organ pernapasan bagian bawah seperti paru-paru dan mengakibatkan pneumonia atau bronkitis.

Cara coronavirus menyebar

Coronavirus dapat menyebar dari kontak secara langsung dengan binatang yang membawa jenis virus ini. Tergantung seberapa ganas virus ini, virus juga dapat menyebar melalui batuk, bersin, dan kontak langsung dengan pengidap coronavirus seperti jabat tangan.

Cara mengobati coronavirus

Coronavirus tidak memerlukan pengobatan atau perawatan khusus. Pada umumnya gejala akan sembuh dengan sendirinya menggunakan pengobatan standar untuk batuk dan pilek. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Cara mencegah dan menghindari coronavirus

Saat ini belum ditemukan vaksinasi untuk mencegah coronavirus. Sering-seringlah mencuci tangan Anda dengan sabun atau hand sanitizer. Hindari kontak dengan orang-orang yang mengidap penyakit coronavirus. Tutup hidung dan mulut anda waktu bersin untuk mengurangi risiko virus menyebar.

Coronavirus dan kehamilan

Pada kasus-kasus tertentu, coronavirus dapat menyebabkan keguguran, aborsi spontan, komplikasi dan gangguan kesehatan bagi ibu, dan bahkan kematian ibu dan janin terlahir dalam keadaan mati (stillbirth).

berbagai sumber
Phoebe

Discover

Sponsor

Latest

PEMBELIAN RUMAH PERTAMA

Apa yang perlu diketahui? Apakah Anda sudah melihat begitu banyaknya properti dan sudah pergi ke sekian banyaknya pameran rumah? Sekarang Anda telah menemukan rumah yang sangat...

2020 Mengundang Body Positivity

2Siapa yang belum pernah mendengar slogan “New year, new skinnier me!” Pasti sahabat BUSET pernah menerjang fase ketika jargon ini kalian jadikan...

Lima Belas Tahun dan Terus Berkarya

Selembaran halaman baru terbuka pada umur BUSET yang baru ini. Telah lima belas tahun lamanya sejak BUSET merilis edisi pertamanya, tanpa letih...

Membangunkan Kembali Komunitas Diaspora di Victoria yang Tertidur

Jika melihat dari definisinya, diaspora Indonesia atau orang Indonesia perantauan adalah orang-orang Indonesia yang menetap di luar Indonesia. Istilah ini berlaku bagi orang-orang yang...

The AIAV Jogjakarta High School Indonesian Immersion Program 2020 | Dewa Ruci Saga

A true Javanese should know about Wayang and the stories of wayang. One of the wayang stories laden with spiritual values ​​and Javanese philosophy...