Ulurkan Tangan Bersama Eros Djarot, Fryda dan Cinta Laura

0
268

Eros Djarot mengajak warga Indonesia untuk tetap mengibarkan semangat gotong royong dan saling bahu-membahu lewat lagu dan gerakan sosial Ulurkan Tangan.

Himbauan pemerintah untuk stay at home selama pandemi Covid-19 memang dapat membuat banyak orang merasa jenuh, bosan, resah, tidak produktif dan berbagai perasaan negatif lainnya. Tentu banyak juga yang sudah kangen untuk dapat beraktifitas di luar rumah dan kembali ke rutinitas kita seperti biasanya.

Karena itu musisi Eros Djarot mengajak warga Indonesia, termasuk para diaspora, untuk tetap semangat dan saling membantu dalam keadaan pandemi, via seminar online zoom yang diadakan oleh Indonesian Diaspora Network (IDN) awal Mei lalu. Sesi bincang-bincang yang dibawakan oleh anchor Metro TV Ola Najla itu juga melibatkan penyanyi Fryda Lucyana, artis Cinta Laura Kiehl, dan Duta Besar RI untuk Australia Kristiarto Legowo sebagai pembicara.

“Ini bukan kita saja, seluruh dunia mengalami dampaknya. Kepada muda-mudi jangan cengeng lah ya, dan jangan bergantung kepada pemerintah saja. Jadilah lebih kuat,” pesan pencipta lagu Badai Pasti Berlalu itu.

Maestro kelahiran Rangkasbitung tersebut lantas mengajak anak muda Indonesia untuk bergotong-royong saling membantu satu sama lain dalam keadaan yang sulit ini. Dirinya percaya bahwa jiwa gotong royong adalah warisan founding fathers Indonesia yang dapat membantu menyelesaikan semua masalah.

Eros juga mengingatkan bahwa saat ini merupakan waktu yang tepat untuk berkontemplasi tentang diri kita dan kemampuan yang kita miliki.

“Ini adalah waktu kita untuk kontemplasi. Hal seperti ini bagus lah untuk anak-anak millennial untuk berkontemplasi tentang inner power kita. Selama ini kita hanya bergantung terhadap outer power, padahal di dalam diri kita ada inner power yang lebih hebat,” ujar lulusan Jerman itu.

Sentimen untuk saling membantu ini juga digemakan oleh Kristiarto yang menghimbau masyarakat Indonesia di Australia untuk “play our parts”. Dirinya memuji rasa kesetikawanan yang bermunculan di berbagai komunitas Indonesia selama pandemi covid-19 berlangsung.

“Pandemi ini masih memiliki silver lining. Waktu pemilu, bangsa kita seolah-olah terpecah. Namun karena pandemi ini, it reveals the best of our nation. Kesetiakawanan yang muncul di mana-mana”. Beliau juga mengajak agar para warga mendukung platform donasi Ulurkan Tangan yang dibentuk oleh Eros sejak bulan lalu itu.

Aksi membantu sesama juga dapat dilakukan dari rumah seperti yang sudah dilakukan oleh Fryda. Penyanyi kelahiran Semarang itu menceritakan bagaimana teknologi telah mempermudah komunitasnya untuk mengorganisir berbagai gerakan bantuan lewat sosial media. Penyanyi lagu hits ‘Rindu‘ itu pun turut mengingatkan bahwa berada di rumah bukanlah sesuatu yang negatif. Justru diam di rumah dapat menjadi kesempatan bagi kita untuk mencoba berbagai hal baru.

“Berada di rumah tidak membatasi kreatifitas kita. Melainkan membuat kita bisa explore a lot of things. Masak contohnya, untuk ibu-ibu, bisa mengabadikan momen memasak. Untuk anak-anak bisa mengexplore game baru dengan orang tua. Ibadah, yang selama ini beribadah sendiri-sendiri, sekarang ayah dapat memimpin ibadah. Ini menurut saya indah sekali,” kata Fryda.

Dan bagi yang merasa tidak produktif karena harus stay at home, Cinta Laura menganjurkan untuk tetap disiplin mengikuti himbaun pemerintah. Dirinya sempat mengaku bahwa sebagai anak muda yang goal oriented dan career driven, ia pun merasa tidak nyaman dengan perubahan yang terjadi saat ini. Namun, artis blasteran Indonesia-Jerman itu menyarankan membuat jadwal harian untuk tetap produktif meski harus melakukan sebagian besar aktifitas kita di dalam rumah.

I mean, there are a lot of things we can do. Walau di rumah kita mesti stay productive dengan bikin itinerary. Make a timetable, it can be that simple. Masak jam segini, work jam segini. Dan kalau kita lebih beruntung, kita bisa membantu organizations yang membantu Covid-19. Saat ini I’m supporting Jakarta Feminist, organisasi yang membantu perempuan-perempuan yang kehilangan pekerjaan atau mengalami domestic violence,” kata Cinta.

Link Donasi Ulurkan Tangan: rebrand.ly/ulurkan-tangan-kitabisa

Phoebe