Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Melbourne kembali mengadakan perayaan ulang tahun DWP yang ke – 20. Berbeda dengan perayaan ulang tahun sebelumnya, kali ini DWP juga mengadakan Peringatan Hari Ibu yang ke – 91 serta perpisahan Ruby Al Burhan selaku staf KJRI Melbourne sekaligus pengajar Mojang Angklung Melbourne (MAM).

Foto bersama

Acara yang diadakan pada hari Sabtu pagi Desember kemarin bertempat di Ruang Bhinneka KJRI Melbourne ini dibagi menjadi dua bagian. Di bagian pertama adalah peringatan HUT DWP yang ke – 20 dilanjutkan sesi ke – 2 yaitu peringatan hari ibu yang ke – 91.

Setelah penyampaian beberapa kata sambutan, pemotongan tumpeng dan penyerahan kue dilakukan oleh Ketua DWP KJRI Melbourne Sherry Abdi serta para pengurus DWP. Tampak lain dari acara ulang tahun DWP sebelumnya, dalam acara ini terdapat pameran dan peragaan fruit carving.

Patchwork hasil karya DWP

Sherry Abdi dalam kesempatan ini membacakan sejarah mengenai hari Ibu yang ditetapkan setiap tanggal 22 Desember di Indonesia. Tidak hanya untuk menghargai jasa – jasa perempuan sebagai ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh. Baik sebagai ibu, istri maupun sebagai warga negara, warga masyarakat, dan sebagai abdi Tuhan, serta sebagai pejuang dalam merebut, menegakan dan mengisi kemerdekaan.

Ditambahkan oleh Konsul Jendral Spica Tutuhatunewa dalam sambutannya, ibu – ibu dan perempuan Indonesia mempunyai peran yang tinggi. Kemanapun perempuan pergi dia membawa kehormatan, membawa kemampuan, membawa sesuatu yang bisa mencerdaskan bangsa. Beliau juga menjelaskan bahwa hari ibu Indonesia berbeda dengan mother’s day atau women’s day. Karena sesuai dengan sejarahnya, hari ibu Indonesia ada karena perjuangan kaum perempuan melalui Kongres Perempuan Indonesia.

Persembahan gamelan

Di tengah – tengah acara, perpisahan Ruby Al Burhan dilakukan dengan penuh haru. Ruby telah mengajar angklung pada Mojang Angklung Melbourne (MAM) dan telah aktif dalam berbagai aktifitas angklung selama beberapa tahun terakhir. Pemutaran video dilakukan dengan memamerkan foto – foto bapak Ruby selama beraktifitas dan menjadi bagian dari MAM.

Yang paling ditunggu adalah acara pertunjukan alat musik tradisional. Permainan gamelan dilakukan sebagai penampilan pertama oleh ibu – ibu DWP dengan menyanyikan dua lagu adat Jawa. Penampilan gamelan dilanjutkan dengan angklung dengan lagu Jamrud “Selamat Ulang Tahun”.

Beberapa nyanyian dan tari juga menyemarakan acara. Pembawaan lagu “Burjungi Da Inangi” dari Sumatera Utara dibawakan dengan begitu indah dan menceritakan perjuangan seorang ibu terhadap anaknya. Dalam sesi menari bersama, Ningsih Millen dari Sanggar Lestari mengajak seluruh pengunjung untuk maju ke depan dan menari Line Dance bersama.

Sherry Abdi: Merayakan Hari Ulang Tahun DWP Terakhir Sebelum Kembali ke Indonesia

Desember 2019 kemarin adalah Perayaan Ulang tahun DWP Terakhir bagi Sherry Abdi

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Sherry Abdi Ketua DWP Melbourne mengungkapkan bahwa acara DWP kali ini berbeda dengan adanya pameran patchwork yang merupakan kelas binaan DWP selain angklung dan gamelan.

Selain itu beliau mengungkapkan bahwa tahun ini adalah tahun terakhir untuk mengadakan acara ulang tahun DWP di Melbourne, karena pada Juli 2020 beliau akan kembali ke Indonesia karena telah selesai masa tugasnya. Sherry berharap untuk ke depan bisa lebih baik lagi dilakukan oleh pengurus selanjutnya.

Apa Kata Mereka?

Sherley Hadisaputra,  Pengurus Badan kerjasama Umat Kristen Victoria

Untuk tahun ini kebetulan ada mars hari ibu dan pameran menghias buah. Harapannya agar semakin banyak warga Indonesia di Victoria tau adanya DWP dan bisa ikut keanggotaan di DWP. Karena mungkin persepsi masyarakat Indonesia berpikir seperti di Indonesia. DWP hanya anggota istri – istri karyawan. Sedangkan di Australia atau di seluruh dunia ini beda, bukan hanya istri.

Aya – Bendahara DWP KJRI Melbourne

Saya menjadi pengurus DWP sejak tahun 2017. Harapannya secara organisasi semoga lebih maju dan bisa memfasilitasi ibu – ibu untuk bisa kumpul dan berkarya bersama-sama. Mudah – mudahan ibu – ibu tetap datang dan bisa dukung acara kita. Dalam acara ini kita juga mengkhususkan untuk perpisahan Ruby.

Tjintjin Jones – Anggota DWP KJRI Melbourne

Kali ini DWP bagus acara – acaranya, mengesankan dan lagi perpisahan untuk Ruby sekeluarga sebenarnya saya merasa kehilangan. Harapannya semoga lebih baik lagi, tetapi memang selalu bagus program dan acara DWP. Semoga DWP tetap menjadi yang terbaik.

Phoebe