ULANG TAHUN SANG RATU

0
827

Senin, 8 Juni 2015
Setiap tahunnya hari lahir ratu yang mengepalai monarki Inggris dirayakan di beberapa negara yang merupakan bagian dari Commonwealth of Nations, atau yang juga kerap disebut The Commonwealth. Tentunya Australia juga merupakan salah satu negara yang menyambut hari jadi Ratu Elizabeth II ini dengan perayaan yang meriah.

Uniknya, walau ratu yang telah berkuasa sejak tahun 1952 ini lahir pada 21 April, perayaan Queen’s Birthday dilakukan di hari yang berbeda di tiap negara commonwealth. Di Australia sendiri, kecuali di Western Australia (WA), Queen’s Birthday jatuh pada hari Senin ke-dua di Bulan Juni. Sedangkan WA merayakannya di sekitar bulan September dan Oktober. Tentunya perayaan ini juga dilakukan dengan cara yang berbeda-beda di tiap negara.

Queen’s Birthday di “rumah” sang ratu sendiri tidak memiliki tanggal yang tetap; biasanya dirayakan tiap Sabtu di minggu pertama sampai ketiga Juni. Perayaan ulang tahun bagi raja dan ratu ini telah berlangsung sejak tahun 1748. Setiap tahunnya akan ada Queen’s Birthday Parade atau yang juga disebut Trooping the Colour. Sesuai dengan namanya, parade ini dilakukan oleh prajurit-parjurit militer dengan pangkat dan warna seragam yang berbeda-beda.  British Honor – penghargaan bagi warga yang berjasa untuk Negara Inggris – juga diberikan di hari spesial ini.

 

Hari Ulang Tahun Ratu Inggris di Australia merupakan tanggal merah dimana penduduk setempat dapat mengahabiskan waktu dengan keluarga tercinta. Di hari yang sama, pemerintah Australia menobatkan titel Order of Australia serta penghargaan setara lainnya kepada anggota masyarakat dan militer yang telah berjasa baik dalam lingkup organisasi yang kecil maupun dalam sekala besar.

Uniknya, pemberian tanda jasa ini tidak terbatas untuk warga Australia saja; melainkan telah tercatat lebih dari 200 orang asing diakui sebagai Order of Australia, salah satunya adalah Ki Poedjiono, O.A.M. asal Indonesia. Hal ini membedakan Negeri Kangguru dengan monarki di Kanada yang lebih ketat dalam pemberian Order mereka terhadap orang asing.

Ada lima tingkatan dalam order yang dapat diterima oleh masyarakat Australia, yakni Knight and Dame of the Order of Australia (AK / AD), Companion of the Order of Australia (AC), Officer of the Order of Australia (AO), Member of the Order of Australia (AM) dan Medal of the Order of Australia (OAM). Masing-masing memiliki kuota jumlah calon penerima per tahunnya.

Beda halnya dengan negara bagian Western Australia, dimana penduduknya selalu merayakan Western Australia Day tiap Senin pertama Juni. Oleh karena itu, di awal tahun Gubernur WA akan mencetuskan kapan WA akan merayakan Queens Birthday yang juga disesuaikan dengan hari sekolah. Biasanya Queen’s Birthday ini jatuh pada Senin terakhir September atau Senin pertama Oktober.

 

Perayaan ulang tahun ratu di Selandia Baru selalu jatuh pada  Senin pertama bulan Juni. Bagi masyarakat setempat, hari libur nasional ini juga menandakan awal pembukaan musim ski. Sama seperti di Australia dan Inggris, pemerintah Kanada juga menyerahkan tanda jasa kepada masyarakat yang telah membuat perubahan yang baik di negaranya.

 

Negara yang bersebelahan dengan Amerika Serikat ini merayakan Queen’s Birthday dengan nama yang berbeda, yaitu Victoria Day. Hal ini merupakan tanda kehormatan bagi Ratu Victoria, pemimpin monarki periode sebelumnya. Walaupun begitu, pemerintah Kanada pula mengakui hari tersebut sebagai perayaan ulang tahun Ratu Elizabeth II.

Victoria Day dirayakan tiap akhir bulan Mei yang ditandai dengan pengibaran bendera Royal Union Flag di gedung-gedung pemerintahan. Selain itu, di beberapa kota, perayaan ini juga dimeriahkan dengan parade dan festival kembang api.

 

gaby