Tolak Ukur Pajak Small Business Benchmarks

Benchmarks merupakan rasio keuangan yang dikembangkan untuk membantu pemilik bisnis dan para manager membandingkan kinerja bisnis mereka terhadap bisnis yang serupa dalam suatu industri.

Selain itu benchmarks juga memberikan panduan tentang figur yang biasanya dilaporkan suatu bisnis dalam industri tertentu.

Australian Taxation Office (ATO) telah meluncurkan Tolok Ukur atau yang lebih dikenal dengan sebutan Benchmarks untuk bisnis dengan skala kecil (small business) yang melakukan banyak transaksi secara tunai.

Benchmarks yang tersedia berupa kisaran (range) untuk mengenali variasi yang terjadi antara suatu bisnis dengan bisnis lainnya, serta mengijinkan terdapatnya variasi antara bisnis didaerah yang berbeda dan dengan macam-macam kondisi bisnis yang  berbeda.

Benchmarks biasanya digunakan oleh ATO untuk mengidentifikasi suatu bisnis  yang berupaya untuk menghindari kewajiban pajak dengan tidak melaporkan sebagian atau seluruh pendapatan mereka. Dengan benchmarks ini maka ATO dapat menentukan porsi rata-rata atas penjualan tunai yang dihasilkan oleh suatu bisnis, dan bisnis mana yang tidak melaporkan pendapatan tunai jika dibandingkan dengan bisnis lainnya diindustri yang sama. ATO menggunakan Key Benchmark Ratio yang dianggap paling akurat untuk memprediksi omset bisnis untuk setiap industri.

Bisnis yang hasil kinerjanya berada di luar benchmarks yang ditentukan, kemungkinan besar akan dipilih ATO untuk dikenakan pemeriksaan kembali (review) atau audit.

Benchmarks atas pendapatan tunai ini dilakukan berdasarkan pencocokan data yang dilakukan dengan bank untuk mengidentifikasi penjualan dengan kartu kredit dan kartu debit, dan juga dengan informasi yang diberikan oleh bisnis tersebut dalam Business Activity Statement (BAS) kepada ATO.

Indikasi lainnya berupa pencocokan data dengan sumber-sumber lain dari luar, dan juga apabila pendapatan bersih yang dilaporkan atas bisnis tidak sesuai dan tidak memungkinkan untuk menanggung gaya hidup si pemilik bisnis tersebut.

Dengan diterbitkannya benchmarks untuk usaha kecil ini, maka membuat jelas apa yang diharapkan dari suatu bisnis di industri tertentu dan lebih adil bagi semua orang. Mungkin ada beberapa alasan dari perbedaan tersebut, seperti biaya yang lebih tinggi atau harga jual yang lebih rendah daripada  bisnis yang lain di industri, tetapi juga dapat menjadi indikasi bahwa suatu bisnis tidak mencatat dan membayar pajak atas semua transaksi, terutama transaksi tunai.
Berikut merupakan beberapa tipebenchmark yang ada untuk usaha kecil:

Performance Benchmarks

Meyediakan rasio keuangan untuk industri yang berbeda, seperti :
• bagaimana bisnis yang Anda jalankan dibandingkan dengan bisnis lain dalam industri yang serupa
• mengapa bisnis Anda mungkin berbeda dari kisaran patokan.

Ada dua jenis rasio performance benchmark:

  1. Rasio pajak penghasilan didapat dari informasi yang disediakan suatu bisnis pada saat pelaporan pajak tahunan.
  2. Rasio laporan aktivitas/BAS didapat dari informasi yang diberikan suatu bisnis dalam laporan aktivitas/BAS.

Input Benchmarks

Input benchmarks menunjukkan kisaran pendapatan yang diharapkan diperoleh pemilik bisnis berdasarkan tenaga kerja dan bahan yang mereka gunakan.
Input Benchmark biasanya digunakan untuk bisnis yang menjalankan proyek-proyek dalam negeri dan bertanggungjawab untuk membeli bahan mereka sendiri.

Input Benchmark dapat membantu Anda untuk:
• membandingkan bisnis Anda ke berbagai tolok ukur pada industri serupa
• memeriksa bahwa catatan Anda secara akurat telah mencerminkan penghasilan Anda
• memperkirakan omset Anda berdasarkan tenaga kerja dan bahan yang digunakan.

 

Jika Anda menemukan bahwa bisnis Anda berada di luar benchmarks industri yang bersangkutan, maka:

  • Periksa kembali jika Anda telah  mencatat dan melaporan semua pendapatan dan pengeluaran dengan benar.
  • Pertimbangkan cara Anda menjalankan bisnis selama ini
  • Periksa jika Anda telah membuat kesalahan atau tidak melaporkan sebagian atau semua pendapatan dan pengeluaran dalam Tax Return ataupun Business Activitity Statements (BAS). Jika benar demikian, maka Anda perlu menyediakan semua informasi yang sesungguhnya dan melaporkannya kepada ATO.

 

Virda Ersan
SEA Accountants
sumber: Australian Taxation Office

[alert color=”C2BDAB” icon=”9888″]The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.[/alert]

 

Discover

Sponsor

Latest

TERINSPIRASI DARI NONTON BIOSKOP

Hanung Bramantyo, sutradara film terkenal, mengangkat kisah sosok panutan bangsa yakni mengenai mantan Presiden RI Bacharuddin Jusuf Habibie melalui layar lebar. Film yang diberi...

Rayakan Batik, DWP Ajak Pengunjung Fashion Show

Semenjak ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sejak tahun 2009 lalu, Batik dikategorikan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan...

Perubahan Regulasi Pajak Terhadap Properti Off-the-Plan

Mulai Dikenakan Pada Tanggal 1 Juli 2017! Pemerintah Negara bagian Victoria baru-baru ini mengumumkan bahwa mulai 1 Juli 2017, konsensi terhadap pajak properti off-the-plan (OTP)...

Visa Skilled Nominated (subclass 190)

Untuk bisa memasukkan aplikasi visa 190 yang valid, aplikan harus memasukkan Expression of Interest (EOI) untuk visa ini dan mendapatkan undangan untuk memasukkan aplikasi. Untuk...

Komitmen dan Pencarian Ide Baru Owen Wibowo | Presiden PPIA The University of Melbourne 2018 – 2019

Kerap dinobatkan sebagai salah satu universitas terbaik di Australia, The University of Melbourne atau Melbourne University (Unimelb), kerap menjadi pilihan utama calon mahasiswa yang...