Tips Pindahan ala BUSET

Terkadang mencari tempat baru untuk tinggal dan pindahan bisa menjadi sangat merepotkan. Entah untuk menemukan tempat yang tepat, mengurus bond money dari tempat lama ataupun memindahkan barang-barang berat hanyalah beberapa contoh hal yang harus kita urusi saat ingin berpindah tempat tinggal. Untuk itu di edisi ini BUSET ingin memberikan beberapa tips yang bisa memudahkan pengalaman pindahan kalian.

  • Cari tempat yang sesuai

Saat mencari tempat, baiknya memikirnya beberapa hal yang terkait dengan kehidupan kita sehari-hari. Misalnya saja apakah lokasi tersebut dekat dengan gedung sekolah, transportasi umum dan supermarket yang menjual kebutuhan sehari-hari. Keamanan pun juga sebaiknya diperhatikan dengan baik. Hindarilah tempat yang berada di dalam gang kecil dan tidak memiliki pintu keamanan.

  • Hati-hati dan jangan terburu-buru

Jangan sampai gelap mata saat menemukan tempat tinggal baru yang harganya sangat murah, sebab ada kemungkinan tempat tersebut tidak sesuai dengan standar kita. Baiknya lakukanlah inspeksi secara menyeluruh sebelum menyetujui kontrak yang ada.

Selain itu banyak juga penipuan online yang beredar di berbagai situs sehingga kita harus selalu berhati-hati. Untuk menghindari menjadi korban penipuan, mintalah bukti identitas diri orang yang menawarkan tempat dan periksa di internet. Juga hindarilah membayar tempat sebelum menerima kunci dan menandatangani kontrak. Akan lebih baik juga bila kita mencari tempat melalui agen properti yang sudah terpercaya.

  • Gunakan kardus seminimal mungkin

Kardus untuk menyimpan barang ketika packing baiknya tidak perlu banyak-banyak sampai membingungkan. Carilah kardus yang ukurannya besar sehingga bisa memuat banyak barang sekaligus. Pisahkan barang-barang yang ada berdasarkan lokasinya, misalnya saja dapur; kamar mandi; kamar tidur dan ruang tamu. Jangan lupa juga untuk memberi tanda pada kardus-kardus tersebut di tempat yang mudah untuk dilihat.

  • Jangan lupakan yang lama

Saat ingin meninggalkan tempat tinggal yang lama, jangan lupa untuk memindahkan jasa air, gas, listrik maupun internet ke tempat yang baru. Dengan demikian kita tidak perlu repot-repot memasang dan menggunakan akun baru. Biasanya jasa pemindahan tidak membutuhkan biaya, kecuali pemasangan kabel internet.

Setelah keluar dari tempat tinggal, uruslah pengembalian uang bond secepatnya agar tidak terulur-ulur. Jika ada pengurangan yang dilakukan oleh agen atau pemilik tempat, baiknya ditanyakan secara mendetail agar tidak terjadi kesalahpahaman.

  • Lebih banyak orang lebih baik

Ketika sudah saatnya memindahkan barang, alangkah baiknya jika kalian dibantu oleh teman-teman kalian. Selain mempercepat dan memudahkan proses pemindahan, kalian juga tidak akan merasa stres dan khawatir karena sendirian.

Untuk kendaraan, kalian bisa memilih untuk menyewa jasa pindahan yang bisa dipesan jauh-jauh jari sebelumnya, atau menyewa mobil yang ukurannya cukup besar dan menyetir sendiri – tentunya kalian harus ekstra berhati-hati saat mengendarai mobil ukuran truk karena berbeda dengan mobil pribadi pada umumnya.

  • Daftarkan alamat baru

Hal terakhir namun sama pentingnya dengan hal-hal di atas adalah untuk mendaftarkan alamat baru kita ke Konsulat Jenderal RI (KJRI) untuk wilayah Victoria dan Tasmania. Dengan demikian bila ada suatu kepentingan di kemudian hari dengan pihak pemerintah Indonesia, semuanya bisa berjalan dengan lebih mudah dan lancar.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

BASA BASI WANITA DI MEDIA

Dua puluh orang menyaksikan tiga wanita berlatar belakang media dan jurnalistik duduk bersama membicarakan situasi kaum hawa di ruang kerja mereka pada akhir September...

Asah Kemampuan Berbahasa Indonesia Lewat Pidato

Untuk keempat kalinya, NAILA (National Australia Indonesia Language Awards) kembali hadir mengajak para warganegara Australia dan pemegang status penduduk tetap Australia yang belajar Bahasa...

Mereka yang Cinta Bahasa Kita

Ada berbagai alasan mengapa seseorang mau dan tertarik untuk mempelajari bahasa asing. Seperti yang diutarakan para peserta Lomba Pidato yang baru-baru ini diselenggarakan di...

ALUN ALUN 2017

COMING SOON IN APRIL  DON'T MISS IT!   

BERBISNIS PART TIME atau FULL TIME

Salah satu pertanyaan yang harus dijawab sebelum semua dari kita memulai bisnis adalah alokasi waktu yang dibutuhkan untuk memulai bisnis itu sendiri. Secara pribadi,...