Tips Menghemat Biaya

Dalam menjalankan suatu bisnis, dapat dipastikan banyaknya biaya yang terjadi. Namun demikian sebagai pemilik bisnis, tentunya kita akan mengupayakan agar dapat meminimalisir biaya-biaya tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan oleh bisnis skala kecil (small business) untuk menghemat pengeluaran operasional.

Mengurangi Biaya Karyawan

Dapat dipahami apabila memiliki seseorang untuk membantu menangani tugas-tugas rutin dapat sangat meningkatkan produktivitas, namun demikian permasalahan yang sering dihadapi oleh pemilik small business adalah biaya atas bantuan tersebut (gaji karyawan) yang terlalu mahal.

Apabila Anda memiliki permasalahan yang sama, maka program magang dapat menjadi salah satu solusinya dimana terdapat manfaat bagi kedua belah pihak, yaitu mahasiswa mendapat pengalaman bekerja dalam membantu anda dibidang pemasaran, akuntansi atau pekerjaan administratif sedangkan pemilik bisnis dapat menghemat waktu serta bantuan pekerjaan secara gratis atau mungkin dengan bayaran/gaji dengan jumlah sedikit.

Contoh solusi lainnya yaitu dengan cloudsourcing pekerja yang berkualitas namun berada di zona dan waktu yang berbeda.

Menghemat waktu dengan teknologi

Kemajuan dalam teknologi juga dapat membantu mengurangi biaya operasional.

Dengan menggunakan software berbasis online (cloud), maka bisa meningkatkan efisiensi operasional, contohnya Google Drive, selain gratis juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi biaya kertas.

Selain itu juga dengan menggunakan teknologi pertemuan secara virtual, dapat menghemat biaya perjalanan apabila suatu saat harus bertemu dengan klien di zona waktu yang berbeda.

Solusi lainnya dengan melakukan ujicoba gratis untuk software akuntansi, dimana dapat membantu tugas-tugas rutin seperti penerbitan invoice dan sistem gaji karyawan dengan tingkat akurasi yang tinggi dan dapat menghemat waktu

Melakukan pemasaran lebih

Lupakan iklan cetak yang mahal maupun lewat surat seperti brosur. Anda dapat menghemat uang untuk memasarkan bisnis Anda dengan berhubungan langsung dengan target pasar seperti:

  • Menyelenggarakan sebuah acara dengan para pemilik bisnis
  • Menghadiri jaringan bisnis (networking)
  • Jalankan kontes di media sosial
  • Melakukan sponsor penggalangan dana.

Melakukan jaringan bisnis pada pameran perdagangan dan kegiatan industri juga merupakan cara lain untuk bertemu dengan

mitra potensial dan pelanggan, tanpa perlu meghabiskan biaya iklan yang mahal.

Berpikir luas

Sebagai pemilik small business, Anda dapat menghemat uang dengan menerapkan pemikiran yang sama dengan cara Anda melakukan bisnis.

Sebagai contohnya, dengan melakukan subkontrak dengan kontraktor dapat memungkinkan pemilik bisnis yang bergerak dibidang jasa untuk lebih fokus atas pekerjaan yang mereka lakukan, dan pada saat yang sama dapat menarik lebih banyak pelanggan. Anda cukup membayar seseorang untuk melakukan pekerjaan dengan tarif bayaran yang lebih rendah dari tarif yang Anda kenakan kepada pelanggan, sehingga selain meningkatkan kapasitas pekerjaan, anda juga bisa lebih fokus terhadap hal penting lainnya.

Co-opetition

Seringkali bisnis membeli dalam jumlah yang besar untuk menghemat uang. Sayangnya, pembelian dalam volume yang banyak dapat menjadi bumerang apabila anda berjuang untuk mempertahankan arus kas positif, serta jika perlengkapan yang dibeli tidak pernah digunakan.

Strategi yang lebih baik adalah hanya membeli apa yang dibutuhkan dan berbagi biaya dengan pemilik small business lainnya. Co-opetition menjadi kata kunci yang baik, dimana membentuk aliansi dengan bisnis lainnya sehingga melahirkan kemitraan yang menguntungkan dan secara yang bersamaan dapat menghemat uang bagi semua pihak.

Tips lainnya

  • Melakukan peninjauan secara teratur atas pengeluaran bisnis, untuk melacak peningkatan biaya dan menemukan lebih banyak cara untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.
  • Tepat waktu dalam membayar vendor dan pemberi pinjaman untuk menghindari dikenakannya biaya keterlambatan pembayaran, bunga dan peringkat kredit yang buruk.
  • Meninjau harga dipasaran untuk mendapatkan penawaran terbaik atas segalanya mulai dari software, layanan keuangan, maupun untuk perlengkapan kantor.
  • Menunda menyewa kantor, dengan cara : mendorong staf untuk bekerja dari rumah, bertemu klien di luar kantor seperti coffee shop dan menggunakan rumah sebagai tempat bekerja.

Virda Ersan
SEA Accountants
m: 0434 378 718

Source: Australian Taxation Office

The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Apakah AirBnB Akan Menggantikan Metode Penyewaan Tradisional?

Dalam 10 tahun terakhir, telah terlihat kenaikan popularitas yang signifikan terhadap model bisnis online, terutama dalam bidang pelayanan servis penyewaan jangka pendek, khususnya AirBnB.Sejak...

My Identity: Sinopsis

“Film ini sangat mengingatkan dan mengajarkan aku banyak hal, tentang betapa hebatnya dalam mengandalkan Tuhan di semua perihal hidupku! Pada saat dimana ada hal...

IT IS TIME FOR SOUNDSEKERTA 2014

Sejak 2007, setiap tahunnya, Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) Monash University mengadakan acara SOUNDSEKERTA. Lewat acara ini, PPIA Monash ingin meningkatkan jiwa nasionalisme...

Diaspora Fair

Free entry here.Diana 0407 506 243Jeff 0476 584 397

MAKAN DI KAKI LIMA YUK!

 Berlokasi di 1 Stewart Street, Melbourne (di seberang lapangan basket kampus RMIT), KAKI LIMA menyediakan makanan Indonesia yang kaya rasa dipadukan dengan sentuhan spesial...