Bagi kamu yang sedang merencanakan untuk melamar kekasihmu atau bahkan dalam proses melakukan perencanaan pernikahan, Buset mau berbagi tips berdasarkan pengalaman pribadi penulis bagaimana caranya merencanakan DIY pernikahan dengan budget yang minim. Namun, perlu diketahui bahwa merencanakan pernikahan dibutuhkan dukungan dari orang di sekelilingmu seperti keluarga, teman bahkan networkingmu.

DIY Wedding

Do-It-Yourself Wedding adalah salah satu cara merayakan sebuah pernikahan dengan kamu sebagai desainer dan pelaksana. Artinya, tanpa ada wedding organiser yang membantumu. Terdengar merepotkan tetapi akan sangat mudah dan efektif untuk dilakukan dengan dukungan teman-teman dan keluarga yang kamu percaya sebagai tim kamu. Tanpa bermaksud mengecilkan usaha wedding organiser, dengan DIY Wedding, pernikahanmu dapat menjadi lebih customable karena kamu sendiri yang akan mengatur semuanya.

Tidak banyak pasangan yang tertarik atau mau repot dengan konsep DIY Wedding karena sering beranggapan bahwa ini adalah acara satu kali seumur hidup sehingga memang harus dirayakan secara besar dan meriah. Eits, tunggu dulu! Besar dan meriah bisa kita ciptakan sendiri dengan dukungan tim kamu. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam merangkai DIY Wedding:

1. Pola Pikir
Dimulai dari bertanya pada dirimu, apa arti perayaan pada pernikahan bagimu dan siapa saja yang kamu mau untuk hadir di sana. Kebanyakan kita mengundang teman-teman dari orang tua yang tidak kita kenal sebelumnya. Namun, apakah itu adalah perayaan pernikahan yang kamu mau? Jika tidak, kamu bisa mempertimbangkan DIY Wedding. Bagi pasangan yang mau melakukan DIY Wedding secara meriah dan bisa dikategorikan mewah, kamu bisa juga mempertimbangkan hanya mengundang beberapa keluarga dan kerabat terdekat sehingga perayaan menjadi lebih intim. Dengan perayaan yang lebih intim, kamu bisa lebih menggunakan uangmu untuk hal lain seperti katering dan souvenir.

2. Tema dan Konsep 
Menentukan tema pernikahan dapat membantumu mengatur budget yang harus kamu keluarkan. Walaupun menentukan tema tidaklah mudah, tapi bisa kamu mulai dengan bertanya pada dirimu, ‘seperti apa pernikahan yang kamu mau mulai dari venue, acara dan dekorasi yang sesuai dengan konsepmu serta kemampuan pribadimu secara finansial’. Tema dan konsep pernikahan tentuya berhubungan dengan bagaimana pola pikir dan perspektifmu terhadap pernikahan yang kamu mau.

3. Datang ke Pameran
Wedding Expo adalah salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi ketika kamu sedang merencanakan pernikahan. Walaupun mungkin kamu belum berniat memilih vendor manapun dari Wedding Expo, tetapi banyak inspirasi yang bisa kamu dapatkan hanya dengan melihat atau mengambil brosur mereka untuk informasi apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk pernikahanmu.

4. Networking
Bagi kamu yang suka networking, selamat! Inilah saatnya kamu bisa menggunakan networkingmu untuk membantu di pernikahanmu. Mulai dari fotografer dan videografer, make-up, MC, katering bahkan tempat resepsi bisa kamu dapatkan dengan harga yang affordable bahkan secara cuma-cuma karena networking skillmu.

5. Research
Kunci penting bagi DIY Wedding adalah dengan melakukan research. Sebagai contoh, souvenir atau dekorasi. Sesuai pengalaman pribadi, beberapa hal bisa kita lakukan dengan harga yang lebih terjangkau di Indonesia seperti souvenir pernikahan. Pernak-pernik dekorasi juga sangat penting dalam resepsi pernikahan, sehingga kita boleh mengunjungi beberapa situs seperti Ali-Express untuk membeli kebutuhan tersebut. Masih banyak lagi yang bisa kamu research seperti Baju pengantin, bridesmaid, dan lain-lain.

Setelah kamu melakukan lima hal di atas, kamu telah memiliki dasar dalam merangkai DIY wedding dan selanjutnya adalah menjadi keputusanmu karena kamu adalah desainer dari pernikahanmu. Buatlah momen sekali seumur hidup ini menjadi lebih berharga ketika kamu sendiri yang menjalani prosesnya.

Berikut adalah rangkuman keuntungan DIY Wedding:

Less Stress

Seperti namanya, DIY Wedding, kamu adalah desainer dari pernikahanmu. Kamu akan mendesain pestamu berdasarkan finansial yang kamu miliki sendiri, jadi tidak ada tekanan untuk membayar atau menggunakan jasa lebih dari apa yang kamu bisa lakukan. Dengan bantuan tim idealmu (dari keluarga dan teman terdekat yang kamu percaya), kamu akan mendapatkan dukungan moral yang dibutuhkan untuk melalui proses persiapan lebih terbuka dimanapun mereka berada.

Jauh Lebih Hemat

Karena semua serba disesuaikan, maka persiapanmu (mulai dari hal kecil hingga hal besar) akan kamu persiapkan sesuai dengan kebutuhanmu bukan hanya sekedar keinginanmu. Ingat, DIY Wedding hanya cocok untuk kamu dengan pola pikir hemat dan budget friendly sehingga apapun yang kamu beli akan sesuai dengan kebutuhanmu dengan harga yang hemat. Mau mewah tidak harus mahal.

Hubunganmu Jadi Lebih Erat

Kamu akan dibantu oleh orang-orang terdekatmu. Kamu akan secara konstan berhubungan dengan mereka dan membicarakan banyak hal dalam proses persiapan pernikahanmu sehingga kamu akan sangat menikmati keberadaan mereka karena bantuan yang bisa mereka siapkan untukmu. Jangan takut untuk bertanya atau meminta bantuan mereka karena mereka sudah masuk dalam tim DIY Weddingmu.

Devina

Wedding expo