THE FORUM TANTANG MAHASISWA UNTUK PEDULI POLITIK

0
902
Panitia, peserta dan pembicara The Forum 3

Divisi eksternal Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) ranting Melbourne University kembali menyelenggarakan acara The Forum, sebuah panel diskusi interaktif, tetapi kali ini dengan tema yang berbeda.

Sesuai dengan tagline Inspire for a Better Nation, The Forum bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang arti demokrasi yang sebenarnya dan bagaimana cara menerapkan demokrasi ideal tersebut di Indonesia. Acara yang diselenggarakan di Federation Hall, Southbank ini mengundang anggota DPR RI Komisi 1 Daerah Pemilihan Malang, Nurhayati Assegaf. Nurhayati ialah seorang aktivis pemberdayaan perempuan dan demokrasi. Selain sering diundang sebagai narasumber di forum-forum internasional, beliau pula dimandat sebagai Ketua Persatuan Perempuan Internasional dan merupakan pendiri Nurhayati Ali Assegaf Center for Democracy.

Profesor Vedi Hadiz hadir sebagai narasumber
Profesor Vedi Hadiz hadir sebagai narasumber

The Forum juga mengundang seorang pengamat politik sekaligus ilmuwan yang bekerja di fakultas Asian Studies Melbourne University, Profesor Vedi Hadiz. Berbagai artikel ilmiah karya Prof. Vedi Hadiz telah diterbitkan dalam jurnal Development and Change, New Political Economy, Democratization, Third World Quarterly, Pacific Review, Journal of Contemporary Asia, Critical Asian Studies, dan Historical Materialism.

Diskusi yang dilakukan selama dua sesi ini berlangsung dengan sangat menarik dikarenakan kedua pembicara saling bertolakbelakang, yaitu dari pihak pemerintahan dan oposisi. Selama sesi pertama, para pembicara terus menekankan peran mahasiswa sebagai pengawas pemerintahan sangat penting untuk membantu mengawasi jalannya pemerintahan agar bisa lebih baik lagi dan bebas korupsi. Nurhayati pula menambahkan, sebaiknya mahasiswa Indonesia di Melbourne bisa terbuka matanya terhadap keadaan politik baik di Australia dan Indonesia.

Menyinggung persoalan cara mahasiswa agar bisa turut berpartisipasi dalam politik Indonesia, menurut Prof. Vedi Hadiz, mahasiswa harus lebih bisa dan mau mempelajari sejarah Indonesia, terjun langsung melihat keadaan rakyat menengah ke bawah, dan juga mulai peka terhadap kehadiran lembaga-lembaga kemasyarakatan. Dengan melihat dan merasakan secara langsung, diharapkan mahasiswa dapat mulai berpikir tentang sumbangan ilmu dan ide yang tepat.

Anggota DPR RI Komisi 1 Nurhayati Ali Assegaf turut menyumbangkan opininya
Anggota DPR RI Komisi 1 Nurhayati Ali Assegaf turut menyumbangkan opininya

Lembaga-lembaga kemasyarakatan dinilai dapat membantu mahasiswa menyalurkan aspirasi untuk kemajuan bangsa. Sedikit berbeda dengan Prof. Vedi Hadiz, Nurhayati menghimbau agar para mahasiswa bisa memilih lembaga kemasyarakatan yang tidak banyak diinfiltrasi oleh pihak asing. Di samping itu, gedung DPR akan selalu terbuka untuk menerima kritik dan saran dari mahasiswa.

Salsabi Rolansyah, PIC The Forum menyatakan pada awalnya sempat mengalami kesulitan untuk mengadakan sebuah acara diskusi politik, salah satunya adalah ketika menyelaraskan ide tema dengan para pembicara. Untung saja, Ibu Nurhayati dan Prof. Vedi Hadiz sangat terbuka menerima ide mereka sehingga akhirnya The Forum sukses diselenggarakan.

Salah seorang PIC lainnya, Ayu Swasti Amandari, mengatakan pihaknya memilih politik untuk The Forum kali ini dikarenakan banyaknya mahasiswa Indonesia yang memilih tidak perduli terhadap keadaan politik di Indonesia. Melalui The Forum, Ayu berharap dapat meningkatkan awareness dan ketertarikan mahasiswa Indonesia terhadap politik negeri sendiri serta dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa Indonesia di Melbourne untuk kembali ke Indonesia dan menyumbangkan tenaga dan idenya untuk kemajuan Bangsa Indonesia.

Diskusi yang berlangsung hari itu sangat informatif. Sayangnya, peserta yang datang termasuk sedikit, di bawah ekspektasi panitia. Hal ini disinyalir karena acara diadakan bertepatan dengan waktu ujian. Kendati demikian, hampir semua peserta terlihat antusias. Ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan dalam sesi tanya jawab.

Selamat atas kinerja devisi eksternal PPIA Melbourne University dalam penyelenggaraan The Forum 3. Semoga sukses untuk The Forum yang berikutnya.

 

PPIA Melbourne Uni