Home ACARA BUSET THE FORUM ‘Bali 9 and Legalized Killing’

THE FORUM ‘Bali 9 and Legalized Killing’

0
THE FORUM ‘Bali 9 and Legalized Killing’

The Forum adalah acara talkshow tahunan dari PPIA Unimelb yang mengelilingi topik keadilan, hukum, dan politik Indonesia. Tahun lalu, The Forum 3 berjudul ‘Inspire for a Better Nation’ dan membahas demokrasi yang ideal dan tanggung jawab generasi muda untuk berkontribusi kepada hal tersebut. Tahun ini mengangkat tema ‘Bali 9 & Legalized Killing’, yang menyentuh pada soal hukuman mati di Indonesia dan menggunakan Bali 9 sebagai contoh utamanya. Pada tahun 2015, Presiden Joko Widodo telah membuat keputusan untuk menolak permohonan grasi Andrew Chan dan Myuran Sukumaran dan harus menghadapi hukuman mati. Kami akan membahas alasan-alasan di balik ini dan bagaimana ini mempengaruhi hubungan antara Indonesia dan Australia.

The Forum 4 akan diselenggarakan pada tanggal 26 April 2017 di Kwong Lee Dow Building, 234 Queensberry Street, Carlton VIC 3053. Dari jam 6-9 malam, kami akan mengadakan diskusi yang sangat menarik tentang sistem pengadilan Indonesia – kekuatan, keterbatasan, maupun implikasinya terhadap hubungan politik Indonesia dan Australia.

Pembahasan ini akan dibantu oleh pembicara kami: Allan Patience dan Denny Indrayana. Allan Patience adalah seorang profesor di Asia Institute di The University of Melbourne. Spesialisasinya adalah dalam kebijakan luar negeri Australia, khususnya antara hubungan Australia dengan kawasan Asia Pasifik. Denny Indrayana adalah seorang aktivis yang terkenal di Indonesia dan saat ini adalah seorang profesor di The University of Melbourne serta profesor hukum di Universitas Gadjah Mada. Dia adalah mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia di Indonesia, dan bertugas sebagai penasihat Presiden Yudhoyono untuk urusan hukum, hak asasi manusia, dan masalah antikorupsi. Dengan kedua perspektif ini, kami berharap dapat mencapai pandangan yang seimbang tentang topik ini.

Target penonton kami adalah sekitar 60-100 hadirin, terutama mahasiswa-siswi yang tertarik kepada isu-isu politik dan ingin berbagi perspektif dan pendapat mereka. Acara ini gratis dan akan dibagi menjadi tiga bagian:

  1. Hukum
    Bagian ini akan berdiskusi tentang nuansa sistem peradilan dan hukum di Indonesia dan Australia. Apakah perbedaan pandangan antara Indonesia dan Australia terhadap undang-undang seperti hukuman mati?
  2. Politik
    Bagian ini akan fokus kepada pandangan publik terhadap kasus Bali 9, dan bagaimana ini mempengaruhi keputusan yang dibuat oleh pemerintah. Apa politik di balik layar yang sampai pada hasil ini?
  3. Kesimpulan
    Apa kesimpulan yang bisa ditarik tentang isu hukuman mati dan hukuman Indonesia secara keseluruhan?

 

Melanjuti ini adalah sebuah sesi tanya-jawab dan diskusi interaktif di mana penonton dapat menanyakan pertanyaan atau mengajukan perspektif pribadi mereka kepada para pembicara dan para hadirin yang lain.

 

The Forum 4: Bali 9 and Legalized Kiling

Tanggal: Rabu, 26 April 2017
Waktu:   18:00 – 21:00
Tempat:  Kwong Lee Dow Building, 234 Queensberry Street, Carlton VIC 3053

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan follow akun media sosial kami, @PPIAUnimelb!