Tetap Cantik Selama Pandemi: 5 Tips Kecantikan Mudah Bagi Semua Usia

Peraturan stay at home selama pandemi dapat membuat kita, khususnya kaum wanita lupa atau bahkan malas untuk berdandan dan merawat kulit kita. Meski belum dapat jalan-jalan keluar secara ‘normal’, tidak berarti kita bisa mengabaikan kesehatan kulit maupun pentingnya merawat wajah dan berdandan. Kali ini Dharma Wanita Persatuan (DWP) Melbourne mengadakan sesi khusus ‘Basic Makeup Class‘ untuk membagikan tips-tips kecantikan bagi para wanita agar tetap tampil cantik dan percaya diri di depan pasangan dan keluarga meski di tengah pandemi. Yuk simak beberapa tips-tips dandan dan kecantikan dari makeup artist (MUA) Titin Sugihartono dan Susie Stevens!

Para pengurus DWP di acara Basic Makeup Class

1. Miliki produk-produk makeup dasar

Untuk makeup sehari-hari, Titin menyarankan para wanita untuk wajib memiliki 10 produk dibawah ini:

  1. Primer
  2. Foundation
  3. Concealer
  4. Bedak
  5. Eyeshadow
  6. Eyeliner
  7. Pencil alis
  8. Mascara
  9. Blush on
  10. Lipstik

“10 produk ini adalah produk wajib yang saya pakai ketika berdandan, terutama concealer yang gunanya untuk menutupi keriput dan kekurangan-kekurangan lainnya,” ujar Titin yang sempat berprofesi sebagai MUA pengantin di Jakarta. Selain itu, concealer juga dapat digunakan untuk membentuk dan merapikan alis dengan menutupi area alis yang perlu dihilangkan sementara tanpa mencukur alis.

Titin mempraktekkan makeup sehari-hari

2. Sesuaikan makeup dengan timingnya

Dalam berdandan, penting bagi kita untuk menyesuaikan makeup dengan occasion yang ada. Tentunya makeup untuk acara pesta akan sangat berbeda dengan makeup sehari-hari yang digunakan untuk ke kantor atau ke kampus.

“Untuk makeup pesta, kita bisa menggunakan warna-warna glitter dan menggunakan bulu mata palsu yang dapat memberikan efek ‘cetar membahana’ ala Syahrini,” saran Titin. “Kita juga dapat mempertebal eyeliner dan mempertajam kontur untuk meningkatkan efek dramatik di wajah,” tambahnya lagi.

Dan khusus bagi para wanita yang ingin membuat mata terlihat lebih lebar dapat menggunakan eyeshadow dengan warna-warna gelap untuk bagian ujung mata dan isolasi mata untuk membuat lipatan mata.

3. Gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit

Tak hanya fungsi produk-produk makeup yang perlu diperhatikan, efek terhadap kulitpun merupakan faktor yang penting untuk diingat ketika memilih suatu produk makeup, terutama untuk produk-produk seperti bedak, foundation, dan concealer.

“Untuk Anda yang memiliki oily skin (kulit berminyak), gunakan compact powder, sebaliknya untuk kulit kering dapat menggunakan water/oil based foundation,” saran Susie. Selain jenis kulit, Susie juga mengingatkan pentingnya usia kulit ketika memilih produk makeup. Bagi kulit dewasa atau mature skin, mineral powder menjadi pilihan utama para MUA untuk menyamarkan kerut-kerut dan membuat kulit tampak lebih cerah dan muda. Sedangkan untuk kulit remaja, Susie menyarankan produk BB cream atau CC cream yang berfungsi lengkap sebagai pelembab maupun foundation.

“Terakhir jangan lupa untuk memilih produk yang sesuai dengan warna kulit Anda dan pastikan untuk mengcover area telinga dan leher agar seragam dengan warna wajah ketika berdandan,” ujar Susie.

Contoh makeup pengantin karya Titin

4. Tips membeli produk kecantikan

Ketika berbelanja produk kecantikan di toko-toko kecantikan (beauty store), kita tidak perlu langsung membeli suatu produk. Kita dapat juga meminta sampel produk untuk dicoba terlebih dahulu di rumah sebelum membeli produk tersebut.

“Dan kalau kita salah membeli suatu produk makeup yang jadinya memiliki warna terlalu gelap atau terlalu terang, jangan dibuang karena kita bisa saja membeli produk lain untuk dicampur dengan produk tersebut untuk menghasilkan warna yang lebih pas,” pesan Susie.

Makeup budaya karya Susie

5. Jaga kelembaban kulit

Selain menggunakan moisturizer atau pelembab kulit yang cocok dengan jenis kulit kita, penting juga untuk kita banyak minum air putih. Terutama jika kita memakai makeup secara rutin, kita perlu menjaga kesehatan dan kelembaban kulit dari efek kimia makeup dengan banyak-banyak mengkonsumsi air putih.

Just drink a lot of water, air akan membersihkan cairan tubuh dan menjaga kulit kita agar tidak kering,” saran Susie.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

MICHAEL IDOL, V1MAST DAN FLASHMOB RAMAIKAN PERAYAAN HUT RI KE-74 DI PERTH

Cuaca mendung dan hujan tidak mengurangi antusiasme masyarakat Indonesia di Perth mengikuti kegiatan upacara bendera di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Perth, 17 Agustus 2019. Rangkaian...

PROFESOR JIMLY SINGGAH KE MELBOURNE UNTUK PILKADA

Selain di Indonesia, sosialisasi pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak juga dilangsungkan di Negeri Kangguru ini. Di Melbourne, sosialisasi diadakan di Ruang Bhinneka, KJRI...

SAYANGI WANITA

Kembali dirayakan oleh dunia pada 8 Maret, Women’s International Day membawakan topik ‘Make it Happen’ di tahun 2015 ini. Diharapkan semakin banyak orang, baik...

BONA PASOGIT MENYAMBUT KEPENGURUSAN BARU

Baru-baru ini perkumpulan masyarakat Batak di Victoria dan Tasmania yang diberi nama Bona Pasogit (Kampung Halaman) mengadakan Pesta Bona Taon. Acara tersebut merupakan tradisi...

NINA KHAIRINA PERJUANGKAN HAK PELAJAR INTERNASIONAL

TIDAK BERENCANA IKUT ORGANISASI DAN SEMPAT DIDISKRIMINASI, NINA KHAIRINA BANGKIT PERJUANGKAN HAK PELAJAR INTERNASIONALMustika Indah Khairina, akrab disapa Nina, tadinya tidak berencana mendaftar untuk menerima...