Tambo Ciek: Terbaik dan Rencana Jadi Retailer Masakan Padang di Australia

Alangkah bahagianya tim BUSET, kali ini dijamu oleh restoran khas Padang, Tambo Ciek di daerah Carlton. Bagi Vela yang baru kedua kalinya berkunjung, suasana Tambo Ciek lekat dengan rumah makan di tanah air, lengkap dengan suasana antri memilih sayur, penyajian makanan beralaskan kertas coklat, kaleng kerupuk ala warung, dan pilihan saus sambal yang pedas maknyus.

Duduk ditengah ramainya jam makan malam, pemilik Tambo Ciek, Ezra Toddy dan Fitri menyuguhkan tim BUSET dengan menu andalan mereka, yaitu Nasi Kapau lengkap dengan Rendang, Paru, Jengkol, Dendeng, Tempe dan Buncis. Selain Nasi Kapau, tim BUSET juga berkesempatan mencicipi menu tambahan Tambo Ciek yaitu Bakmi Ayam dan Bakso Tenis.

Nasi Kapau

“Jengkol kita terkenal, harus ada. Sekarang ini Tambo Ciek identiknya dengan jengkol,” kata Ezra, yang juga adalah mantan pemilik restoran Salero Kito.

Pertama kali mencicipi jengkol, tim BUSET tidak menyangka akan jatuh hati. Bertekstur mirip kentang setengah matang, sayur yang kaya akan zat besi, karbohidrat dan vitamin ini lezat dan gurih juga, apalagi setelah dimasak dengan bumbu khas daerah Kapau, sebuah nagari (pembagian daerah administratif setelah kecamatan) di Provinsi Sumatra Barat.

Kombinasi rendang yang empuk dan paru yang renyah betul-betul memanjakan lidah, apalagi ditambah saos kari yang menyerap pada nasi panas. Belum lagi tempe dan buncis yang dimasak pedas, kebayang kan mantapnya makan malam hari ini?

Belakangan ini menu Bakso Tenis juga jadi salah satu yang paling dicari di Tambo Ciek. Selain rasa kuahnya yang asin-asin sedap, baksonya juga kenyal, ditambah dengan mie kuning dan bihun ala gerobakan. Bakmi Ayam buatan Tambo Ciek juga mantap rasanya. Entah bagaimana cara para koki di belakang membuat bumbunya meresap kedalam mie.

Ezra sendiri awalnya menyiapkan Bakso Tenis dan Bakmi Ayam untuk anak-anak yang belum bisa makan pedas, sebelum akhirnya jadi menu favorit pengunjung.

Berpengalaman kerja sebagai head chef, Ezra rutin buka katering rumahan dengan sistem pre-order sejak tahun 2017. Di awal masa pandemi tahun lalu, menu masakan Padang miliknya pun mulai booming. Pesanan yang masuk mencapai 100 alamat per minggunya. Ketika dijajakan di toko swalayan Grand Laguna pun, 90 bungkus Nasi Kapau yang dibekukan di lemari es terjual semua dalam tiga jam.

“Masakan Padang adalah masakan rakyat. Semua level makan,” cerita Ezra. Menurutnya, sistem prasmanan, atau pilih di display ini efektif membangkitkan selera pengunjung Tambo Ciek. Cara ini juga merupakan yang membedakan antara Nasi Kapau dan Nasi Padang.

“Kapau itu sebetulnya adalah daerah di Bukittinggi (Sumatera Barat). Jadi memang di sana, cara melayaninya seperti di prasmanan, pengunjung menunjuk, lalu yang berjulan menggunakan sendok panjang untuk menciduk lauk dari kendi-kendi, sementara kalau Nasi Padang itu lebih identik dengan dihidangkan.”

Secara rasa pun, Nasi Kapau tergolong lebih gurih, lebih asin dan lebih pedas daripada Nasi Padang pada umumnya. Cita rasa menu di Tambo Ciek pun lebih mendekati cita rasa dari Nagari Sulit Air.

Retailer Masakan Padang

“Visi kami adalah untuk memajukan bangsa bukan hanya lewat kata-kata, tapi juga lewat produk, terutama produk makanan,” kata Ezra.

“Kita ingin membangun trust orang Australia terhadap makanan Indonesia, khususnya makanan Padang. Kita lihat, orang kalau dengar dumpling dan Thai food, mereka langsung trust, mereka tahu rasanya kira-kira seperti apa. Nah, kita ingin masakan Indonesia juga kedepannya punya kesan seperti itu.”

Bekerja sama dengan Asian Grocery Grand Laguna, saat ini Tambo Ciek sudah dalam fase pertama memasok bakso halal ke Australia. Kedepannya, Tambo Ciek dan Grand Laguna berencana untuk berjualan masakan padang secara retail, sehingga bisa masuk dalam food market share Australia.

Selain restoran, Tambo Ciek juga memiliki konsep mini grocery, dimana terdapat rak isi produk-produk makanan Indonesia, seperti Indomie, sambal botolan, kacang bali, teh kotak, dan snack-snack lainnya di dekat pintu masuk. Kata Ezra, mini grocery ini ramai pembeli karena banyak pengunjung yang berbelanja sehabis makan.

Untuk diketahui juga, saat ini Tambo Ciek dan Grand Laguna sedang dalam  persiapan untuk buka restoran sekaligus supermarket di daerah Preston. Untuk sementara, menu pre-pack Tambo Ciek juga bisa didapatkan di lokasi Grand Laguna terbaru, yaitu di Pointcook.

Ditengah serunya obrolan kemarin, Ezra juga mengisyaratkan rencana Grand Laguna untuk membuka mini market di daerah suburb.

“Moga-moga semuanya lancar, nanti kita buka Laguna Express di daerah lain,” kata Ezra sambil tertawa.

Paru Goreng dan Dendeng Balado Crispy, Produk Retail Tambo Ciek

Tips Masak Makanan Padang ala Tambo Ciek

“Untuk masakan padang, yang paling penting adalah timing,” jelas Ezra yang dulu sempat belajar masak dari chef Restoran Padang Sederhana di Jakarta.

“Coconut milk, atau santan itu fungsinya untuk meng-enhance rasa. Jadi bumbunya dulu, ditumis sampai wangi banget, lalu masukan santan.

“Jangan buru-buru, diamkan sampai matang, kira-kira satu jam sampai berminyak, baru masukan daging. Tapi jangan lama-lama, cukup sebentar saja. Yang penting empuk dan supaya bentuk dagingnya tetap terjaga.”

Terlebih dari semuanya, menurut Ezra, tips paling penting adalah memasak dengan hati.

“Harus mood-nya bagus, kalau lagi kesal, hasilnya pasti kurang mantap,” katanya.

Pemilik Tambo Ciek, Ezra Toddy dan anaknya

Velahttp://www.buset-online.com
A writer, a media and communication student, a passionate food-taster and a culture-admirer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Apa?! Harga Rumah Meningkat $3,000 Tiap Minggu?!

Benar, Anda tidak salah membaca. Laporan terbaru dari Deloitte Access Economics menyatakan bahwa di bulan September, harga properti di Melbourne dan Sydney mengalami peningkatan yang signifikan dan...

Dari Gaptek Hingga Jadi Multitasker

Diketahui bahwa sejak Februari dan Maret 2020, sekolah-sekolah dari berbagai tingkatan di Australia maupun Indonesia harus ditutup demi membatasi penyebaran Covid-19. Melalui tulisan ini,...

JANGAN LEWATKAN PANEL DISKUSI DAN SOCIAL DINNER KONGRES PPIA

Untuk mengingatkan kembali, Kongres PPIA adalah salah satu program inti PPIA Pusat, dimana para member PPIA dari seluruh Australia membahas kegiatan-kegiatan nasional dan internasional...

Bincang-bincang dengan Komikus Indonesia

Happy International Comic Day!Selamat Hari Komik Bergambar Internasional bagi semua sahabat BUSET yang gemar membaca komik! Indonesia terkenal sebagai negara yang penuh dengan kesenian-kesenian...

Kebangunan Rohani Katolik di Perth Ajarkan Ummat untuk Selalu Memuliakan Tuhan

Tepat pada Sabtu, 26 Agustus, komunitas karismatik pemuda dan pemudi Katolik di Western Australia, yang tergabung dalam organisasi Turrist Orationist Ministry (TOM), mengadakan Kebangunan...