Surat Wasiat

Konfir Kabo 

Managing Partner

Kabo Lawyers

www.kabolawyers.com

Level 23, 360 Collins Street, 

Melbourne, VIC 3000, AUSTRALIA

Info Buset

Dengan Surat Wasiat / Tanpa Surat Wasiat 

Perencanaan aset Anda di luar batas negara 

Saya telah menjadi praktisi hukum selama 23 tahun sebagai pengacara umum, dengan fokus di bidang properti dan imigrasi.

Dengan berjalannya waktu, saya merasa saat ini semakin banyak orang Indonesia yang menetap Melbourne bertanya mengenai Estate Planning (perencanaan asset).  Hal ini amatlah sensitif juga merupakan topik yang sulit, namun merupakan hal yang sangat penting untuk di diskusikan karena menyangkut orang banyak. 

Kebanyakan orang prihatin akan penataan aset mereka saat mereka meninggal, akan tetapi ada banyak orang Indonesia yang tinggal di sini yang berpikir bahwa tanpa surat wasiat maka aset mereka akan langsung diambil oleh pemerintah.

Saya ingin menghilangkan anggapan tersebut dan memberikan beberapa informasi mendasar bahwa di Australia tidaklah seperti itu.

Untuk membahas lebih lanjut beberapa pertanyaan yang sering ditujukan kepada saya berkaitan dengan perencanaan aset di Victoria, saya ingin memberikan beberapa informasi / definisi yang mendasar sebelumnya:

Will / Surat Wasiat 

  1. Merupakan sebuah dokumen yang ditandatangani seseorang yang menjabarkan keinginannya atas kematiannya, biasanya dipersiapkan oleh pengacara dan ditandatangani oleh dua saksi untuk menjaga kekuatan dari dokumen tersebut, namun hal ini bukanlah keharusan.  
  2. Sebuah surat wasiat memerlukan: 
    1. an Executor (Pelaksana Ahli Waris) yang akan melaksanakan keinginan dari pewaris;
    2. Beneficiary or Beneficiaries (Ahli Waris) yang akan menerima warisan dari surat wasiat tersebut. 
  3. Surat wasiat biasanya terdiri dari empat bagian: 
    1. Specific Gifts – adalah bagian dimana item tertentu diberikan kepada seseorang, contoh: cincin emas bermata emerald kepada Ms. X 
    2. Main Gift – sebagai contoh – rumah di dalam surat wasiat dibagi kepada dua ahli waris 
    3. Remainder of the estate (‘dan lain-lain’)– hal ini mengijinkan pendistribusian akan apa yang tersisa dalam warisan kepada beberapa ahli waris 
    4. Directions/ keinginan dari pewaris– seperti tata cara pemakaman dan sebagainya. 

Power of Attorney/ POA/ Surat Kuasa

Ada 3 jenis POA

  1. Enduring (tak terbatas) – memungkinkan pembuatnya menunjuk orang lain untuk mengambil keputusan dalam hal personal ataupun financial, terlepas dari kapasitas si pembuat 
  2. Medical (medis) – memungkinkan pembuatnya menunjuk orang lain untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan hal medis atas si pembuat 
  3. Specific – memungkinkan pembuatnya menunjuk orang lain untuk membuat keputusan tertentu, seperti menjual rumah dan sebagainya 

Probate

Probate merupakan aplikasi kepada Supreme Court of Victoria untuk ‘membuktikan’ sebuah surat wasiat sehingga dapat diterima sebagai sebuah dokumen publik yang valid, yang sebenarnya dan merupakan wasiat terakhir dari si pembuat. 

Letter of Administration

Letters of administration merupakan sebuah aplikasi kepada Supreme Court of Victoria untuk menunjuk seseorang yang sesuai untuk melakukan tugas administrasi (untuk membagi dan melakukan pembagian) – akan aset yang tersisa dari seseorang yang meninggal tanpa surat wasiat yang valid.

Jurisdiction

Jurisdiction merupakan batasan dari sebuah otoritas hukum atau seberapa jauh kekuatan hukum dapat menjalankan toritasnya, contohnya Victorian Jurisdiction.

Pertanyaan 1 – Apakah saya benar – benar memerlukan surat wasiat? 

Memiliki surat wasiat merupakan pilihan karena tidak semua orang ingin melakukannya. Keuntungan dari memiliki surat wasiat adalah bahwa keinginan si pewaris jelas saat kematiannya. Namun, jika seseorang tidak memiliki surat wasiat, maka hukum ketiadaan wasiat berlaku dan ahli waris potensial dapat mengajukan Letter of administration.

Yang ingin saya tekankan di sini, adalah jika seseorang meninggal dunia di sini tanpa surat wasiat, aset mereka tidak akan beralih ke pemerintah secara langsung, kecuali jika orang tersebut tidak memiliki keluarga yang masih hidup yang dapat menuntut kepentingan mereka atas warisan tersebut. 

Pertanyaan 2 – Apakah hukum ketiadaan wasiat (law of intestacy) di Australia?

Ketiadaan wasiat muncul saat seseorang meninggal tanpa surat wasiat, jika surat wasiat mereka tidak valid, ataupun jika surat wasiatnya tidak menjabarkan seluruh warisannya secara menyeluruh.

Hukum ketiadaan wasiat menentukan bagaimana warisan seseorang seharusnya dibagikan, khususnya di bawah ketentuan Bagian Part IA – Ketiadaan wasiat pada Administration and Probate Act 1958

Singkatnya, pendistribusian warisan dalam ketiadaaan surat wasiat dalam keadaan di bawah adalah: 

  • Satu pasangan tanpa anak – pasangan menerima seluruh warisan yang meninggal. 
  • Satu pasangan dan anak yang lahir dari hubungan yang sama – pasangan menerima seluruh warisan yang meninggal
  • Satu pasangan dengan anak yang lahir dari hubungan yang berbeda – 
  • Pasangan akan menerima semua barang pribadi, sejumlah $451,909 pertama ditambah interest dari jumlah tersebut dari tanggal kematian hingga tanggal pembayaran, dan 50% dari saldo yang ada 
  • 50% sisanya dibagi rata diantara anaknya.
  • Tanpa pasangan namun ada anak – warisan dibagi rata diantara anaknya 
  • Tanpa pasangan, tanpa anak – warisan akan jatuh kepada (sesuai urutan prioritas):

1.   Orang tua

2.   Kakak beradik

3.   Nenek dan kakek

4.   Paman dan bibi

5.   Sepupu

Pertanyaan 3 – Apa akan menjadi masalah jika saya memiliki aset di luar Australia? 

Sangatlah biasa bagi orang Indonesia (atau ex-Indonesians) yang tinggal di Melbourne memiliki aset di Indonesia dan Australia (terkadang juga di negara lain seperti Singapura).  Saya di sini bukan untuk mendiskusikan tentang legalitas struktur kepemilikan, namun jika Anda memiliki beberapa aset di jurisdiksi yang berbeda, biasanya POA dan surat wasiat yang dibuat di suatu jurisdiksi tertentu tidaklah berlaku di jurisdiksi lainnya, Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menentukan dimana surat wasiat dan POA harus ditandatangani, karena perencanaan yang kurang akan menimbulkan sakit kepala serta biaya yang tidak seharusnya dan seringkali menimbulkan konsekuensi perpajakan yang merugikan.  

Sangatlah penting bagi semua orang dalam kategori ini untuk mendapatkan nasihat profesional dalam menguraikan warisan sedemikian rupa. 

Apakah seseorang siap menandatangani surat wasiat atau tidak, mengingat kehidupan individualistik modern yang ada di Australia, saya sangatlah menyarankan agar orang – orang menandatangani POA, terutama jika orang tersebut memiliki isu medis. Hal ini sangat penting karena sangatlah sulit untuk mengakses keuangan dan membuat keputusan bagi seseorang yang tiba – tiba tidak dapat membuat keputusan (dikarenakan sakit atau kecelakaan) tanpa adanya POA.  Mohon diingat bahwa POA dapat saja dibatalkan atau diperbaharui kapan saja oleh si pembuat, jadi sangatlah penting untuk memilikinya dalam keadaan darurat. 

Mohon diingat, bahwa informasi di atas hanyalah informasi umum dan bukanlah sebuah nasihat hukum karena tentunya situasi tiap orang membutuhkan nasihat yang spesifik.  Namun saya berharap penjelasan di atas memberikan kejelasan dan ketenangan dalam masa yang sulit dan tidak menentu ini.