Home BISNIS BUSET Stres Pemilik Bisnis

Stres Pemilik Bisnis

0
Stres Pemilik Bisnis

Menjalankan suatu bisnis merupakan impian banyak orang, namun demikian pada kenyataannya memiliki suatu bisnis tidaklah selalu indah. Banyaknya persoalan serta masalah yang tak kunjung berhenti dapat menyebabkan stres bagi si pemilik bisnis. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai stres yang banyak dihadapi para pemilik bisnis, serta tips yang diharapkan dapat membantu untuk mengatasinya.

 

Banyak pengusaha percaya bahwa hanya diperlukan kerja keras dan tekad yang kuat untuk membangun dan mempertahankan bisnis yang sukses. Tapi ketika Anda mulai menghadapi tekanan dalam menjalankan perusahaan, sangat bijaksana untuk menambahkan manajemen atas stres ke dalam daftar. Jika dibiarkan, stres bisa mengikis semangat dan melemahkan kinerja – belum lagi, akan berdampak serius pada kesehatan Anda.

Penelitian yang disusun oleh Office Vibe mengungkapkan bahwa lebih dari 70% profesional secara teratur mengalami gejala stres,  baik secara fisik atau mental. Dan penyakit yang berhubungan dengan stres mengakibatkan kerugian senilai $ 200 milyar per tahun, baik dalam bentuk pekerjaan yang tidak selesai dan tagihan medis.

Ingin tahu bagaimana Anda dapat menghentikan stres karena melakukan produktivitas, mencari keuntungan, dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan? Ikuti tips praktis berikut ini untuk menghindari penyebab utama dari “kelelahan akibat bisnis (business burn-out).”

 

Begitu banyak tugas, begitu sedikit waktu!

Pemilik bisnis yang sibuk memiliki to-do list yang sangat banyak. Tanpa strategi yang efektif untuk mengelola waktu dan berbagi beban, Anda akan dipaksa menjadi reaktif dibandingkan berada di posisi proaktif – faktor penyebab yang sempurna untuk stres kronis dan gangguan pengambilan keputusan.

Cobalah pendekatan berikut ini untuk memiliki lebih banyak waktu:

  • Menahan diri untuk mengatur semua hal kecil dan mulai mendelegasikan lebih banyak tugas kepada mitra dan karyawan
  • Menggunakan alat manajemen proyek untuk memprioritaskan dan menetapkan tugas, melacak kemajuan, dan berbagi hasil dengan klien
  • Menyewa seorang akuntan untuk membantu Anda menavigasi pajak dan menerapkan perencanaan tahunan dan solusi keuangan untuk menghemat uang Anda.

 

Menjaga arus kas positif

Semua bisnis, khususnya start-up, harus memastikan mereka punya cukup uang untuk tetap berjalan setelah menutup pengeluaran rutin setiap bulan. Menumbuhkan arus kas yang konsisten sangat penting untuk mengelola baik keuangan dan juga tingkat stres Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk tetap memiliki arus kas positif:

  • Menindaklanjuti dengan segera tagihan yang belum dibayar, dan mempertimbangkan untuk menawarkan insentif untuk pelanggan yang melakukan pembayaran diawal (seperti diskon kecil ketika pembayaran diterima dalam jangka waktu lima hari dari penerbitan faktur)
  • Waspada dalam memberi potongan harga: jika perlu, tandai produk atau layanan Anda, pastikan Anda dapat menutup biaya dari barang atau jasa Anda yang lain
  • Selalu berpikir “kurang adalah lebih (less is more)” ketika membeli persediaan untuk menghindari hilangnya dana kas berharga dalam bentuk pasokan yang berlebih
  • Memiliki karyawan yang dapat dipercaya untuk memantau arus kas Anda, dan memberitahu Anda setelah arus kas berada dibawah ambang batas tertentu.

 

Menarik pelanggan baru

Mulai panik karena Anda terus-menerus tidak mampu mencapai target penjualan? Mengaudit pendekatan Anda saat ini dan menerapkan strategi pertumbuhan yang lebih baik adalah kunci untuk mengurangi stress karena hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa ide untuk memulainya:

  • Telusuri mendalam perilaku dan preferensi pelanggan Anda, sehingga Anda dapat menargetkan pemasaran Anda lebih baik
  • Menganalisis setiap langkah dalam proses penjualan Anda untuk melihat di mana kelemahannya, dan perkuat pendekatan Anda
  • Menggunakan penelitian audiens Anda untuk mengembangkan produk atau jasa baru – yang memenuhi kebutuhan unik bagi pelanggan Anda dan memberi Anda keunggulan di persaingan bisnis.

Memulai dan mengembangkan bisnis membutuhkan energi yang luar biasa. Tapi dengan memanfaatkan bantuan secara efektif dan meningkatkan proses manajemen yang utama, Anda akan belajar untuk memacu diri – dan menjaga gairah untuk tetap menyala untuk tahun-tahun yang akan datang.

 

 

 

Virda
The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.