Referensi Dalam Bisnis

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas pentingnya referensi dari mulut ke mulut terhadap berkembangnya suatu bisnis. Tentunya kita sering merekomendasikan kepada keluarga ataupun teman mengenai pengalaman berbelanja kita yang menyenangkan, namun di sisi lain kita juga sering berbagi pengalaman belanja yang buruk kepada mereka.

Jika Anda ragu terhadap fakta bahwa referensi yang berasal dari word of mouth itu penting, silakan pertimbangkan statistik terbaru ini:
– Menurut Neilsen, sekitar 92% pembeli mempercayai rekomendasi dari teman dan keluarga lebih daripada informasi iklan tradisional
– 20% sampai 50% pembelian oleh konsumen dilakukan karena rekomendasi dari mulut ke mulut
– 81% pembeli dipengaruhi oleh posting media sosial teman mereka.

Jadi, bagaimana Anda bisa mendorong kata positif dari mulut ke mulut untuk bisnis kecil Anda?
Cobalah tiga strategi ini di bawah ini:

Tawarkan layanan pelanggan yang luar biasa setiap saat
Tidak ada jalan lain: kata positif dari mulut ke mulut harus diperoleh.

Sayangnya sangat sulit untuk mencegah kata-kata negatif yang tersebar, kebanyakan orang lebih cenderung berbagi pengalaman buruk daripada membagi pengalaman menyenangkan yang dialami mereka. Penelitian menunjukkan bahwa 95% konsumen akan menyebarkan pengalaman buruk yang mereka hadapi dengan perusahaan tertentu dan lebih dari setengahnya akan menyebarkan berita tersebut kepada setidaknya lima orang lainnya.

Cara terbaik untuk mendapatkan rujukan positif adalah membuat pelanggan merasa istimewa setiap kali  mereka berhubungan dengan Anda dan merek Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk memenangkan hati pelanggan Anda:

  • Bersikap ramah dan mudah didekati baik secara langsung atau online
  • Kenali pelanggan Anda secara pribadi
  • Pastikan pelanggan disapa dengan sopan dan jangan biarkan mereka menunggu terlalu lama untuk menyelesaikan transaksi
  • Ucapkan rasa terima kasih untuk semua kegiatan transaksi yang sedang berlangsung
  • Tawarkan fasilitas dan kemudahan untuk mendapatkan kesetiaan mereka
  • Perhatikan detail
  • Selalu jujur
  • Jika ada yang tidak beres, lakukan langkah antisipasi dengan segera untuk menyelesaikan masalah demi kepuasan pelanggan.

Hadiah untuk rujukan

Anda dapat meningkatkan kemungkinan pelanggan akan menyebarkan kabar baik tentang bisnis Anda dengan memberikan hadiah atau insentif -seperti barang gratis atau potongan harga pada pembelian berikutnya untuk memberikan peninjauan di situs Yelp atau Angie’s List.

Cobalah aplikasi seperti Wufoo untuk membuat formulir rujukan sederhana di situs web Anda. Buatlah cara mudah untuk menyampaikan e-newsletter Anda kepada lebih banyak pelanggan potensial dengan sistem rujukan berbasis web yang telah mengotomatisasi prosesnya.

Jangan melewatkan kesempatan

Ingatlah untuk bertanya kepada orang-orang yang memuji produk dan layanan pelanggan Anda bahwa Anda menginginkan testimonial untuk situs web Anda, atau sharing di media sosial. Testimonial ini dapat memberikan dampak positif bagi para calon pelanggan baru dan menunjukan bahwa bisnis Anda telah berusaha dengan keras memberikan layanan yang maksimal bagi klien.

Sebagai catatan, penting untuk melacak apa yang orang katakan tentang merek Anda secara online, tidak perduli apakah pembicaraan itu positif atau negatif. Pastikan juga meluangkan waktu untuk mengucapkan terima kasih kepada pelanggan atas ucapan baik yang telah mereka berikan. Sebagai bonus tambahan, membalas tinjauan bisnis positif dapat membantu memberi dorongan di hasil pencarian online terhadap bisnis Anda.

Pastikan juga menanggapi ulasan negatif dengan baik dan benar. Pertimbangkan untuk menjadikan tinjauan yang buruk menjadi suatu kesempatan untuk memperbaiki keadaan bukan malah sebaliknya. Jauh lebih baik untuk mengetahui apa yang orang katakan dan tanggapi daripada membiarkan masalah memburuk tak tertangani.

Tips : Ketika Anda melakukan upaya untuk meningkatkan word of mouth untuk bisnis Anda, ingatlah: apakah ada unsur kejutan yang benar-benar membuat orang membicarakan perusahaan Anda. Pikirkan bagaimana Anda bisa melakukan lebih dari sekadar memenuhi harapan pelanggan Anda, tapi secara dramatis melebihi harapan mereka kepada Anda. Mereka tidak hanya akan memberitahu teman mereka tentang Anda-tetapi mereka akan kembali lagi pada Anda.

Virda Ersan
SEA Accountants
m: 0434 378 718

The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.

Discover

Sponsor

Latest

Poin Tambahan untuk 189 (Skilled Independent) Visa – PR

Dalam beberapa bulan terakhir, untuk mendapatkan undangan untuk aplikasi visa PR Skilled Independent (189) makin susah karena banyaknya EOI (Expression Of Interest) yang masuk...

Dr Donny Mandrawa, DOKTER GIGI KITA!

Apakah di antara kalian ada yang sudah familiar dengan Dr. Donny Mandrawa, B.D.Sc.? Mungkin beberapa pernah melihat dari halaman iklan di BUSET atau merupakan...

Tanggapan Konsultan Pendidikan Soal Kebijakan Universitas

https://youtu.be/z0gVyW5PIZM Saat ini kuliah ke luar negeri telah menjadi tren gaya hidup yang diminati banyak orang. Akan...

Liburan Edukatif Bersama Anak

Kadang kita suka bingung dan kehabisan ide untuk mengajak anak-anak pergi menghabiskan waktu libur mereka. Antara bosan ke destinasi itu-itu saja, atau terbersit kekhawatiran...