Rayakan Idul Fitri Bersama, PERWIRA Akhirnya Lepas Kangen dan Serah Kepengurusan

Ramai canda tawa khas Indonesia terdengar samar-samar bahkan sebelum memasuki lokasi acara. Halal Bil-Halal PERWIRA (Perhimpunan Warga Indonesia di Victoria) tahun ini diadakan di kediaman Ketua Periode 2021-2022, Santi Whiteside, pada hari Sabtu, 22 Mei 2021.

Memasuki rumah Santi, para anggota PERWIRA dan tamu undangan langsung dibuat takjub oleh ruang tamunya yang dipenuhi dekorasi tanah air. Mulai dari hiasan Wayang, sofa bermotifkan Batik, angklung, hingga gong, semuanya terpampang dengan cantik.

“Rumahnya bagus ya, seperti photo studio,” kata Meike Tjoeka, istri dari Nuim Khaiyat, penyiar kawakan Radio Australia siaran Bahasa Indonesia (RASI) yang hari itu bertugas membawakan kuliah singkat tentang merayakan Idul Fitri di tengah komunitas multi-kultural.

Sambil bersilaturahmi dan mengobrol, para tamu dipersilahkan untuk menyantap hidangan makan siang yang berisikan lontong sayur, ayam goreng dan tahu kecap. Di luar, bapak-bapak sibuk membakar sate ayam dan sate kambing.

“Saya ingin ada sate hari ini, karena kemarin itu kan Satay Festival-nya virtual,” kata Santi. Satay Festival adalah salah satu acara tahunan PERWIRA yang paling ditunggu-tunggu oleh komunitas Indonesia di Victoria.

Ternyata Santi sendiri yang membumbui sate-nya, dibantu oleh teman-teman panitia yang ikut menusuk-nusuki daging.

Serah terima kepengurusan PERWIRA periode 2017-2019, yang diketuai oleh Nika Suwarsih (kedua dari kiri) dengan Santi Whiteside (paling kanan) sebagai wakil, kepada kepengurusan periode 2021-2022 dengan Santi Whiteside sebagai ketua dan Antonius Tobing (tengah) sebagai wakil. Foto oleh Vela.

Selain merayakan Idul Fitri, PERWIRA juga merayakan serah terima jabatan, setelah tertunda setahun karena COVID.

Didukung oleh Muniroh Rahim selaku Acting Konsul Jendral RI untuk Victoria dan Tasmania, pemandu acara Anita Dewi melangsungkan prosesi penyerahan jabatan.

Kepengurusan PERWIRA periode 2021-2022 diketuai oleh Santi Whiteside, dengan Antonius Tobing sebagai wakil, Anita Dewi sebagai sekretaris, dan Christin Tidore sebagai bendahara.

Dalam pidatonya, Ketua PERWIRA periode 2017-2019 Nika Suwarsih mengapresiasi pengurus yang lama dan mendoakan kesuksesan untuk pengurus yang baru.

“Terima kasih kepada teman-teman yang sudah mendukung saya, terutama wakil saya Santi, bendahara, dan sekretaris, serta pengurus-pengurus yang lain. Semoga kedepannya PERWIRA dapat lebih maju lagi di bawah kepengurusan yang baru,” kata Nika.

Kejutan hari ulang tahun untuk Nika Suwarsih dari PERWIRA. Foto oleh Vela.

Ketika mendapat kesempatan berbincang dengan BUSET, Santi pun menyampaikan rasa gugup sekaligus bahagianya diberikan kepercayaan untuk mempimpin di periode kali ini.

“Senang sekali diberi kepercayaan oleh teman-teman untuk jadi ketua tahun ini. Tapi karena kepercayaan itu, saya juga merasa tanggung jawabnya lebih besar. Setiap pergantian badan pengurus pasti ada perbedaan cara dalam menuju kesuksesan,” ujar Santi, yang juga adalah Multi-Cultural Ambassador untuk Mental Health Foundation.

Berbekal pengalamannya dibidang kesehatan mental, Santi berharap untuk dapat memasukan unsur kesehatan mental dalam acara-acara PERWIRA yang akan datang.

“Saya ingin coba masukan unsur mental health, supaya orang Indonesia tidak sungkan dan menganggap bahwa mental health itu tabu seperti dulu. Kita akan coba kasih awareness dan knowledge, terutama lewat seminar, fundraising atau gala dinner.”

***

APA KATA MEREKA

Alhamdulillah menyenangkan sekali bisa bertemu dengan teman-teman dari Indonesian community, terutama dengan semua anggota PERWIRA, kita bisa saling melepas kangen. Senang sekali karena makanannya enak, lontong sayurnya enak, ayamnya juga enak, ada cake dan ada tumpeng lagi. Pokoknya senang sekali hari ini.

(Diana Lestari, Board Member PERWIRA 2021-2020)

Velahttp://www.buset-online.com
A writer, a media and communication student, a passionate food-taster and a culture-admirer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

“SELAMANYA CINTA” CINDY CAROLINA

Penyanyi cantik kelahiran Jakarta, Cindy Carolina disibukkan dengan promo album sekuler pertamanya yang berjudul “Selamanya Cinta” di awal tahun ini. Ia membawakan 10 lagu...

AIAV FOTOGRAFI

Sudah 60 tahun Australian Indonesian Association Victoria (AIAV) berdiri dan terus menjalin hubungan baik kedua negara melalui ribuan kegiatan menarik yang sangat mendidik sekaligus...

Dari PPIA Adelaide ke CIMSA | Ariatna Bin Achmad Zar

Kegemarannya mengajar Bahasa Inggris membawa Ariatna yang akrab disapa Pak Ari untuk menempuh pendidikan S3 jurusan TESOL di Curtin University, Perth, Western Australia. Darah Sumatera Utara ini...

KOPI INDONESIA MULAI DIPERHITUNGKAN

Akhir Maret silam, Melbourne kembali menjadi tuan rumah sebuah ajang berskala internasional, yaitu Melbourne International Coffee Expo 2017 (MICE2017). Acara ini mempertemukan para pecinta...

Ulurkan Tangan Bersama Eros Djarot, Fryda dan Cinta Laura

Eros Djarot mengajak warga Indonesia untuk tetap mengibarkan semangat gotong royong dan saling bahu-membahu lewat lagu dan gerakan sosial Ulurkan Tangan. Himbauan pemerintah untuk...