ERWIN ARIVIANTO: Kebaikan Menuai Kesuksesan

“Dimanapun kalian berada, jadilah yang terbaik”

– Erwin Arivianto –

Pria yang sukses pada bidang usaha coworking space dan virtual office ini memiliki perjalanan hidup yang cukup berliku untuk mencapai pencapaiannya saat ini, ia menjadi Chief Executive Officer dari vOffice Indonesia, IZIN.co.id  dan pendiri dari beberapa bisnis lainnya.

Kisah hidup pria kelahiran 5 April 1981 ini secara singkat dimulai dari tahun 1998 ketika ia pindah ke Australia dan  hidup selama 16 tahun di Melbourne. Awalnya karena ia memang ingin menimba ilmu di Negeri Kangguru. Setelah menyelesaikan High School ia lanjut mengenyam pendidikan di RMIT University jurusan IT (Information Technology), ia juga sempat bekerja paruh waktu di beberapa tempat selama berkuliah, seperti menjadi staff kasir di Laguna Supermarket, menjadi kitchen hand di Ramayana (restoran Indonesia), pengantar pizza di Pizza Hut hingga diangkat menjadi General Manager di Pizza Hut.

Bertekad ingin berkembang dan memiliki bisnis sendiri. Erwin lantas membeli usaha toko roti ternama, Brumby’s Bakery selama dua tahun sebelum ia memutuskan untuk pulang ke Indonesia.

Kiprah Sukses di Indonesia

Pria yang terlahir dari keluarga pebisnis tersebut termasuk seseorang yang selalu melakukan pekerjaan dan tugasnya dengan maksimal, sehingga ia banyak disukai orang di sekitarnya. Maka dari itu, ia masuk dalam pertemanan yang baik, dan saat ia memutuskan kembali ke Tanah Air pada tahun 2012 sangat banyak orang yang mendukung dan membantunya saat kesulitan, diantaranya telah menawarkan untuk berbisnis bersama.

Pada tahun 2012, Erwin mendirikan vOffice Indonesia atau perusahaan yang menyediakan layanan penyewaan kantor virtual, ruang kerja/kantor dan layanan bisnis di Indonesia, yang sebelumnya adalah brand dari Australia dan merambah ke Malaysia lalu ke Indonesia. Saat ini ia memiliki 25 (dua puluh lima) cabang di Indonesia sendiri, juga beberapa di Negara Asia Tenggara.

Selain bisnis kantor virtual itu, Erwin juga mendirikan Izin.co.id bersama temannya, yakni bidang usaha yang menyediakan layanan perizinan untuk para pebisnis yang ingin mendirikan perusahaan.

Era yang semakin maju seperti sekarang ini telah menuntut semua hal untuk dilakukan secara praktis, mudah dan cepat. Inilah yang memberikan ide pada pria yang memiliki hobi makan dan jalan – jalan ini untuk mendirikan bisnis virtualnya. Selama 9 tahun menggeluti bisnis ini, ia berpikir bahwa vOffice ini adalah “Future of Office”, karena banyak memudahkan pengusaha – pengusaha besar hingga kecil dengan fasilitas canggih namun biaya yang relatif murah. Saat ini, ia bermitra dengan pemerintah termasuk Kementerian Perdagangan, BKPM RI dan  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendukung bangkitnya wirausahawan di Indonesia.

Pandemi COVID-19 tentu banyak berpengaruh pada bisnis – bisnis yang dilakukan oleh para pengusaha. Kendatipun bisnis virtual yang didirikan oleh Erwin ini banyak dilirik, karena sangat memudahkan pada masa pandemi yang menuntut semua hal dilakukan secara online.

vOffice dengan fasilitasnya yang cukup baik dan harga yang lebih murah membantu pebisnis untuk memiliki tempat kerja. Sedangkan Izin.co.id yang membantu mempermudah perizinan yang sedang digalakkan di Indonesia dan bahkan tidak dipungut biaya untuk perizinan UMKM.

Turut Berkontribusi Bagi Negara

Saat ini, pria yang sempat menjabat Ketua Kompartemen Ekonomi Kreatif organisasi HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) telah menjadi salah satu pendiri organisasi GeKrafs (Gerakan Kreatif Nasional) sebagai Bendahara Umum.

Ia juga menjadi coordinator program Wisata Vaksin Nasional, bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di bawah Sandiaga Salahuddin Uno. Program ini bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi di Indonesia sekaligus upaya memulihkan pariwisata Indonesia yang meredup karena pandemi COVID-19.

Di Bali, sebagai pilot project Wisata Vaksin Nasional ini, disediakan tempat berlibur yang cukup aman dengan biaya yang murah yaitu mulai dari 4,1 juta, dapat menetap di sana selama 14 (empat belas) malam, yang juga diberi fasilitas vaksin.

Selain bali, Wisata Vaksin Nasional ini direncanakan untuk diperbesar ke 3 (tiga) lokasi lain yaitu Labuan Bajo, Nongsa dan Lagoi (Batam), yang dimana ketiga lokasi tersebut adalah destinasi wisata yang sangat ingin untuk dipromosikan oleh Presiden Jokowi.

“Saya punya prinsip dalam bekerja bahwa dimanapun kalian bekerja, apapun pekerjaan kalian, jadilah yang terbaik. Walaupun harus menjadi pencuci piring, jadilah pencuci piring yang terbaik, jika harus menjadi kitchen hand, jadilah kitchen hand yang terbaik, karena dengan begitu segala jalan pasti akan dibukakan, itu akan menjadi pembeda kalian dengan  orang lain. Ada seseorang yang selalu berpikir, ini bukan pekerjaan saya, ini sudah lewat dari jam kerja saya, jangan menjadi yang seperti itu. Jika kalian sempat, selalu berikan lebih di tempat kerja kalian, pasti jalan rejeki dan karir akan terbuka untuk kalian”.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Bu Indah Pamit, DWP Sambut Para Pengurus Baru

Pada tanggal 23 Januari 2021, Dharma Wanita Persatuan menggelar acara perpisahan sekaligus surprise birthday celebration untuk Ketua periode 2020-2021 mereka, Indah Perdanaputra. Indah yang...

Cinta aja nggak cukup, kenali attachment style kamu dan pasanganmu!

Apa sih sebenarnya attachment style itu? Attachment style adalah cara tertentu dimana seseorang berhubungan dengan orang lain, dan dari attachment styles, kita tahu bahwa ternyata...

Gathering Saman Melbourne Berlangsung Hangat

Awal minggu Juni silam Saman Melbourne mengadakan Gathering Day di RMIT University. Acara yang bertujuan untuk berkenalan dengan para anggota baru sekaligus bersilahturahmi ini...

Pandji Pragiwaksono, Juru Bicara 5 Benua

  Lucu, tak kenal lelah, energetik, dan nasionalis mungkin merupakan segelintir ciri-ciri yang dimiliki oleh Pandji Pragiwaksono. Siapa pun yang mengenal dan pernah menikmati karya-karyanya...

Tantangan Purna Paskibra

Pembatasan-pembatasan sudah mulai dikurangi, namun pengurangan tersebut diberlakukan sedikit demi sedikit. Banyak tempat dan acara-acara yang belum bisa dipastikan kembali seperti normal karena harus...