Presiden PPIA Victoria 2022/2023 – Xaviera Quincy Jhon: “Goodness kind of culture is what I want to bring for this year”

Xaviera Quincy Jhon atau yang kerap disapa Quincy adalah mahasiswa fakultas bisnis dan ekonomi tahun kedua the University of Melbourne. Sembari mengejar degree-nya sebagai bachelor or commerce in accounting and finance–di Universitas yang ia dambakan karena gerbang south lawn parking space–Quincy absolutely loves giving back to people. Menurutnya, giving back to the communitysparks joy’.

Baginya, waktu bersama PPIA Victoria adalah bagian dari pelayanan ke orang-orang sekitar. Ketika ditanya apakah tidak susah untuk menanamkan kultur peduli kepada sesama secara utuh dalam organisasi yang besar, Kak Quincy berkata tidak.

“Kita melakukan ini untuk kebaikan orang-orang and I believe orang-orang yang dipilih juga hatinya baik jadi harusnya ga susah; karena it all starts from perspective.” jawabnya. Untuk berhasil mencapai dan menurunkan kultur itu dalam waktu yang singkat, ia menanamkan strategi top-down approach, dipasangkan dengan kegiatan-kegiatan yang bisa meningkat konektivitas serta pengembangan diri.

What I can and want to do to the best of my abilities is to share this with my heads, PMs and officers–finding a common ground–agar kita bisa nyatuin perspective ke anak-anak kita dengan mengerti dimana posisi mereka.” Jelas Quincy.

This goodness kind of culture serta strategi untuk mencapainya adalah salah satu dari berbagai cara Quincy untuk menjaga keharmonisan dan mempererat hubungan PPIA ranting yang merupakan tugas serta misi utama PPIA Victoria periode ini.

Sistem PPIA di Australia memiliki tiga tier mulai dari pusat (PPIA Australia), cabang (PPIA Victoria dan states lainnya), dan ranting (PPIA universitas dalam cakupan cabang) yang mana dinamika secara ideal menurut Quincy adalah untuk seluruh anggota PPIA bisa bekerja dan menjalin hubungan yang nyaman secara personal dan profesional dengan rekannya sesama PPIA.

Salah satu cara untuk mencapai dinamika kerja yang ideal adalah lewat event Nobaria dimana PPIA Victoria menjadi ranah bagi para committee PPIA untuk bertemu dan ngobrol bareng

“Untuk bisa mempertemukan satu sama lain dalam satu tempat sehingga tidak ada anggota PPIA manapun yang feels secluded” jelasnya.

Tentu saja, sebagai ketua dari PPIA Victoria, rasa kekeluargaan ini tidak hanya ia inginkan bagi para anggota committee namun untuk setiap pelajar Indonesia di Melbourne. Ketika BUSET bertanya apakah ada pesan yang ingin disampaikan kepada komunitas pelajar di Melbourne ia berkata,

“As a PPIA president, we’ll always welcome you as part of PPIA VIC whenever you need a helping hand, but more importantly speaking as Quincy, for the students who are currently in Melbourne or who just arrived or have been here for the longest time. You’re not alone. You’re definitely not the first and you’re not gonna be the last and I hope that whatever you decide to do or study in Melbourne, your future is bright and you will be such a blessing to those around you. You can do this!”

Dibawah kepemimpinan Quincy selama satu tahun kedepan ini, tujuan besar PPIA Victoria adalah untuk meningkatkan konektivitas secara profesional dan personal para pelajar dan seluruh anggota PPIA di bawah naungan PPIA Victoria diiringi dengan promoting growth and self development. Karena Quincy yakin bahwa kehadiran PPIA lebih dari sekedar formalitas, bertitik berat di segi komunitas. Sebagai kata penutup ia berkata bahwa PPIA Victoria harus bisa menjadi “suatu medium yang memfasilitasi seluruh pelajar indonesia yang rindu akan komunitasnya”.

Sedikit fun fact tentang Quincy adalah, ia menyadari bahwa dapat menimba ilmu ke Australia dengan segala kepercayaan dan pengorbanan orang tuanya merupakan sebuah privilege. Dibesarkan di lingkungan yang meletakkan edukasinya diatas segalanya membuat Quincy sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan apapun itu bentuknya. Diluar PPIA Victoria, Quincy adalah seorang tutor VCE, sebuah kerja sambilan yang ia lakukan untuk memenuhi passion mengajarnya.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

BLAIR SMITH | CEO & FOUNDER GoFetch

Pernahkah Anda mengalami masalah-masalah sepele namun cukup bikin geregetan seperti ketinggalan handphone, tidak punya kendaraan untuk membeli satu buah item, atau terlalu sibuk untuk...

Tanggapan Konsultan Pendidikan Soal Kebijakan Universitas

https://youtu.be/z0gVyW5PIZMSaat ini kuliah ke luar negeri telah menjadi tren gaya hidup yang diminati banyak orang. Akan tetapi, persiapan untuk kuliah ke luar negeri membutuhkan...

LAPOR DIRI

Sebagaimana diatur dalam Pasal 18 (3) Undang-Undang (UU) No. 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang tengah berada di...

Aroma Dapur Rumah Bertemu di Meetbowl

Saat semangkuk Bakso Spesial (lengkap dengan bakso telur puyuh dan bakso goreng) dan Bakwan Malang tersaji di meja, terselip pula aroma yang familiar, menggoda untuk bernostalgia....

DHANI DAN MULAN KUNJUNGI TEMAN SEKAMPUNG DI MELBOURNE

(foto: (ki-ka) Anni, Mulan, Dhani, Djung)Pertengahan Februari kemarin pentolan Republik Cinta Management yang telah menelurkan nama-nama penyanyi terkenal di Indonesia mampir untuk liburan ke...