Home INFO BUSET PEMBUKUAN BISNIS SEHAT

PEMBUKUAN BISNIS SEHAT

0
PEMBUKUAN BISNIS SEHAT

Pada artikel kali ini kita akan membahas kiat-kiat yang dapat dilakukan para pemilik bisnis sebelum memulai aktivitas bisnis mereka, terutama bagi pemilik bisnis yang baru pertama kali menjalankan bisnis. Pada umumnya banyak pertanyaan mengenai apa saja yang harus dipersiapkan untuk pelaporan pajak tahunan.

Begitu juga bagi Anda yang ingin menghindari pembayaran pajak yang berlebihan daripada yang seharusnya, ataupun mencegah terjadinya kepanikan pada menit-menit terakhir karena mencari catatan keuangan yang hilang. Kunci dalam hal ini yaitu mengorganisasikan segala sesuatunya dengan baik.

Berikut ini beberapa kiat yang mungkin dapat membantu :

Memisahkan Biaya Bisnis dengan Pribadi
Sebaiknya mulai dari hari pertama, pemilik usaha kecil harus dengan jelas membagi pengeluaran pribadi dan bisnis mereka. Membedakan antara keduanya akan memudahkan untuk mengklaim biaya/deductions pada pengembalian pajak (tax return), selain itu juga tidak perlu khawatir apabila dikemudian hari terkena audit.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang direkomendasikan untuk memisahkan antara bisnis dan pribadi:

  • Buat rekening bank terpisah untuk bisnis Anda, dan menggunakan kartu kredit bisnis hanya untuk tujuan bisnis (ini akan membantu dalam melacak semua pengeluaran bisnis)
  • Jangan menggabungkan pengeluaran bisnis dengan pengeluaran pribadi (misalnya, jika Anda ingin membeli tinta printer untuk digunakan di rumah Anda dan juga untuk di kantor, maka sebaiknya meminta dua receipts yang terpisah);
  • Membayar gaji Anda yang seharusnya dari rekening bank bisnis pada setiap bulannya

Mencatat Setiap Pengeluaran Bisnis
Setiap tahunnya, sekitar 21% dari pemilik usaha kecil mengklaim kurang dari setengah atas jumlah pengeluaran bisnis mereka, hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki sistem pencatatan yang baik untuk mendokumentasikan semua pengeluaran yang terjadi.

Dengan tidak menyimpan bukti pembayaran (receipts), maka pemilik bisnis harus kehilangan biaya / pengurang pajak (deductions) yang berharga, yang mana uang tersebut seharusnya bisa disalurkan kembali ke dalam bisnis mereka.

Untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan aplikasi pada mobile phone untuk merekam receipts yang ada dimana kebanyakan dari aplikasi tersebut sinkron dengan accounting software all-in-one Anda.

Selalu Berkonsultasi dengan Akuntan
Apabila Anda masih belum terlalu paham dengan apa saja yang dapat Anda klaim sebagai pengeluaran bisnis serta bingung mengenai accounting software yang baik untuk bisnis Anda, dan tidak mengerti mengenai peraturan pajak yang ada, maka sebaiknya berkonsultasi dengan akuntan yang profesional sehingga membantu menenangkan pikiran Anda. Konsultasi tersebut lebih baik dilakukan sebelum batas waktu pengajuan pajak.

Dengan melakukan pertemuan rutin dengan akuntan akan membantu Anda terus meningkatkan praktik pembukuan, selain itu akan membantu Anda lebih memahami keuangan bisnis yang ada.

Tips yang telah dipaparkan di atas diharapkan dapat membantu Anda untuk berkomitmen sejak sekarang untuk memiliki hubungan positif dengan kantor pajak serta menjaga kesehatan keuangan bisnis Anda untuk jangka panjang.

Berkomitmen untuk Memiliki Pembukuan yang Bersih dari Hari Pertama
Pembukuan yang efektif adalah cara terbaik bagi pemilik bisnis agar dapat meminimalkan stres ketika datangnya musim pajak.

Saat ini terdapat berbagai macam accounting software di pasaran, sehingga bukan saatnya lagi untuk mengandalkan metode manual yang mana mengkonsumsi waktu serta memiliki tingkat kesalahan (error) yang cukup tinggi.

Pilihan seperti Xero, MYOB, QuickBooks dengan akurat akan mempermudah proses pembukuan bisnis Anda, termasuk diantaranya:

  • untuk pencatatan dan penelusuran biaya;
  • untuk pencatatan dan penelusuran penjualan & pendapatan;
  • untuk membuat dan mengirim invoice dan
  • untuk mengatur dan mencatat stok persediaan.

Dengan catatan keuangan yang baik, dimana semua dalam satu tempat serta up-to-date, maka posisi Anda akan lebih baik dalam hal memaksimalkan pengembalian dana (tax refund), sekaligus menghindari denda yang terkait dengan pelaporan pajak yang tidak benar ataupun tidak lengkap.


Virda Ersan
SEA Accountants
m: 0434 378 718
Sumber: Australian Taxation Office

The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.