Baru-baru ini Forum CSR Kesejahteraan Sosial (KESOS) dari Kementerian Sosial RI mengadakan kunjungan ke Melbourne dan bertemu dengan beberapa tokoh masyarakat Indonesia di Victoria. Kunjungan tersebut adalah sebagai perkenalan sekaligus berbagi informasi, memperluas jejaring kerja serta diskusi dalam rangka mendukung hubungan baik di segala lapisan.

Forum CSR KESOS sudah terbentuk di 34 Provinsi di Indonesia dan beranggotakan sekitar 200 Perusahaan. Sebut saja Program Desa Cerdas (Smart Village) berada di Desa Nelelamadike, NTT didukung IT oleh IDN Victoria.

Beberapa hal yang dibahas pada pertemuan tersebut adalah seputar perencanaan pembangunan beberapa daerah secara lebih terarah guna mendukung pencapaian SDG’s dan isu Lingkungan. Misalnya saja dalam hal membangun kawasan wisata, dibutuhkan konsep kemitraan yang baik dengan dukungan (Pemerintah Daerah) PEMDA setempat.

Bicara mengenai dukungan terhadap bencana alam yang terjadi di Indonesia, WNI di Melbourne memiliki semangat untuk membantu dengan mengumpulkan barang-barang donasi, dukungan transportasi. Namun distribusi bantuan tersebut masih menjadi kendala dan perlu alternatif solusi lainnya yang lebih baik.

MOM Forum CSR KESOS