PARADE RATUSAN BUDAYA

0
705

 

Merayakan perbedaan yang membentuk Australia. Inilah moto singkat yang selalu dikedepankan pemerintah setempat setiap menyambut hari Australia. Selain upacara formal dan menyampaikan pesan kenegaraan, hari yang dirayakan tiap 26 Januari tersebut dimeriahkan dengan berbagai kegiatan kemasyarakatan.

BUSET NGELIPUT - AUSTRALIA DAY PARADE 7Salah satu yang selalu menyita banyak perhatian adalah Parade Australia Day dimana berbagai komunitas masyarakat diberi kesempatan untuk menunjukkan eksitensi mereka. Pemerintah Benua Kangguru membuka tangan dengan lebar terhadap kegiatan kultural semacam ini selama tidak merugikan suatu golongan tertentu. Itulah mengapa selain komunitas yang dibentuk berdasarkan ras atau bangsa; seperti contohnya Komunitas Indonesia, Komunitas Iran, Komunitas Vietnam dan lain sebagainya, dapat pula kita jumpai Komunitas Penggemar Star Wars, Laughing Community (Komunitas Ketawa) dan lainnya. Unik memang, namun inilah yang lalu menjadikan negeri ini sebagai negeri yang kaya akan budaya.

Lain dengan tahun-tahun sebelumnya dimana kontingen Indonesia biasa muncul dengan iringan gamelan Bali, khusus Parade Hari Australia kali ini, sekitar 50 anak bangsa berjalan menelusuri Swanston Street mengenakan pakaian tradisional dari beberapa daerah seraya ditemani tari topeng di buntut barisan. Topeng seni yang menggambarkan raut wajah ciri khas orang Indonesia tersebut spontan menyita perhatian jutaan orang yang menonton di bibir jalan.

Parade berdurasi hampir satu jam itu berlangsung meriah dan penuh makna. Terimakasih bagi saudara-saudari kita yang telah menyisihkan tenaga dan waktu mereka untuk membawa nama Bangsa Indonesia melalui Parade Hari Australia. Semoga dengan demikian nama Indonesia semakin harum.