Pandawara Bersihkan Pantai Terkotor Di Indonesia

Untuk kalian para pecinta aplikasi tiktok, pasti sudah banyak yang mengenal grup ini. Pandawara Group, atau lima pemuda asal Bandung yang mengabdikan diri mereka untuk ikut bertanggung jawab membersihkan llingkungan yang tercemar oleh sampah. Bahkan grup ini dinobatkan sebagai Tiktok Local Heroes di Year on Tiktok 2022.

Berawal dari keresahan mereka akan banjir yang kerap melanda di lingkungan rumah, akhirnya mereka mencari sumber permasalahan banjir tersebut, dan diketahui adalah banyaknya sampah pada sungai yang mengakibatkan penyumbatan aliran air.

Aksi mereka membersihkan sungai dari sampah dulunya tidak dibagikan pada media sosial, namun demi untuk ikut membangun kesadaran masyarakat Indonesia utamanya anak muda untuk peduli sampah, mereka membagikan momen aksi mereka saat membersihkan lingkungan yang mendapatkan sangat banyak apresiasi dari berbagai pihak, bahkan Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil.

Baru-baru ini pada 22 Mei 2023, grup yang terdiri dari 5 anggota diantaranya Gilang, Rifqi, Agung, Iksan dan Rafly tersebut membuat gebrakan lagi yaitu dengan melakukan aksi bersih-bersih pantai terkotor di Indonesia, Pantai Teluk, Banten. Dilansir dari Detiknews, Pantai Teluk ialah lokasi dengan sampah paling banyak yang pernah Pandawara Group bersihkan, dengan sekitar 1.200 karung sampah yang berhasil dikumpulkan.

Tidak berhenti disana, aksi dari kelima pemuda tersebut pun membangkitkan kesadaran warga sekitar dan pemerintah untuk ikut membantu aksi bersih-bersih tersebut. Pemerintah provinsi banten menyiapkan dua alat berat untuk membantu mengevakuasi sampah yang telah dikumpulkan.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya mengelola sampah sendiri masih cukup rendah di Indonesia. Gerakan yang dilakukan oleh Pandawara ini adalah upaya yang sangat membantu pemerintah Indonesia untuk menyadarkan masyarakat khususnya generasi muda akan pentingnya mengelola sampah.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Rachmat Satria Teguhputra dan Sinergi Tim | Presiden PPIA Deakin University 2018 – 2019

“Pemimpin yang democratic, empowering, and striving for excellence”. Itulah jawaban Rachmat Satria Teguhputra atau yang akrab dipanggil Satria, saat ditanya tipe pemimpin seperti apakah...

Potensi Indonesia Dalam Diplomasi Budaya

Apa yang terlintas di benak pikiran apabila kita mendengar kata ‘diplomasi’? Mungkin muncul gambar diplomat berjas, ajang makan malam formal yang mewah, atau negosiasi...

‘AYAM PENYET RIA’ PERTAMA DI AUSTRALIA

248 Clarendon Street South Melbourne Buka setiap hari pk. 12:30 – 21:00 kecuali SelasaSiapa yang tidak tahu kenikmatan Ayam Penyet Ria yang sudah terkenal...

BUSET Vol. 18-209 November 2022 Edition

https://www.scribd.com/document/608653819/BUSET-VOL-18-209-NOVEMBER-2022-EDITION

KONTROVERSI LGBT KEMBALI MENCUAT

Isu Lesbian, Gay, Bisexual dan Transgender (LGBT) kembali hangat dibicarakan di Tanah Air setelah beredarnya berita bahwa Badan Program Pembangunan Persatuan Bangsa-Bangsa atau United...