Orchida dan Faisal Pamit Diri Kepada Masyarakat Melbourne

Setelah tiga tahun menunaikan tugas sebagai Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler dan Konsul Fungsi Ekonomi, Faisal M. Perdanaputra dan Orchida Danudjaja, kembali ke Tanah Air Januari 2021. Acara perpisahan pun digelar untuk kedua pejabat diplomatik ini pada pertengahan Desember 2020 yang masing-masing dihadiri oleh para mitra kerja, relasi serta teman-teman Orchida dan Faisal selama waktu penugasan mereka di Melbourne.

Bekerja Untuk Masyarakat Indonesia yang Guyub

Sebagai koordinator fungsi protokol dan konsuler (consular service), Faisal kerap berinteraksi dengan berbagai macam masyarakat Indonesia yang berada di Victoria dan Tasmania. Apalagi dengan status Melbourne sebagai salah satu most livable cities di dunia, kota ini merupakan rumah bagi masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang, suku, agama, dan budaya. Pejabat diplomatik yang sebelumnya bertugas di Moskow itu mengaku bahwa tingginya dinamika masyarakat ini sering menjadi tantangan untuk masyarakat saling bersinergi. Terutama ketika ada kebijakan pemerintah yang baru. Contohnya program lapor diri yang baru saja diluncurkan oleh pemerintah pusat baru-baru ini.

Faisal bersama istri Bu Indah Mekawati dan tim konsular



Wabah COVID-19 yang terjadi di tahun terakhir masa penugasan Faisal ini pun menjadi tantangan unik dan tersendiri baginya sebagai koordinator fungsi konsuler. Dikarenakan kebijakan pemerintah Victoria yang melarang masyarakat untuk bepergian lebih dari radius 5 kilometer dari rumah mereka, banyak masyarakat Indonesia di luar Melbourne yang sangat terdampak oleh kebijakan ini. Agar tetap dapat melayani sebanyak mungkin masyarakat Indonesia, KJRI kini menyediakan beberapa layanan kekonsuleran secara online, seperti pembuatan surat pernyataan.

Tak hanya itu saja, beberapa kali Faisal dan timnya juga melakukan kunjungan ke masyarakat-masyarakat di daerah regional Victoria untuk ‘jemput bola.’ Yakni memberikan layanan-layanan kekonsuleran seperti proses dokumentasi untuk perpanjangan paspor dan sosialisasi program pemerintah bagi masyarakat yang kesulitan untuk datang ke KJRI dikarenakan kendala jarak. Dirinya berharap kedepannya layanan KJRI dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat Indonesia di seluruh penghujung Victoria dan Tasmania.

Foto bersama acara perpisahan Konsul Faisal


Dengan wataknya yang sabar, tenang, dan murah senyum ini, Faisal telah sukses menghadapi masyarakat Indonesia yang unik dan beragam di Victoria dan Tasmania.

Konsul Faisal dengan Konjen Spica A. Tutuhatunewa dan Pak Lucky Kalonta (Indonesian Club)


“Dapat berhubungan dengan masyarakat yang bermacam-macam sangat bagus untuk saya pribadi,” ujar bapak dua anak itu ketika ditanya mengenai kesan-kesannya akan masa penugasan di Melbourne. “Melbourne sebagai one of the most livable city, sangat berkesan untuk saya,” tambahnya lagi.

Turut Membangun Hubungan Ekonomi Indonesia-Victoria

Sebagai mantan mahasiswa di kota Melbourne, Orchida memiliki hubungan yang spesial dengan coffee capital of Australia itu. Walau dirinya sudah tak asing lagi dengan kota Melbourne, wanita penggemar warna pink itu sempat terkaget-kaget dengan perkembangan dan pertumbuhan ekonomi kota ini.

Ga nyangka di sini bakal sibuk banget,” komentar wanita lulusan Monash University itu mengenai hubungan ekonomi antara Indonesia dan Victoria. Selama masa penugasannya, Orchida telah terlibat dalam berbagai kerjasama ekonomi intensif antara Indonesia dan Australia. Seperti perjanjian dagang IA-CEPA, yang diprediksi akan semakin mempererat hubungan ekonomi Indonesia-Australia. Adapula hubungan dengan Jawa Barat yang telah menganggap Victoria sebagai salah satu mitra ekonomi yang penting. Terbukti dari beberapa kunjungan yang dilakukan oleh Ridwan Kamil, gubernur Jawa Barat yang membuka kedai kopi Jabarano di Melbourne CBD itu.

Konsul Orchida dan tim Fungsi Ekonomi



Sebagai konsul ekonomi, wanita lulusan Master of International Business itu berperan aktif dalam memfasilitasi hubungan bisnis Indonesia dengan Australia. Mulai dari bisnis-bisnis besar seperti mining hingga bisnis-bisnis kecil seperti kios-kios makanan Indonesia, semuanya dilayani oleh Orchida. Saat pandemi, dirinya juga bekerjasama dengan komunitas IndOzfood untuk membantu para pebisnis makanan Indonesia yang sangat terdampak oleh restriksi COVID-19.

Meski demikian, Orchida sempat mengaku banyaknya jumlah Indonesia yang ingin memasuki pasar Australia juga menjadi challenge tersendiri bagi fungsi ekonomi. Pasalnya, keterbatasan waktu kerap menjadi tantangan bagi Orchida dan timnya untuk memfasilitasi setiap bisnis dari tanah air yang berniat untuk memulai usaha di Victoria.

“Kerjasama (ekonomi) kita intens banget, kaya dengan City of Melbourne, it’s something yang so exciting. Like you know, Sally Capp (walikota Melbourne), kaya I’m so star crushed banget dengan women leaders di Victoria. Ada Gonul dari Global Vic. I got to meet them in meetings. It’s so awesome that you got to meet really important people in Victoria and Melbourne, easily,” ungkap Orchida ketika ditanya mengenai kesan-kesannya terhadap masa tugasnya.

Foto bersama acara perpisahan Konsul Orchida


Terimakasih atas layanan dan kerja keras Faisal dan Orchida. Sukses selalu di jenjang karir kedepannya

Apa Kata Mereka

Mulyoto – Al Jannah / IMCV
Pak Mulyoto – IMCV

Selama ini saya bekerjasama dengan Pak Faisal ya, dia orangnya baik, terbuka, siap menolong, dan siap setiap saat. Terutama pada saat-saat ada kesusahan, beliau selalu ada.

Kevin Felixiano – Vice President External PPIA Victoria
Kevin Felixiano (PPIA VIC) dan Konsul Faisal

We are thankful to work with Mr Faisal M. Perdanaputra as the consul for protocol and consular affairs. As simple as being in charge of the ”warung konsuler” during welcoming events at various universities has enormously helped thousands of Indonesian students living abroad. We will always remember your warm and humble approach towards Indonesian students and wish you luck for your future endeavours.

Sincerely, PPIA Victoria

Hanny Santoso – Indozfood

Sebagai konsul muda, Ibu Orchida memiliki personal traits dan attitude yang mumpuni. Ia memiliki banyak ide inovatif, resourceful, kerjanya cekatan dan sigap. Ia ramah dan mudah dekat dengan siapa saja.
Pembawaannya humble, she has a good communication skill, serta tidak segan turun tangan langsung.

Hanny Santoso – IndOzfood

Beliau banyak membantu Komunitas IndOzFood saat kami membuat event akbar GALAKSI (Gathering di 5 lokasi, mengumpulkan 400+ orang) dengan persiapan minimal awal Desember lalu. Kami mendoakan agar Ibu Orchida selalu menjadi sukses di penugasan-penugasan selanjutnya, senantiasa menjadi role model serta agent of change yang baik, dan meraih karir yang baik di masa mendatang.

Ratih Y. Kombonglangi – Fungsi Ekonomi

Selamat jalan kembali ke Jakarta Mba Orchid dan keluarga. Semoga sehat selalu dan sukses di unit barunya di Pejambon. Walaupun baru ketemu sebentar, tapi saya sudah bisa belajar banyak dari Mba Orchid. Terima kasih untuk bantuan dan bimbingannya. I hope I can continue your great work.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Discover

Sponsor

Latest

Dear BUSET – Horror edition

DEAR BUSET, Untung Ayahku Bisa Membantu “Pada tahun 2017 lalu, aku tinggal berdekatan dengan seorang tetangga yang kita...

Maluku Basudara Rayakan Natal Bersama Saudara Beda Iman

Memperingati Natal, komunitas Maluku Basudara yang mewakili masyarakat Maluku di Victoria mengadakan perayaan Natal di akhir bulan November. Acara tersebut pun terasa istimewa dengan membawakan...

MONASH BERBAGI INFORMASI TENTANG BERITA BOHONG

Banyaknya berita hoax yang tersebar, baik dari media mainstream maupun media sosial, merupakan sebuah masalah yang dihadapi masyarakat global. Penyebaran berita hoax pun menjadi...

My Identity: Sinopsis

“Film ini sangat mengingatkan dan mengajarkan aku banyak hal, tentang betapa hebatnya dalam mengandalkan Tuhan di semua perihal hidupku! Pada saat dimana ada hal...

PERWIRA BAWA NUANSA TRADISIONAL KE BOX HILL

Setelah menggelar The Indonesian Satay Festival Mei silam, Perhimpunan Warga Indonesia di Victoria (PERWIRA) kembali menggelar acara serupa yang bertajuk The Indonesian Food and...