NFoundation Galang Dana untuk Puluhan Anak di Jawa Barat

‘Meraih keuntungan bukanlah satu-satunya tujuan kita berbisnis. Kemampuan untuk memberikan kembali kepada komunitas dan membangun generasi selanjutnya itulah yang akan memotivasi perusahaan untuk terus bertumbuh dan berkembang.’ Demikianlah keyakinan Ivan Tandyo, founder dari Navanti Group, perusahaan investasi yang berbasis di Melbourne, Australia tersebut. Dari keyakinan ini lahirlah NFoundation, organisasi non-profit dibawah Navanti yang bergerak di bagian pendidikan dan pengembangan anak-anak dari keluarga tidak mampu di daerah Jawa Barat, Indonesia.

Asal muasal NFoundation

Sejak pertama didirikan di tahun 2017 silam, NFoundation telah berhasil membiayai 29 anak-anak dari keluarga tak mampu untuk menempuh pendidikan tingkat tinggi di universitas-universitas di Jakarta dan Surabaya. Selain membiayai biaya kuliah, NFoundation juga memberikan mentorship dan pelatihan (training) secara intensif kepada anak-anak tersebut dengan tujuan untuk mengubah cara berpikir, karakter, dan attitude mereka guna mempersiapkan mereka sebagai pemimpin-pemimpin masa depan.

Mendidik dan membiayai 29 anak-anak hingga ke bangku kuliah tentunya bukan hal yang mudah. Pasalnya, tim NFoundantion harus terus menerus memonitor nilai dan performa anak-anak tersebut di sekolah dan mempertahankan motivasi mereka untuk melanjutkan pendidikan tinggi meski seringkali harus terkendala keadaan finansial keluarga dan lingkungan yang tak kondusif.

Indra Pramana, CEO Navanti Indonesia dan penanggung jawab NFoundation, mengaku bahwa orang tua murid kerap menjadi halangan bagi organisasinya. Tak jarang bagi NFoundation untuk harus meyakinkan para orang tua akan pentingnya pendidikan bagi masa depan anak-anak mereka dan mencegah niat orang tua murid untuk mengeluarkan anak-anak dari bangku pendidikan dikarenakan beban finansial. Kerja keras NFoundation pun tak berakhir sia-sia. Dalam 5 tahun ini, semua anak-anak dalam program mentorship tersebut berhasil menyelesaikan studi kuliah mereka dan mendapatkan pekerjaan selepas kelulusan.

“It’s proven that all graduates of nFoundation managed to get an appropriate job with many different companies in Indonesia. In the last 5 years, we not only managed to give out the impact in terms of monetary value, but we’ve successfully changed their mindset, attitude, and character to become the next future leaders,” ujar Indra.

Salah satu kisah sukses NFoundation adalah Amel Tuka, seorang mantan mahasiswi yang berhasil lulus kuliah dan kini memutuskan untuk kembali ke sekolah dasar di desanya untuk mengajar sebagai guru. Amel bahkan rela digaji 250 ribu rupiah per bulannya dibanding bekerja di tempat lain karena tekadnya untuk kembali dan membangun lingkungan tempat dia berasal.

Undang komunitas bisnis Melbourne dalam proyek pendidikan anak bangsa Indonesia

Dengan suksesnya NFoundation di tanah air, Ivan sempat berencana untuk memperkenalkan NFoundation kepada komunitas bisnis di Melbourne di bulan Agustus 2021 silam. Namun, sayangnya dengan adanya restriksi COVID-19 dan virus Omnicron, rencana ini terus tertunda hingga tahun 2022 kini.

Akhirnya pada tanggal 24 Februari lalu, NFoundation berhasil mengundang para partner bisnis Navanti dalam acara amal (Charity Gala) yang diadakan di 11th Space, di pusat kota Melbourne. Konsul Jenderal Indonesia untuk Victoria dan Tasmania, Kuncoro Waseso juga turut hadir untuk menyapa komunitas bisnis Melbourne malam Kamis itu.

Acara amal ini merupakan pertama kalinya bagi NFoundation untuk menggalang dana secara umum.

“Kita mau memberkati lebih banyak student yang tidak mampu, and we cannot do it alone. But we know that we are ready and it is working. Karena waktu dulu kita did it alone, impact kita udah jelas dan keliatan, student student bener-bener graduate. Sekarang setelah kita membuat perubahan, kita baru bisa memperkenalkan ke public. And sekarang its a good timing that we can show people our story, karena kita mesti accountable dengan money yang kita terima dari public kan?” jelas Ivan ketika ditanya mengenai alasan mengapa NFoundation memutuskan untuk akhirnya melibatkan komunitas bisnis Melbourne setelah sekian lama bergantung dengan dana pribadi perusahaan Navanti. Dirinya berharap dengan bantuan dana yang lebih besar, NFoundation dapat lebih banyak lagi menjangkau anak-anak muda di Indonesia dan menghasilkan generasi-generasi pemimpin yang berdampak seperti Amel Tuka.

Dalam upaya penggalangan dana, acara lelang atas 18 barang dan layanan (goods and services) pun digelar. Benda-benda yang dilelang beragam mulai dari koleksi arloji dari Bell & Ross, perhiasan emas 10K dari Faith Jewels, hingga koleksi whiskey langka seperti Sullivan’s Cove Over 10 Years – La Maison Du Whisky Artist 10th Anniversary. 67.3% ABV. Tak ketinggalan 2 tiket untuk ‘Mercedes-Benz Melbourne ‘Accelerate’ Driving Event’ pun dilelang malam tersebut.

“100% dari yang public kasi ke kita goes to the kids,” tegas Ivan.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Perjuangan Seorang Kartini Batik | Novita Yunus

Pada ajang diskusi Small Talk on Fashion di KJRI Melbourne, Novita Yunus memperkenalkan brand Batik Chic yang ia dirikan sekaligus berbagi pengalaman kepada para hadirin tentang bagaimana ia...

Membina Hubungan Australia-Indonesia Melalui Film dan Ekonomi Kreatif

Forum Diskusi "Membina Hubungan Australia-Indonesia Melalui Film dan Ekonomi Kreatif" Selasa, 23 Agustus 2016, 14:00pm-15:30pm Diselenggarakan dan didukung oleh ACMI X, Australia Indonesia Centre, All in Pixel,...

Raih Kesempatanmu di Digital Startup Indonesia!

Apakah kamu mahasiswa Indonesia di tahun terakhir atau fresh grad? Kemungkinan besar kamu sedang ketar-ketirnya menghadapi dunia kerja selepas bangku kuliah. Beberapa pun mulai kebingungan memikirkan industri...

JALINAN KERJASAMA AIDA DAN KEPOLISIAN VICTORIA

Pertengahan April lalu, AIDA Victoria  untuk pertama kalinya secara resmi mengundang Victoria Police dalam rangka memperkenalkan diri dan sekaligus menyampaikan bahwa AIDA Victoria bukanlah...

INFO UMUM PELAYANAN KEKONSULERAN KJRI MELBOURNE

Seluruh permohonan pelayanan kekonsuleran sebaiknya dilakukan oleh pemohon secara langsung ke Loket Pelayanan Konsuler KJRI Melbourne dengan melengkapi dan menyerahkan seluruh persyaratan yang telah...