NAILA Hybrid Awards Ceremony 2022: Bahasa Indonesia Menyatukan Indonesia-Australia

Mempelajari bahasa yang bukan merupakan bahasa ibu tentu bukan hal yang mudah. Namun jika ditekuni dengan baik dan disertai niat yang kuat maka mempelajari bahasa asing akan menjadi hal yang seru.

NAILA atau National Australia Indonesia Language Awards, ialah sebuah kompetisi tahunan yang memberikan hadiah dan penghargaan bagi orang Australia yang mempelajari Bahasa Indonesia dalam segala level. Memiliki tujuan mempererat hubungan Indonesia-Australia, kompetisi ini selalu diikuti dengan antusias oleh masyarakat Australia.

Tahun ini, NAILA Hybrid Awards Ceremony dilaksanakan pada 2 Desember 2022, bertempat di Sidney Myer Asia Centre dan ditayangkan live pada Zoom Meeting. 4 (empat) VIP Judge pada kompetisi ini ialah Lydia Santoso, Robbie Gaspar, Diletta Legowo dan Tito Ambyo.

Acara dibuka oleh sambutan dari Co-director NAILA, Adeline Tinessia dan Michael Anderson. Dilanjutkan sambutan dari Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Steve Scott melalui Zoom Meeting, juga pemutaran video sambutan Duta Besar Indonesia untuk Australia Dr. Siswo Pramono.

Masuk pada inti acara, yaitu diumumkannya para pemenang dengan beberapa kategori ialah sebagai berikut:

  • Early Primary Awardee : Ava Janiszewski dari Burgmann Anglican School, Canberra
  • Upper Primary Awardee : Sakina Eftekhari dari Aveley Primary School, Perth
  • Middle Awardee : Mia Sutherland dari Loreto Mandeville Hall, Melbourne
  • Senior Awardee : Tom Nethersole dari Goulburn Valley Grammar School, Shepparton
  • Tertiary : Samirah Yip

Language Teaching :

  • Zara Maxwell – Smith
  • Sri Rahasti
  • Mei Turnip
  • Jillian Shoebridge

Studies and Culture :

  • Desak Putu Warti
  • Anne Suryani

Distinguished Service : Virgina Hooker

Executive Awardee : Angus Baranikow

People’s Choice Awardee : Obrolan Tiga Sahabat

Selesai dengan pengumuman para pemenang kategori, acara ditutup dengan penampilan tarian daerah oleh Sanggar Lestari dan menari bersama antara penari dan tamu acara offline.

Diketahui bahwa hubungan Indonesia-Australia sangatlah dekat, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Masyarakat Australia sangat tertarik untuk mempelajari Bahasa Indonesia, karena didalamnya selain mempelajari Bahasa asing juga berarti belajar untuk saling memahami dan mengenal budaya.

Ava Janiszewski
Sakina Eftekhari
Mia Sutherland
Tom Nethersole
Samirah Yip
Zara Maxwell
Sri Rahasti
Mei Turnip
Jillian Shoebridge
Desak Putu Warti
Anne Suryani
Virgina Hooker
Angus Baranikow
Video obrolan tiga sahabat

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Focus Group Discussion: Penerapan Sistem Dwi Kewarganegaraan di Indonesia

Sebagai tindak lanjut penyerapan aspirasi selama masa reses, komisi satu DPR-RI mengadakan Focus Group Discussion (FGD) terkait penerapan Dwi Kewarganegaraan di Indonesia. FGD ini...

Rumah Beralas Rahasia dan Kebohongan

“Buat saya rumah ini hanya mewarisi kenangan buruk!” bentak Randy dengan lantang di tengah rumah yang tak pernah mungkin ia sebut miliknya. Rumah yang berdiri di atas...

Rumah dan Musim Hujan (2012)

Melirik balik pada salah satu Film yang diputar diajang IFF (Indonesian Film Festival) 2021 baru-baru ini, sahabat-sahabat BUSET sempat melakukan penilaiannya terhadap film yang...

KJRI Melbourne Bersama Mahasiswa Adakan Lomba Info Penanganan COVID-19 Di Victoria dan Tasmania

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional sekaligus sebagai upaya kampanye penanggulangan wabah COVID-19, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Melbourne, Australia, merangkap wilayah Victoria dan Tasmania bekerjasama...

CHRISTMAS CAROLING IN THE PARK

CP:Kristin 0439 3900 69Ganda 0405 5770 69Joas 0412 4810 65