Miji Artisan Soap Solusi Terbaik Mengatasi Limbah Rumah Tangga

Persoalan lingkungan dan limbah rumah tangga masih menjadi tantangan untuk bisa didaur ulang dan dimanfaatkan secara optimal. Terutama dalam pengelolaan limbah rumah tangga yang bisa menghasilkan produk yang komersial. Dengan begitu dapat membantu dan menjaga melestarikan lingkungan yang semakin sehat dan hijau kedepannya.

Berbagai permasalahan inilah membuat beberapa anak muda mulai memikirkan dan mencari solusi terbaik untuk membuat produk yang bisa didaur ulang. Salah satunya Dimas dan Pinkan dengan mencoba membuat sabun cuci yang alami dan tidak ada proses kimia. Produk tersebut dikenal sebagai Miji Artisan Soap.

Apa Itu Miji Artisan Soap?

Sebuah produk sabun yang dibuat dengan menggunakan bahan baku dari rumah tangga dan industri rumahan yang berasal dari minyak jelantah dan ampas kopi. Produk ini dikhususkan untuk cuci tangan, alat dapur, dan pakaian. Karena dinilai ampuh dalam membasmi kuman dan menghilangkan noda yang membandel.

Proses pembuatannya pun tidak ada unsur kimiawi dan tidak menggunakan deterjen, sehingga aman untuk penggunaan pada kulit dan beberapa benda rumah lainnya.

Miji Artisan Soap sebagai solusi terbaik dalam menjaga lingkungan tetap sehat dan tidak terkontaminasi oleh minyak goreng bekas, sehingga dapat mengurangi limbah rumah tangga.

Sejarah Berdirinya Miji Artisan Soap

Awal berdirinya Miji artisan sopa sendiri berawal dari permasalahan akibat penggunaan sabun komersial yang membuat kulit gatal, kering, dan kemerahan. Tahun 2018, produk Mijii dibuat dengan berbagai riset dan percobaan. Semuanya dibuat dengan hasil trial and error, sehingga menemukan formula yang tepat dan sesuai.

Pengambilan nama miji sendiri berdasarkan dari nama panggilan orang-orang terdekat Pingkan, bahkan proses pemasaran pertamanya pun dilakukan pada keluarga dan teman. Tujuannya untuk mencoba produk sabun alami dari hasil formulasi yang dibuat. Apalagi dengan penggunaan dari bahan limbah minyak jelantah dan ampas kopi.

Untuk mendapatkan formulasinya sendiri, Miji Artisan Soap belajar secara otodidak dan aktif bergabung dengan berbagai komunitas lingkungan yang memiliki skala lokal dan internasional. Dengan bergabung bersama komunitas itulah membuat semuanya dapat berjalan hingga sekarang, sehingga menghasilkan produk sabun yang natural dan zero waste.

Kenapa Memilih Minyak Jelantah dan Ampas Kopi?

Sesuai dengan moto yang ada “Ubah Limbah Menjadi Produk” melihat persoalan yang paling dekat dan terasa hingga sekarang. Permasalahan tersebut adalah banyaknya limbah minyak jelantah dan ampas kopi yang tidak dimaksimalkan secara optimal. Apalagi untuk menjadi produk sabun dengan bahan alami dan murah.

Berdasarkan dari data yang ada, hampir mencapai 60 persen limbah rumah tangga berupa minyak bekas atau minyak jelantah dapat merusak ekosistem sekitarnya. Dengan begitu membuat dampak lingkungan akan berpengaruh kedepannya. Tidak hanya itu saja, kopi pun demikian yang langsung dibuang dan tidak ternilai.

Melihat permasalahan tersebutlah, Miji Artisan Soap mencoba untuk memberikan pengetahuan dan produk sabun untuk masyarakat. Dengan begitu membuat limbah rumah tangga yang ada dapat dioptimalkan dan menjadi produk yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis, sehingga dapat menghasilkan peluang usaha yang murah dan menguntungkan kedepannya.

Hal menariknya, proses pengumpulan bahan yang dilakukan oleh Miji Artisan Soap pun melibatkan masyarakat secara langsung. Prosesnya dengan mengajak warga sekitar untuk menukarkan minyak jelantah dan ampas kopinya, lalu Miji Artisan Soap akan memberikan 5 potong sabun setiap 1 liter minyak jelantahnya. Untuk kopinya sendiri, pihaknya berkolaborasi dan bekerjasama dengan coffee shop untuk pemanfaatan ampas kopi dan kemasan susu bekas sebagai cetakan untuk sabunnya.

Dengan begitu, prosesnya pun benar-benar membuat produk yang zero waste. Karena semuanya berasal dari bahan daur ulang dan lebih murah.

Produk Miji Artisan Soap

1. Sabun Minyak Jelantah

Produk utama dan unggulan dari Miji Artisan Soap adalah penggunaan minyak jelantah bekas limbah rumah tangga untuk dibuat dan dijadikan sabun cuci. Sabun dari minyak jelantah ini dikenal alami dan tidak ada campuran kimianya. Dengan begitu membuat penggunaannya pun aman untuk beberapa orang, termasuk yang mempunyai kulit sensitif.

2. Sabun Ampas Kopi

Hal berikutnya yang tidak kalah menarik adalah penggunaan ampas kopi yang menjadi bahan dasar pembuatan sabun. Dengan formulasi yang ada, terciptanya produk sabun yang ramah lingkungan dan mempunyai manfaat kesehatan.

3. Lilin Aroma Terapi

Masih dengan menggunakan bahan alami, lilin aroma terapi lahir dari banyak berbagai aktivitas dan kegiatan yang dari rumah. Dengan begitu, membuat beberapa orang harus memiliki ruangan yang nyaman dan tenang. Adanya lilin dari Miji Artisan Soap ini membuat semuanya dapat lebih tenang dalam melakukan berbagai kegiatan dari rumah.

4. Travel shop

Diperuntukkan untuk sabun mandi dengan penggunaan yang sekali pakai, proses ini sebagai bentuk perkenalan perubahaan dari sabun komersial ke sabun bar. Dengan begitu membuat konsumen dapat menyesuaikan dan menggunakannya dengan mudah.

Miji Artisan Soap masih terus mengembangkan berbagai inovasi yang ada, tentunya memulai dari membentuk pasar dan mengajarkan akan pentingnya penggunaan sabun natural. Dengan begitu membuat semuanya dapat diterima dan digunakan secara massal.

Sekarang ini Anda bisa memanfaatkan Miji Artisan Soap dengan membeli secara online atau melakukan pemesan custom, untuk berbagai kebutuhan souvenir perusahaan atau pernikahan.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Penetapan Sistem Perumahan Publik untuk Mengatasi Pasar Perumahan Australia yang Tak Terjangkau

Dengan harga properti yang terus meningkat dan aktifitas investasi asing yang masih disambut baik oleh pemerintah, tak lama lagi Australia perlu menetapkan langkah serius...

Passion – 2017 Buset Story [English Subtitled]

https://www.youtube.com/watch?v=Tnzf8FrQEfUStay tuned for the next episode ;)

Wardah Fashion Journey: Mewarnai Inspirasi Muslimah

Inspiring Beauty, merupakan tagline yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ya, brand kosmetik nasional ternama, Wardah, pertengahan bulan lalu mengadakan brand campaign baru...

Tragedi ’98 Dalam Cerita

Tragedi Mei 1998 tentunya memiliki tempat tersendiri dalam sejarah negara kita tercinta, Indonesia. Ini pula menjadi salah satu lembaran kelam di pojok hati dan...

Antara Seni dan Politik, Seniman Asia Tenggara Bersatu

 Festival Asia-Pacific Triennial of Performing Arts (Asia TOPA) saat ini tengah berlangsung di kota Melbourne. Festival yang baru pertama kali diadakan ini menawarkan beragam...