Talenta dalam menulis lagu, melukis karakter dan mendesain interior rumah seringkali berawal dari sebuah hobi. Tanpa disangka, hobi pun perlahan mengembangkan talenta dan akhirnya timbul keinginan untuk menggunakan talenta yang dimiliki sebagai sumber pendapatan.

Talenta membuat pekerjaan yang dilakukan mudah dan kecintaan akan pekerjaan membuat seseorang betah dan sanggup bekerja lama di bidangnya. Namun, sebagai seorang seniman, karya seseorang tentu banyak menganut inspirasi dan observasi. Keindahan hasil karya pun tergolong subjektif, dan setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing mengenai sebuah karya yang sama. Di Indonesia sendiri, wadah untuk mengembangkan bakat seni seringkali dimulai dari diri sendiri. Kurikulum sekolah dasar hingga menengah atas mencakup seni budaya namun tidak banyak berfokus ke dalam industri seni. Hal ini pun menyebabkan banyaknya anak-anak yang menganggap seni sebagai sebuah hobi belaka.

Bagi Collarts (College of the Arts), seni bukanlah semata-mata sebuah hobi. Collarts memberikan peluang bagi mahasiswa-mahasiswi internasional untuk mendalami talenta mereka dengan memberikan bermacam pilihan studi yang mencakup jurnalisme, desain, musik, animasi, dan stand up comedy. Bagi Anda yang ingin mendalami bidang-bidang tertentu dari sebuah industri, pelajaran turut terbagi menjadi beberapa pendalaman khusus seperti music production, music performance, screen and media, entertainment journalism, dan entertainment management. Bagi Anda yang ingin mendalami dua studi berbeda, Anda juga dapat memilih program studi double degree yang akan mengajarkan pengetahuan teknik dan manajemen bisnis. Keunikan program yang ditawarkan oleh Collarts inilah yang membuat institusi ini populer di kalangan masyarakat lokal dan pelajar internasional.

Selain itu, Collarts juga memiliki studio rekaman, pentas, dan lab computer sendiri. Murid-murid bebas menggunakan fasilitas yang disediakan untuk menyelesaikan tugas mereka atau untuk merekam dan mendesain mahakarya mereka selanjutnya. Semua fasilitas ini terbagi di antara keempat kampusnya dan setiap kampus memfokuskan sarananya untuk mengakomodasi studi-studi yang spesifik. Oleh karena itu, Anda tidak perlu cemas jikalau Anda tidak sempat mem-booking studio. Masih banyak studio lain yang tersedia di sekitar kampus Anda.

Collarts juga bekerja sama dengan festival-festival lokal dan memberikan kesempatan bagi siswa-siswi untuk turut terlibat dalam penyelenggaraan dan perencanaan acara-acara tersebut. Salah satu kolaborasi terkemuka yang melibatkan pihak Collarts dan Denfair Festival Melbourne. Siswa-siswi akan ikut terlibat dalam proyek-proyek perencanaan dan praktik festival dimana mereka dapat mempelajari teknik-teknik dan manajemen festival dan desain.

Selain itu, murid-murid juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk mencoba desain uniknya sendiri seperti rumah hijau festival atau interior design bertemakan galeri lukisan. Pada akhirnya, festival ini juga menjadi kesempatan bagi murid untuk menilai minat masyarakat akan sebuah konsep baru.

Collarts juga turut menghadirkan seniman dan desainer terkemuka untuk datang dan membagikan pengalaman mereka kepada murid-murid. Seminar khusus dan sesi networking terbuka turut menjadi bagian penting dari pendidikan murid-murid seraya memberikan kesempatan bagi mereka untuk bertemu dan belajar dari pakar industri. Siswa-siswi yang beruntung mungkin dapat bertemu dengan seorang anggota industri yang dapat memperkenalkannya kepada sesiapa yang tengah mencari anggota untuk bergabung dengan perusahaannya.

***

Collarts merupakan institusi terdepan dalam bidang seni, musik, dan animasi. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang kurikulum atau studi yang ditawarkan oleh Collarts, silahkan mengunjungi website mereka di https://www.collarts.edu.au/ atau menghubungi Masiratna Study abroad melalui nomor telepon 0422 988 806 atau email Edward.Tanoto@msaedu.com.au(Di samping artikel mohon dimasukkan juga testimonial di bawah oleh murid kita yang telah diwawancarai mengenai Collarts)

***

Testimonial Christian Samuel Riyadi
Mahasiswa Collarts studi Diploma of Music Performance

“Salah satu hal yang menarik dari Collarts termasuk guru-gurunya. Mereka bukan semata-mata guru yang mempelajari musik dan teori seni tetapi merupakan pakar-pakar terkemuka di bidangnya masing-masing. Setiap sesi belajar pun menjadi menarik karena kritikan dan feedback yang diberikan sangat praktikal dan berguna. Kita dilatih untuk menjadi seorang musisi yang realis dan mapan, tidak terpaku dengan teori belaka. Menariknya juga, kerjasama Collarts dengan festival Denfair Melbourne melibatkan siswa-siswi dari berbagai teladan berbeda. Murid musik berkesempatan naik panggung dan membawakan lagu-lagu mereka, siswa-siswi desain dapat mencoba konsep-konsep baru dengan mendekorasi tenda dan ruangan dekor khusus di festival dan pelajar standup comedy juga diberikan waktu untuk tampil di pentas dan mengundang tawa dari penonton. Meskipun saya sendiri tdak berkesempatan untuk menghadiri festival tahun ini, saya sangat ingin mencobanya di tahun depan. Dalam hal lingkungan belajar, Collarts sungguh mendukung kreativitas dan expresi seni murid-muridnya.”

e: edward.tanoto@msaedu.com.au
t: 03 9017 6789
a: Suite 708/125 Swanston St Melbourne VIC 3000