Sebagian besar usaha kecil mengalami masalah arus kas dari waktu ke waktu dan sangat membutuhkan sistem modal yang efisien. Banyak pemilik bisnis segera mencari jalur pintas melalui bank atau pinjaman ketika mereka kekurangan uang. Tetapi ada sumber daya lain yang dapat Anda manfaatkan sebelum Anda meminta pinjaman yang mahal atau memperpanjang masa pinjaman Anda. Uang yang Anda butuhkan mungkin sudah ada di sana — terkunci dalam inventaris, aset, atau buku debitor Anda.

Anda sering dapat membebaskan dana dari dalam bisnis Anda dengan memeriksa kembali sistem bisnis Anda, dan dana ini mungkin cukup untuk kebutuhan mendesak Anda.

Manajemen yang Baik

Sekalipun dana yang Anda totalkan dari keseluruhan bisnis Anda tidak mencukupi, namun terdapat manfaat lain yakni upaya yang Anda lakukan untuk mencarinya membantu memastikan bahwa Anda menjalankan bisnis Anda secara efisien.

Untuk membebaskan dana dari dalam bisnis Anda, perhatikan dengan cermat:

  • asset
  • pelanggan
  • pemasok

Asset

Aset Anda yang termasuk debitur, stok, biaya yang dibayar di muka, kendaraan, pabrik dan peralatan, perlengkapan dan properti. Masing-masing bisa menjadi sumber dana yang memungkinkan.

Debitur

Apakah Anda membiarkan beberapa pelanggan menggunakan uang Anda secara gratis selama berbulan-bulan?

Inilah cara Anda mengatasi masalah:

  • Dapatkan faktur dengan segera.
  • Kirim faktur dengan barang atau segera setelah layanan selesai.
  • Ubah persyaratan untuk beberapa pelanggan Anda, atau untuk pelanggan baru.
  • Tindak lanjuti dengan cepat ketika faktur tidak dibayar berdasarkan tanggal jatuh tempo.
  • Pantau hari pengumpulan debitur Anda dan tetapkan target peningkatan setiap kuartal.

Pertimbangkan anjak piutang. Ini berarti menjual faktur Anda kepada perusahaan keuangan.

Pertimbangkan untuk menawarkan diskon untuk pembayaran cepat atau dimuka. Jika Anda akan membayar biaya untuk anjak piutang, mengapa tidak mencoba menawarkan diskon kepada pelanggan Anda saja?

Inventaris

Apakah Anda memiliki modal berlebihan yang terikat dalam persediaan? Ini dapat terjadi dalam dua cara:

  • membawa barang tingkat tinggi yang dapat Anda peroleh dari pemasok dalam waktu singkat.
  • memiliki terlalu banyak jenis atau barang yang bergerak lambat (dan terlalu sedikit jenis atau barang yang bergerak cepat).

Penjualan Cepat?

Tinjau secara teratur tingkat stok Anda, tingkat perputaran stok Anda dan kebijakan pembelian Anda. Bisakah Anda membebaskan uang dengan mengurangi stok? Bagaimana dengan keluar dari jalur yang lebih lambat atau memiliki penjualan cepat untuk mengumpulkan modal? Mungkin cara ini dapat menghemat waktu dan tenaga Anda  untuk mengurangi beberapa barang dengan jumlah yang cukup banyak untuk mendapatkan uang dengan cepat.

Biaya dibayar di muka

Ini adalah area lain yang bisa Anda lihat. Biaya pra-bayar ini seringkali terkait dengan layanan. Misalnya, Anda dapat membayar tagihan asuransi untuk tahun yang sama dalam satu pukulan, tetapi Anda dapat juga dapat mengatur untuk membayar jumlah bulanan dengan jumlah yang kecil.

Pelanggan

Jangan lupa pelanggan Anda dapat menjadi sumber dana bisnis.

Jika Anda memulai bisnis baru, pertimbangkan untuk membangunnya hanya berdasarkan pembayaran dengan tunai untuk menyimpan dana di dalam bisnis Anda daripada terjebak dalam sistem piutang.

Minta progress pembayaran

Jika Anda memasok barang selama periode waktu tertentu, atau jika Anda dalam bisnis jasa, tanyakan apakah Anda dapat menagih untuk pembayaran kedepannya. Ini adalah metode yang cukup umum untuk memastikan Anda mendapatkan arus kas selama proyek alih-alih menunggu hingga akhir proyek atau periode pengiriman untuk faktur — dan kemudian masih menunggu setidaknya 30 hari untuk pembayaran.

Pemasok

Akhirnya, pertimbangkan pemasok Anda sebagai sumber dana yang memungkinkan. Mintalah ketentuan pembayaran yang dapat diperpanjang untuk memberikan  Anda kesempatan untuk menjual barang terlebih dahulu sebelum Anda harus membayar.

Manfaatkan diskon

Bayar akun atau pemasok yang memberikan diskon tepat waktu. Ini mudah. Jika ada pemasok yang menawarkan diskon untuk pembayaran awal, maka ambillah (dan tidak ada salahnya meminta diskon).

Virda Ersan
SEA Accountants
m: 0434 378 718

The materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.