Memperbaiki Arus Kas

0
459

Artikel kali ini akan membahas beberapa tips bagi para pemilik usaha kecil, bagaimana cara memperbaiki arus kas mereka. Karena mempertahankan arus kas positif bisa menjadi tantangan bagi usaha kecil, baik untuk mereka yang baru memulai ataupun mereka yang telah menjalankan bisnis selama bertahun-tahun.

Kesulitan yang paling sering terjadi yaitu menunggu klien membayar faktur mereka. Walaupun hanya terdapat satu atau dua klien yang selalu terlambat membayar ataupun sangat sulit untuk ditagih, niscaya cukup menghabiskan waktu berharga dan juga uang Anda apabila diharuskan untuk mengejar klien tersebut secara terus menerus.

Begitu pula jika klien terbesar Anda telat satu bulan untuk melakukan pembayaran, maka akan sangat mempengaruhi arus kas bisnis. Lalu bagaimanakah cara memperbaiki arus kas untuk bisnis Anda?

Tips berikut ini mungkin dapat membantu Anda untuk mendapatkan pembayaran yang lebih cepat, sehingga Anda bisa terhindar dari krisis arus kas yang berbahaya.

 

Mengatur Jadwal Tagihan

Sebaiknya pemilik bisnis melakukan pembagian jadwal penagihan secara merata, sebagian pada awal bulan, pertengahan bulan dan sisanya pada akhir bulan, sehingga dapat memfasilitasi arus kas terus berjalan. Jangan hanya melakukan penagihan hanya pada tanggal tertentu, misalnya hanya pada akhir bulan.

 

Menagih Secara Cepat dan Akurat

Apabila hari untuk penagihan telah tiba, maka segera mungkin kirimkan faktur Anda kepada klien. Apabila Anda memilih untuk melakukan penagihan secara otomatis dengan system online accounting, maka hal ini sangat membantu Anda secara efektif, efisien dan akurat, sehingga menghemat waktu yang biasanya Anda gunakan untuk melakukan penagihan secara manual.

Hanya saja yang perlu diperhatikan yaitu sebelum mengirim faktur kepada klien, maka harus dipastikan telah ditujukan ke kontak yang benar.

 

Tetapkan Jangka WaktuPastikan pada setiap faktur telah tertera dengan jelas kapan tanggal jatuh tempo. Sebagai contoh: “Pembayaran jatuh tempo dalam 30 hari”.

Sebaiknya pada saat Anda mulai bekerja sama dengan klien, maka Anda perlu menjelaskan persyaratan pembayaran secara tertulis, termasuk denda atas keterlambatan pembayaran atau tidak dilakukannya pembayaran. Selain itu, sebaiknya ringkaskan persyaratan tersebut pada setiap faktur yang Anda kirimkan.

 

Tetapkan Kebijakan Pembayaran

Anda bisa juga memilih untuk memberi hadiah kepada klien yang membayar lebih awal dengan diskon ataupun penghargaan kecil sebagai insentif, selain itu juga penerapan denda apabila pembayaraan dilakukan terlambat.

Sebagai contoh Anda bisa menerapan kebijakan potongan 5% atas faktur yang dibayarkan dalam waktu seminggu, ataupun denda sebesar 2% setiap minggunya apabila faktur telah jatuh tempo.

 

Follow up

Pastikan klien telah menerima dan mengetahui faktur yang Anda kirimkan. Apabila jangka waktu pembayaran telah lewat, maka sebaiknya kirimkan ulang faktur tersebut dengan cara peringatan yang ramah.

 

Bersedia Untuk Bernegosiasi

Terkadang klien bermaksud membayar tapi mereka membutuhkan sedikit waktu untuk menghasilkan uang. Ada baiknya Anda melakukan negosiasi dan menawarkan rencana pembayaran dengan angsuran/cicilan, karena lebih baik menerima sedikit pembayaran daripada tidak sama sekali.

 

Tips Akhir

Walaupun memiliki klien yang susah ditagih ataupun tidak mau melakukan pembayaran, namun rasanya jarang ada pemilik usaha kecil yang ingin menempuh jalur hukum. Apabila Anda merupakan salah satu dari mereka dan tidak ada pilihan lain, maka jalan yang dapat ditempuh adalah mengklaim piutang yang tak tertagih tersebut sebagai pengurang (deduction) bisnis.

Selain itu juga salah satu cara terbaik untuk mendorong klien membayar tepat waktu adalah menjaga hubungan persahabatan. Anda juga dapat menambahkan catatan dengan tulisan tangan Anda ke faktur klien, mengingat ulang tahun klien, dan pastikan untuk berterima kasih kepada mereka atas hubungan bisnis yang ada.

Fakta sederhana yang terjadi adalah ketika klien merasakan adanya hubungan yang baik dengan orang di balik bisnis yang melayani mereka, maka mereka akan lebih cenderung untuk membayar faktur mereka dengan cepat.

 

 

 

Virda Ersan
SEA Accountants
m: 0434 378 718

Sumber: Australian Taxation Office

The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.