Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional sekaligus sebagai upaya kampanye penanggulangan wabah COVID-19, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Melbourne, Australia, merangkap wilayah Victoria dan Tasmania bekerjasama dengan Persatuan Pelajar Indonesia – Australia (PPIA) di Victoria dan Tasmania mengajak mahasiswa dan masyarakat umum untuk berperan aktif dalam menyebarkan info penangan COVID-19 melalui 2 jenis lomba, yakni lomba pembuatan Video untuk wilayah Victoria dan lomba pembuatan infografis untuk wilayah Tasmania. Kegiatan ini juga didukung oleh majalah Indonesia di Victoria yaitu Majalah Buset dan Majalah Ozip.

Penyelenggaraan lomba ini merupakan salah satu langkah inovatif dalam merespon keluhan yang dihadapi oleh Pelajar/ Mahasiswa yang mengalami kesepian dan kesulitan konsentrasi belajar akibat kebijakan Stage 3 Restriction yang berlaku di Australia.

Pelaksanaan lomba dimaksud berlangsung selama 12 hari (14 April – 1 Mey 2020) dan pemenang diumumkan pada Hari Pendidikan Nasional yakni 2 Mei 2020 melalui akun sosial media KJRI (Instagram @kjrimelbourne), PPIA Vic dan PPIA Tas serta Majalah Buset dan Majalah Ozip. Hadiah bagi para pemenang berupa uang pembinaan yang bersumber dari anggaran KJRI Melbourne.

Lomba ini menggunakan Bahasa Indonesia serta berisi hal-hal dan himbauan terkait COVID-19 yang berlaku di Indonesia dan Australia, dengan tagar #stayathome dan #dirumahaja. Terdapat 8 peserta untuk lomba pembuatan video dan 14 peserta untuk lomba pembuatan infografis. Kategori pemenang untuk lomba Video adalah juara I, II dan III, sedangkan untuk lomba Infografis adalah juara I dan II.

Kegiatan lomba tersebut mendapat respon positif dari kalangan Pelajar/ Mahasiswa Indonesia. KJRI Melbourne mengapresiasi kerja sama dengan PPIA Victoria dan PPIA Tasmania dalam menyelenggarakan kegiatan lomba dimaksud serta mendukung kegiatan-kegiatan positif serupa yang bertujuan untuk  mendukung aktfitas terkait himbauan COVID-19.

Dalam masa kiris pandemi global saat ini, KJRI Melbourne terus berupaya menjangkau seluruh mahasiswa Indonesia melalui jalur komunikasi yang tersedia dan koordinasi dengan para pimpinan organisasi Pelajar/ Mahasiswa untuk mengetahui kondisi para mahasiswa dan mengembangkan upaya-upaya positif yang dapat dilakukan bersama dalam menyikapi perkembangan situasi pandemi COVID-19.

***

WINNER ANNOUNCEMENT

JUARA 1
JUARA 2
JUARA 3

Melbourne, 4 Mei 2020
KJRI Melbourne