Lindungi diri Anda ketika memesan liburan, saran pemerintah Australia

Sebuah kampanye baru dari lembaga perlindungan konsumen Australia mengingatkan wisatawan akan langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk melindungi perjalanan dan pemesanan liburan mereka.

Direktur Urusan Konsumen (Consumer Affairs) Victoria Dr Claire Noone mengatakan bahwa meningkatnya persaingan dan pertumbuhan pemesanan online telah mengubah cara orang dalam merencanakan dan membeli perjalanan mereka. “Bagi sebagian orang, memesan paket liburan mungkin menjadi proses yang cepat dan sederhana, namun ada pula yang meluangkan banyak waktu dan usaha dalam merencanakan perjalanan mereka.”

“Kita tahu bahwa orang Australia senang bepergian, dan banyak yang kembali ke negara asal mereka untuk mengunjungi keluarga dan teman,” kata Dr Noone.

Statistik menunjukkan bahwa orang Australia melakukan sembilan juta perjalanan ke luar negeri pada tahun lalu.

“Sangat mudah untuk menjadi terlalu bersemangat tentang liburan dan melupakan tindakan pencegahan sederhana yang seharusnya Anda lakukan untuk melindungi pembelian Anda.”

Dr Noone mengatakan bahwa selain perlindungan yang dimiliki semua konsumen di bawah Hukum Konsumen Australia (Australian Consumer Law), ada beberapa langkah dasar yang dapat dilakukan untuk melindungi pembelian mereka.

“Reputasi dan layanan pelanggan adalah cara yang sangat sederhana untuk memastikan liburan Anda akan berjalan dengan menyenangkan,” kata Dr Noone.

“Lihatlah bagian ulasan, dan mintalah rekomendasi dari keluarga, teman dan orang lain di komunitas Anda. Jika Anda memesan di agen perjalanan, pastikan mereka terakreditasi. Setiap pemesanan Anda, baik secara langsung atau online, harus menyatakan dengan jelas kebijakan mengenai pengembalian dana dan keluhan.”

Konsumen juga dapat melindungi diri sendiri dengan memilih cara membayar biaya perjalanan.

“Kartu kredit mungkin merupakan cara yang lebih mahal untuk membayar pembelian, tetapi cara ini menawarkan perlindungan karena konsumen dapat meminta pengembalian uang dari bank mereka jika setelah memesan mereka tidak mendapatkan apa yang dibayarkan.”

Konsumen dapat meminta bank mereka untuk mengembalikan uang pembayaran jika pembelian itu dilakukan dengan kartu kredit atau dengan memilih cara ‘kredit’ pada kartu debit Mastercard atau Visa, namun tidak bisa jika mereka membayar dengan cara ‘cek’ atau ‘tabungan’ melalui kartu debit, tunai, cek, transfer uang, debit langsung atau BPAY.

Wisatawan sangat dianjurkan untuk mengambil asuransi perjalanan yang komprehensif saat bepergian, dan memeriksa apa saja keadaan dan kegiatan yang tidak tercakup oleh polis asuransi ini.

Untuk mengetahui tip dan informasi lebih lanjut tentang cara memesan yang aman untuk liburan Anda berikutnya, kunjungilah www.packsomepeaceofmind.gov.au

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Indonesia – Australia Resmi Sahkan Perjanjian Dagang Bebas | IA CEPA

DPR Indonesia telah mengesahkan RUU Pengesahan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia- Australia (Indonesia-Australia Comprehensif Economic Partnership Agreement/ IA-CEPA). Pengesahan ini mengikuti kunjungan Presiden Joko Widodo ke Negeri...

World Autism Awareness Day 2016

Autism adalah kondisi perkembangan seumur hidup yang mempengaruhi seseorang dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Setiap orang memiliki tingkat atau ‘spektrum’ yang berbeda dalam...

Panduan Agar Wawancara Kerja Anda Berhasil

Dalam proses pencarian kerja di sebuah perusahaan ada satu proses yang pasti akan Anda lalui, yakni proses interview. Dalam artikel kali ini saya akan berbagi...

Kesenian di Panggung Melbourne Singgung Isu Gender | MSO x Didik Nini Thowok

Dari sendu hingga dramatis suara instrumen gesek yang dimainkan oleh Melbourne Symphony Orchestra (MSO) hari Selasa, 8 Oktober 2019 bermain di telinga pendengar di Auditorium Iwaki, gedung...

BERINVESTASI DI AUSTRALIA

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa informasi yang mungkin berguna untuk Anda yang merupakan penduduk sementara ataupun bukan penduduk Australia namun ingin...