Lindungi diri Anda ketika memesan liburan, saran pemerintah Australia

Sebuah kampanye baru dari lembaga perlindungan konsumen Australia mengingatkan wisatawan akan langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk melindungi perjalanan dan pemesanan liburan mereka.

Direktur Urusan Konsumen (Consumer Affairs) Victoria Dr Claire Noone mengatakan bahwa meningkatnya persaingan dan pertumbuhan pemesanan online telah mengubah cara orang dalam merencanakan dan membeli perjalanan mereka. “Bagi sebagian orang, memesan paket liburan mungkin menjadi proses yang cepat dan sederhana, namun ada pula yang meluangkan banyak waktu dan usaha dalam merencanakan perjalanan mereka.”

“Kita tahu bahwa orang Australia senang bepergian, dan banyak yang kembali ke negara asal mereka untuk mengunjungi keluarga dan teman,” kata Dr Noone.

Statistik menunjukkan bahwa orang Australia melakukan sembilan juta perjalanan ke luar negeri pada tahun lalu.

“Sangat mudah untuk menjadi terlalu bersemangat tentang liburan dan melupakan tindakan pencegahan sederhana yang seharusnya Anda lakukan untuk melindungi pembelian Anda.”

Dr Noone mengatakan bahwa selain perlindungan yang dimiliki semua konsumen di bawah Hukum Konsumen Australia (Australian Consumer Law), ada beberapa langkah dasar yang dapat dilakukan untuk melindungi pembelian mereka.

“Reputasi dan layanan pelanggan adalah cara yang sangat sederhana untuk memastikan liburan Anda akan berjalan dengan menyenangkan,” kata Dr Noone.

“Lihatlah bagian ulasan, dan mintalah rekomendasi dari keluarga, teman dan orang lain di komunitas Anda. Jika Anda memesan di agen perjalanan, pastikan mereka terakreditasi. Setiap pemesanan Anda, baik secara langsung atau online, harus menyatakan dengan jelas kebijakan mengenai pengembalian dana dan keluhan.”

Konsumen juga dapat melindungi diri sendiri dengan memilih cara membayar biaya perjalanan.

“Kartu kredit mungkin merupakan cara yang lebih mahal untuk membayar pembelian, tetapi cara ini menawarkan perlindungan karena konsumen dapat meminta pengembalian uang dari bank mereka jika setelah memesan mereka tidak mendapatkan apa yang dibayarkan.”

Konsumen dapat meminta bank mereka untuk mengembalikan uang pembayaran jika pembelian itu dilakukan dengan kartu kredit atau dengan memilih cara ‘kredit’ pada kartu debit Mastercard atau Visa, namun tidak bisa jika mereka membayar dengan cara ‘cek’ atau ‘tabungan’ melalui kartu debit, tunai, cek, transfer uang, debit langsung atau BPAY.

Wisatawan sangat dianjurkan untuk mengambil asuransi perjalanan yang komprehensif saat bepergian, dan memeriksa apa saja keadaan dan kegiatan yang tidak tercakup oleh polis asuransi ini.

Untuk mengetahui tip dan informasi lebih lanjut tentang cara memesan yang aman untuk liburan Anda berikutnya, kunjungilah www.packsomepeaceofmind.gov.au

Discover

Sponsor

Latest

Diskusi Town Hall Aspirasi Diaspora

Baru-baru ini anggota Komisi I DPR RI, Fraksi Golkar, Dapil DKI Jakarta II, Christina Aryani, menyapa konstituennya di Australia dalam sesi...

Suhana Lim Bicara Soal Cinta dan Keluarga

Suhana Lim, seorang ahli Feng Shui kelahiran Jakarta yang pindah ke Australia pada tahun 1997 memberikan seminar bertajuk 'Cinta dan Keluarga' di Vihara Padumuttara...

Night Market 2018: Neon Night

Acara terbesar University of Melbourne yang dikelola oleh kalangan mahasiswa hadir kembali tahun ini dengan mengusung tema Neon Night. Festival ini hanya akan diselenggarakan satu...

RANDY: SUKSES DARI NETWORKING

Sekali dipandang, sosok pemuda 30 tahun ini mengandung banyak cerita. Bagaimana tidak, namanya telah dikenal luas di kalangan anak muda Indonesia di wilayah Melbourne,...

Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu Legislatif Melbourne

Perhitungan hasil pemilihan suara dilakukan dua kali, yaitu pada tanggal 9 dan 15 April bertempat yang sama. Suasana perhitungan suara berlangsung cukup ramai dan...