LEAP SECOND: 1 Detik Penuh Dampak

Satu detik tepat setelah 30 Juni 23:59:59 UTC, jam digital pada komputer akan menujukan angka yang aneh yaitu 23:59:60 atau bahkan mengulang detik ke 59 sekali lagi. Hal ini bisa terjadi karena adanya Leap Second yang ditambahkan oleh International Earth Rotation and Reference System Service (IERS) pada Coordinated Universal Time (UTC) yang merupakan standar waktu internasional kita.

Menurut waktu di Melbourne, Leap Second akan terjadi pada Rabu, 1 Juli pada pukul 9:59 AM. Ini merupakan penambahan Leap Second yang ke-26 semenjak tahun 1972.

 

Mengapa perlu ada Leap Second?

Berbeda dengan standar Greenwich Mean Time (GMT) yang mendasarkan perhitungannya pada rata-rata waktu surya, UTC berpacu pada International Atomic Time. Saat ini GMT hanya dipakai sebagai waktu universal astronomikal karena UTC dinilai lebih akurat.

Walaupun begitu, International Atomic Time memiliki kekurangan karena tidak dapat mengikuti waktu yang berubah karena rotasi Bumi kadang dapat melambat atau semakin cepat. Sedangkan pada GMT, walau tidaklah akurat karena menggunakan nilai rata-rata, perhitungan waktu GMT sepadan dengan perputaran Bumi.

Adanya perlambatan perputaran Bumi beberapa tahun belakangan membuat Leap Second perlu ditambahkan dalam waktu UTC. Penambahan ini hanya berjumlah satu detik saja.

 

Apa pengaruh Leap Second pada kehidupan kita?

Penambahan Leap Second dapat membawa dampak pada sistem komputer dan membuat CPU kita overload. Hal ini pernah merugikan banyak perusahaan seperti Reddit dan Yelp yang tidak siap dengan penambahan waktu yang ada sehingga situs mereka mengalami gangguan.

Di tahun 2012 pun terdapat 400 penundaan pesawat Qantas di Australia oleh karena penambahan waktu ini. Tak hanya itu, untuk menangani Leap Second, perusahaan google telah menambahkan beberapa millisecond tiap tahunnya dengan sistem yang disebut dengan smear second.

Leap Second rupanya juga dapat mengganggu sistem GPS yang sering digunakan untuk bernavigasi.

Oleh karena dampaknya yang merugikan, The International Telecommunications Union akan mendiskusikan penghilangan sistem Leap Second untuk masa mendatang yang disinyalir akan terjadi di bulan November nanti.

Sementara itu, bagi para pengguna sistem komputer online maupun offline, disarankan untuk mematikan komputer selama beberapa jam saat Leap Second ditambahkan untuk mengurangi resiko kerusakan.

 

Kapan lagikah Leap Second akan ditambahkan?

Oleh karena perputaran rotasi Bumi yang tidak menentu, pelaksanaan penambahan atau pengurangan waktu Leap Second juga tidak dapat diprediksi dari jauh-jauh hari. Biasanya Leap Second akan ditentukan 6 bulan sebelum pelaksanaannya. Salah satu cara untuk mengetahui Leap Second adalah dengan mengikuti berita di situs IERS, timeanddate.com dan situs lainnya yang menyediakan informasi tersebut.

 

 

gaby

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Masak-masak Pakai Irama Dangdut

Lagi-lagi AIYA Victoria Chapter (Australia-Indonesia Youth Association) sukses menggelar salah satu acara mereka yaitu, “Masak-masak dan Dangdut Karaoke.” Tahun ini adalah tahun kedua AIYA...

REUNI ALUMNI KANGGURU | Gig on The Green 2019

Kedutaan Besar Australia di Jakarta kembali mengadakan perayaan tahunan Gig on the Green 2019 yang ditujukan untuk menyambut lulusan Australia yang baru kembali ke Tanah Air...

The AIAV Jogjakarta High School Indonesian Immersion Program 2020 | Dewa Ruci Saga

A true Javanese should know about Wayang and the stories of wayang. One of the wayang stories laden with spiritual values ​​and Javanese philosophy is Dewa...

Menggaet Klien Tetap Demi Penghasilan yang Stabil

Dalam dunia freelance, stabilitas seringkali jadi barang mahal. Tidak seperti pekerjaan tetap (full-time job) yang menawarkan penghasilan rutin (fixed income) tiap bulannya, pemasukan para...

PEPPER LUNCH HADIR DI GLENFERRIE!

Dihadiri pihak manajemen Pepper Lunch Australia dan Jepang akhir April lalu, Pepper Lunch Glenferrie yang sudah ditunggu-tunggu kehadirannya resmi dibuka. Cabang restoran ini merupakan...