LEAP SECOND: 1 Detik Penuh Dampak

Satu detik tepat setelah 30 Juni 23:59:59 UTC, jam digital pada komputer akan menujukan angka yang aneh yaitu 23:59:60 atau bahkan mengulang detik ke 59 sekali lagi. Hal ini bisa terjadi karena adanya Leap Second yang ditambahkan oleh International Earth Rotation and Reference System Service (IERS) pada Coordinated Universal Time (UTC) yang merupakan standar waktu internasional kita.

Menurut waktu di Melbourne, Leap Second akan terjadi pada Rabu, 1 Juli pada pukul 9:59 AM. Ini merupakan penambahan Leap Second yang ke-26 semenjak tahun 1972.

 

Mengapa perlu ada Leap Second?

Berbeda dengan standar Greenwich Mean Time (GMT) yang mendasarkan perhitungannya pada rata-rata waktu surya, UTC berpacu pada International Atomic Time. Saat ini GMT hanya dipakai sebagai waktu universal astronomikal karena UTC dinilai lebih akurat.

Walaupun begitu, International Atomic Time memiliki kekurangan karena tidak dapat mengikuti waktu yang berubah karena rotasi Bumi kadang dapat melambat atau semakin cepat. Sedangkan pada GMT, walau tidaklah akurat karena menggunakan nilai rata-rata, perhitungan waktu GMT sepadan dengan perputaran Bumi.

Adanya perlambatan perputaran Bumi beberapa tahun belakangan membuat Leap Second perlu ditambahkan dalam waktu UTC. Penambahan ini hanya berjumlah satu detik saja.

 

Apa pengaruh Leap Second pada kehidupan kita?

Penambahan Leap Second dapat membawa dampak pada sistem komputer dan membuat CPU kita overload. Hal ini pernah merugikan banyak perusahaan seperti Reddit dan Yelp yang tidak siap dengan penambahan waktu yang ada sehingga situs mereka mengalami gangguan.

Di tahun 2012 pun terdapat 400 penundaan pesawat Qantas di Australia oleh karena penambahan waktu ini. Tak hanya itu, untuk menangani Leap Second, perusahaan google telah menambahkan beberapa millisecond tiap tahunnya dengan sistem yang disebut dengan smear second.

Leap Second rupanya juga dapat mengganggu sistem GPS yang sering digunakan untuk bernavigasi.

Oleh karena dampaknya yang merugikan, The International Telecommunications Union akan mendiskusikan penghilangan sistem Leap Second untuk masa mendatang yang disinyalir akan terjadi di bulan November nanti.

Sementara itu, bagi para pengguna sistem komputer online maupun offline, disarankan untuk mematikan komputer selama beberapa jam saat Leap Second ditambahkan untuk mengurangi resiko kerusakan.

 

Kapan lagikah Leap Second akan ditambahkan?

Oleh karena perputaran rotasi Bumi yang tidak menentu, pelaksanaan penambahan atau pengurangan waktu Leap Second juga tidak dapat diprediksi dari jauh-jauh hari. Biasanya Leap Second akan ditentukan 6 bulan sebelum pelaksanaannya. Salah satu cara untuk mengetahui Leap Second adalah dengan mengikuti berita di situs IERS, timeanddate.com dan situs lainnya yang menyediakan informasi tersebut.

 

 

gaby

Discover

Sponsor

Latest

BERANI BERSAING DENGAN KEJUJURAN DAN TEKAD

Alvin Hermanto, Pendiri Relab Studios Banyak orang di dunia yang mempunyai mimpi sejak mereka duduk di bangku sekolah namun saat beranjak dewasa berganti haluan, dan...

MEMPELAJARI ARTI CINTA

PDKKI (Persekutuan Doa Keluarga Katolik Indonesia) Melbourne kembali mengadakan acara Malam Penyegaran Rohani. Tahun ini, acara anual yang memiliki singkatan MPR tersebut mengambil tema...

IRAMA TIFA PENAMBAH SEMANGAT

Pada suatu sore, jauh di sebuah komplek perumahan di Jayapura - Papua, sayup - sayup terdengar suara nyanyian orang. Ya, sebuah nyanyian khas Papua,...

RANDY: SUKSES DARI NETWORKING

Sekali dipandang, sosok pemuda 30 tahun ini mengandung banyak cerita. Bagaimana tidak, namanya telah dikenal luas di kalangan anak muda Indonesia di wilayah Melbourne,...

Berawal dari Sebuah Kesulitan | House of Emaan

Jika membahas tentang dunia fesyen yang terus berkembang saat ini, memang tidak akan ada habisnya. Apalagi fesyen untuk para Muslimah yang sekarang sudah masuk...