Tanya:

Selamat pagi, Pak Lim, bertanya dong. Apakah yang disebut Prospect Star? Terimakasih sebelumnya. Have a blessed day.

Jawab:

八字 ba zi adalah sebuah “peta” atau “blue print” yang komplit mengenai diri kita. Semua yang “manis-manis” dan “pahit-pahit” mengenai diri kita dapat dengan jelas diketahui. Dari yang bagus sampai yang bobrok bisa diidentifikasi.

Maka dari itu, bagi yang tidak memahami dengan jelas, mengira analisa ba zi itu adalah sebuah kejadian/pengalaman mistis. Ini jelas tidak tepat. Selama si penganalisa adalah orang yang kompeten dan dapat secara objektif mengaplikasikan pengetahuan ba zi -nya maka semuanya adalah dalam realm analisa berdasarkan keilmuan.

Betul, harus diakui pula bahwa pada prakteknya, ada oknum yang sebenarnya menggunakan hal lain yang bukan ba zi, atau mencampur adukan ilmu ba zi dengan hal-hal lain. Akibatnya, menimbulkan kerancuan dan tafsiran yang beragam dari masyarakat terhadap ba zi dan feng shui. Jadi yang “berulah” adalah si oknum pelaku (praktisi) nya, bukan pengetahuan nya (ba zi & feng shui).

Dalam analisa ba zi, ada yang namanya 十干禄 shí gàn lùProspect star atau disebut pula sebagai Prosperity star. Bagi kita yang punya Prospect star, mengindikasikan sebagai orang yang berkemauan keras, kompetitif, dan dipenuhi dengan hasrat tmengebu-gebu untuk sukses. Prospect star juga mendatangkan banyak kesempatan/opportunities ke si pemiliknya. Entah itu kesempatan buat studi, kerja, bisnis, dan sebagainya.

Tapi seperti biasanya, selalu ada “jeda” dan “variasi” antara teori dan praktek, antara seharusnya dengan kenyataannya. Pada riilnya, tak jarang dijumpai pula individu yang meski punya Prospect star tapi kurang “bergairah” untuk maju dan sukses, daya juang rendah sehingga tidak banyak kemajuan dalam kehidupannya. Ini biasanya terjadi karena faktor sifat-sifat yang tidak mendukung sehingga Prospect star-nya tidak muncul, apalagi berkembang. Plin-plan, lamban, keras kepala merupakan beberapa contoh dari sifat-sifat yang menjadi penghambat.

Faktor bagaimana kita dibesarkan dan dididik, serta kondisi masyarakat dimana kita hidup ikut pula memengaruhi apakah Prospect star (dan jenis stars lainnya) akan bisa tumbuh dengan maksimal atau sebaliknya.

Memiliki Prospect star dalam ba zi adalah hal yang positif dan menguntungkan. Bisa jadi alat bantu buat kemajuan dan kesuksesan hidup. Tetapi apakah Prospect star-nya bisa dikultivasi semaksimalnya, kembali ke / tergantung kita sebagai si pemilik. Jika kita berprilaku ragu-ragu, keras kepala, lamban maka Prospect star nya bisa-bisa cuma sekedar “hiasan” dan “pemanis” saja dalam ba zi kita.

Dari ba zi akan kita ketahui sifat-sifat kurang baik kita. Nah kita harus semaksimalnya lawan/meminimalkan semua tadi. Itulah cara yang bisa kita lakukan. Inilah makna dari ungkapan “tersulit adalah menaklukan diri kita sendiri!” Bisa meminimalkan semua sifat jelek, semua kelemahan diri kita adalah rahasia sekaligus resep untuk maju dan sukses.

Tidak bisa dikerjakan oleh orang lain, tapi harus kita yang bisa niatkan dan kerjakan sendiri.

Beberapa tahun silam ada satu pasangan, klien saya. Mereka akhirnya pisah karena si istri tidak sabar melihat sikap suaminya yang katanya: “so slow.” Sementara si istri ba zi-nya ada Prospect star. Tentu saja bukan semata karena hal itu mereka cerai, tapi salah satu hal yang bikin si istri tidak tahan ialah lihat sikap santai dan lambannya sang suami.

Setelah beberapa tahun berlalu, si istri sukses di bisnisnya dan menikah lagi dengan individu lain, yang sama “bergairahnya” dalam menjalankan bisnis. Si suami, masih “begitu-begitu” saja hidupnya dan masih tetap dengan sifatnya yang “so slow.”

“Belanda mungkin bener masih jauh” tapi hati-hati kalau bersikap begitu. Banyak masalah yang bisa terjadi, bukan tidak mungkin bisa ditinggal/kabur pasangan sendiri.

Diri kita mungkin oke saja berlelet-lamban, tapi kalau dengan begitu jadi menghambat kemajuan orang lain (pasangan, rekan kerja, rekan bisnis, dan lainnya) bisa jadi masalah serius. Jadi itulah, semua sifat jelek kita yang bisa diidentifikasi dari ba zi, adalah “musuh” utama yang harus bisa kita lawan dan kontrol.

Mampu mengalahkan sifat-sifat jelek diri sendiri adalah salah satu kunci mendapatkan perubahan positif dalam hidup!

Suhana Lim
Certified Feng Shui Practitioner
www.suhanalimfengshui.com
0422 212 567 / suhanalim@gmail.com