Investasi Panjang Untuk Sebuah Kemajuan Perusahaan Lorena

Di Tengah Ketidakpastian Pandemi Covid 19 membuat berbagai sektor mengalami dampak yang besar, terutama pada bidang bisnis. Banyak beberapa perusahaan tidak bisa bertahan dan melanjutkan laju roda ekonominya, sehingga hal ini memberikan berbagai dampak yang panjang dan memulai untuk mereset ulang terhadap yang direncanakan.

Melihat beberapa permasalahan sekarang ini, perusahaan ESL Express sebagai penyedia jasa logistik harus memikirkan beberapa pembaharuan. Namun dibalik perjuangan panjang dan hampir 25 tahun berjalan, ada satu sosok yang membuat perusahaan tersebut masih tetap eksis dan bertahan. Lantas, siapa dibalik itu semua?

Melanjutkan Untuk Kemajuan

Mungkin banyak dari anda yang tidak asing dengan Bis Lorena, sebuah perusahaan angkutan darat yang telah berdiri sejak 50 tahun yang lalu. Nama perusahaan tersebut diambil dari nama Eka Sari Lorena Soerbakti, anak tertua dari pasangan pendirinya GT Soerbakti dan K. Kariany Sembiring. Dengan tujuan untuk memaksimalkan armada bis Lorena, ESL Express didirikan dan menjadi anak perusahaan dibawah naungan  dari Lorena Group. Eksistensi perusahaan sudah lama di Indonesia dan hampir menghadapi berbagai tantangan yang ada, sehingga tidak heran sekarang ini sudah memasuki 25 tahun perusahaan tersebut bertahan. Meskipun Eka bukan sebagai pendiri utamanya, tetapi perusahaan milik orang tuanya tersebut mampu terus berkembang dan berinovasi.

Lulusan dari The Ohio State University ini memiliki gambaran yang jelas mengenai perjalanan Lorena hingga mencapai berbagai lini bisnisnya. Karena tinggal selama 10 tahun di Amerika Serikat dan background pendidikannya yang khusus bisnis dan logistik, membuat perempuan tangguh satu ini berhasil melanjutkan perusahaan untuk mencapai kemajuan dalam bidang transportasi darat dan logistik di Seluruh Indonesia.

Belajar Untuk Memulai

Melanjutkan jenjang pendidikan di Amerika Serikat, Eka berhasil mendapatkan gelar Master Degree. Fokusnya pada bidang bisnis, finance, dan bisnis internasional. Semuanya dilakukan untuk memberikan sumbangsih terhadap perusahaan yang telah dirintis oleh bapaknya, karena sebuah kemajuan butuh perjuangan.

Selama 10 tahun di sana, tentunya Eka mendapatkan banyak pembelajaran dan pengalaman. Sempat bekerja di industri hospitality secara profesional selama 2 tahun di San Fransisco membuat Eka semakin mengenal dan memahami dunia kerja, selain itu juga sebagai persiapan untuk mengemban tanggung jawab yang lebih besar nantinya ketika kembali ke Indonesia untuk melanjutkan perusahaan Lorena.

Memutuskan Pulang Untuk Tanggung Jawab

Setelah menggeluti beberapa pekerjaan dan mendapat kehidupan yang nyaman di Amerika Serikat membuat Eka tidak luntur untuk kembali ke Indonesia. Hal ini didasari oleh sebuah tanggung jawab dan memberikan sumbangsih besar untuk diri sendiri dan orang lain, sehingga membuat ia harus kembali dan meneruskan bisnis keluarga.

Kembalinya ke tanah air tidak membuat Eka langsung mendapatkan posisi yang besar, tetapi oleh orang tuanya harus belajar dan memahami lingkungan terlebih dahulu. Personal Assistant menjadi pekerjaan pertamanya. Karena berawal dari sana ada banyak pembelajaran dan nilai kehidupan sebagai bekal positif nantinya.

Seiring berjalannya waktu, sosok perempuan tangguh satu ini memperlihatkan kapasitasnya dalam menjalankan dan meneruskan bisnis keluarga tersebut. Tentunya selama menjalankannya ada banyak tantangan dan permasalahan yang harus dihadapi, membuat ia terus belajar dan cepat beradaptasi dengan berbagai perubahan dan lingkungannya.

Berbagai tantangan yang dilalui, baik dari mengurus perizinan, dipandang negatif oleh kebanyakan orang, namun tidak membuatnya harus lemah dan menyerah. Tetapi itu semua membuat ia terus bangkit dan semangat, membuktikan bahwa perempuan juga mampu dalam menjalankan bisnis transportasi dan logistik secara besar. Sehingga tidak heran beberapa kemajuan yang ada didapatkan dari buah kesabaran dan saling menghormati.

Foto Instagram @surbakti_ekasari

Ketua Umum Perempuan Pertama Organda

Setelah sukses menjalankan bisnis transportasi dan logistik membuat Eka kembali memperlihatkan kapasitasnya. Melihat sepak terjangnya yang panjang, membuat ia dipercaya untuk memegang dan mengurus organisasi angkutan darat (ORGANDA). Sehingga hal ini menjadikannya sebagai perempuan pertama yang mengurusi mengenai transportasi darat.

Selama masa jabatannya ada banyak berbagai inovasi dan aturan yang diberikan untuk kemajuan transportasi darat di Indonesia. Sehingga membuat ada banyak perubahan dan membuat transportasi dalam negeri semakin baik dan memiliki daya saing. Tentunya semuanya dilakukan dengan kerjasama yang jelas antara swasta dan pemerintah.

Terutama dalam menentukan regulator yang sesuai dengan kebutuhan operator, sehingga membuat beberapa aturan tepat guna dan bermanfaat kedepannya. Tentunya ini menjadi prestasi besar dalam memperbaharui dan memberikan sumbangsih besar untuk transportasi darat agar terus berinovasi dan bertahan di tengah kemajuan industri sekarang ini.

Kunci kesuksesan tidak akan didapatkan ketika hanya bergantung dan berharap, sosok Eka memberikan inspirasi yang tinggi. Meskipun melanjutkan bisnis keluarga, namun bukan berarti mengambil dan menikmati semuanya. Tetapi disana ada tanggung jawab dan dedikasi yang besar untuk memajukan perusahaan yang ada dan bertahan sampai sekarang.

Melalui kepemimpinannya Lorena terus memberikan inovasi dan kemajuan, fokus bisnis tidak hanya pada transportasi darat semata. Tetapi telah merambah dan meluas pada pengiriman barang atau logistik ke seluruh Indonesia dan luar negeri. Dengan berbagai kerjasamanya yang membuat Lorena tetap survive di masa paceklik sekarang ini.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

DWP: Perkuat Ekonomi Rumah Tangga dengan Sukses Berjualan Online

Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-21 dan Hari Ibu 22 Desember, Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Melbourne, mengadakan pelatihan online via zoom dengan...

Perhitungan Poin Visa Skilled Independent (subclass 189)

Pada dua edisi sebelumnya (BUSET Vol. 09-105 Maret 2014, dapat dibaca online lewat situs buset-online.com) kita sudah membahas tentang persyaratan umum untuk aplikasi visa...

My Asian Neighbour, Restoran Manado Baru di Preston

My Asian Neighbor Bicara kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya. Setiap daerah punya menunya sendiri, lengkap dengan rasa yang khas dan seringkali membuat homesick. Tapi...

DWP KJRI Melbourne Batik Day 2020: Budaya dan Ekonomi Perempuan

Satu satu aku sayang Batik.. Dua dua kamu sayang Batik.. Tiga tiga kita sayang Batik.. Satu dua tiga Batik-lah tersayang! Selamat Hari Batik kepada...

Dear BUSET – Horror edition

DEAR BUSET, Untung Ayahku Bisa Membantu “Pada tahun 2017 lalu, aku tinggal berdekatan dengan seorang tetangga yang kita sebut saja sebagai Ibu Ketut. Ibu ‘Tut...