INFORMASI BAGI PEMILIK BISNIS

Sebelum memulai untuk merekrut karyawan untuk bekerja diperusahaan, ada baiknya pemilik bisnis mengetahui beberapa point dibawah ini.

Pemilik bisnis memiliki beberapa kewajiban yang harus dilakukan ketika mempekerjakan karyawan baik full time ataupun part time didalam bisnis mereka. Kewajiban tersebut dapat berupa:

  • Pay As You Go (PAYG) Withholding

Ketika anda membayar karyawan atau kontraktor, anda mungkin perlu untuk memotong pajak dari gaji mereka dan membayarkan jumlah pajak tersebut kepada Australian Taxation Office secara teratur.  Anda perlu untuk memotong pajak dari:

karyawan

kontraktor yang memiliki voluntary agreement dengan anda

kontraktor yang tidak menyediakan ABN mereka kepada anda

  • Superannuation

Anda perlu membayar super fund untuk karyawan anda dan juga untuk kontraktor apabila  anda membayar khusus untuk tenaga kerja mereka. Selain itu anda perlu memiliki  default super fund akan tetapi juga memberikan karyawan kebebasan untuk memilih jika mereka telah memiliki super fund account.

  • Workcover Insurance

WorkCover merupakan skema asuransi wajib yang didanai oleh kontribusi dari pemilik bisnis di Victoria. Dimana asuransi ini memberikan perlindungan asuransi untuk bisnis atas biaya manfaat jika salah seorang karyawan mereka terluka atau jatuh sakit karena pekerjaan mereka.
Jika seorang pekerja terluka, maka mereka berhak atas santunan mingguan, biaya medis dan pengobatan rehabilitasi, biaya hukum. Jikalau terjadi cedera serius maka kemungkinan berhak atas kompensasi secara lump sum.

  • Fringe Benefits Tax (FBT)
    Banyak perusahaan yang memberikan tunjangan kepada karyawan mereka, baik manfaat tersebut ditujukan langsung kepada si karyawan ataupun kepada keluarga mereka, seperti contohnya pembayaran biaya sekolah

Berikut ini merupakan tahap-tahap yang biasanya dilakukan oleh pemilik bisnis sejak hari pertama si karyawan mulai bekerja diperusahaan sampai dengan hari mereka berhenti bekerja.

Merekrut karyawan
Jika bisnis anda akan memulai untuk merekrut karyawan atau kontraktor untuk pertama kalinya, maka anda perlu mengetahui serta mulai menerapkan peraturan perpajakan dan juga superannuation yang diperlukan.

Hari pertama bekerja

Ketika seorang karyawan mulai bekerja, maka anda akan perlu untuk:

  • menentukan apakah mereka adalah karyawan atau kontraktor (jika anda belum melakukannya). Perbedaan diantara keduanya penting untuk anda ketahui, karena kewajiban pajak dan super yang harus anda bayarkan berbeda, tergantung pada apakah pekerja anda adalah karyawan atau kontraktor.
  • menyediakan Tax file number declaration (NAT 3092) dan jika diperlukan Withholding declaration (NAT 3093) kepada karyawan dimana mereka harus mengisi formulir tersebut dan mengembalikannya kepada Anda
  • menyediakan formulir Standard Choice kepada karyawan yang berhak untuk memilih Super Fund.

Ketika gajian

Pada hari gajian maka anda perlu untuk menentukan tarif pajak yang dibutuhkan untuk menahan

sejumlah uang dari gaji yang dibayarkan.

Pembayaran dan pelaporan

Umumnya pemilik bisnis wajib melakukan pelaporan dan pembayaran pada saat mereka menyelesaikan business activity statement,  yang mana biasanya dilakukan per bulan ataupun triwulan. Untuk pembayaran superannuation diwajibkan setidaknya setiap triwulan.

Hari terakhir
Ketika seorang karyawan atau kontraktor berhenti bekerja untuk anda, maka anda akan memiliki laporan akhir dan kewajiban pembayaran. Jika mereka memenuhi syarat untuk pembayaran pemutusan hubungan kerja, maka anda akan memiliki tambahan kewajiban PAYG withholding.

Setelah anda sudah tak lagi mempekerjakan karyawan maka anda perlu memastikan bahwa anda telah memenuhi semua kewajiban pelaporan dan pembayaran akhir. Anda juga perlu untuk membatalkan pendaftaran atas PAYG Withholding

Dokumentasi catatan
Menyimpan semua catatan yang berhubungan dengan karyawan dan juga kontraktor merupakan bagian penting dalam menjalankan bisnis serta membantu pemilik bisnis untuk mengklaim biaya-biaya (deductions), karena sebagian besar pengeluaran yang terjadi atas mempekerjakan karyawan, memenuhi syarat sebagai tax deductions. Catatan-catatan tersebut harus disimpan selama 5 tahun dalam bentuk yang dapat diakses (baik tercetak dikertas ataupun elektronik).

Virda Ersan

SEA Accountants

M: 0434 378 718

Source : Australian Taxation Office

The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

MEMPERSIAPKAN DIRI MENUJU KEBAIKAN DI BULAN SUCI

TARHIB RAMADAN 1439H MADANIA FOUNDATIONTahun ini Ramadan datang di Australia pada musim gugur menjelang dingin. Tradisi-tradisi yang biasanya dilakukan oleh kaum Muslim Indonesia yang...

ReelOz Tiba di Barat

Ajang pameran film-film pendek karya filmmaker Indonesia dan Australia juga dari negara lain akhirnya tiba di Perth pada penghujung November silam. Bayliss Lecture Theater...

PDKKI Menggalang Dana di Camberwell Sunday Market

  Suatu pagi buta di sebuah akhir pekan, segerombolan anak muda tampak giat menata sebuah kios sementara di Camberwell Sunday Market. Dihiasi tawa yang renyah,...

Marcella Purnama: Berbagi Kisah Hidup Lewat Tulisan

Awal mula kunjungan Marcella ke kota Melbourne adalah untuk mengemban studi dalam bidang Komunikasi. Setelah lulus sarjana, ia terbang ke Jakarta dan menerbitkan buku pertamanya yang bertajuk...

Hari Radio Republik Indonesia

Tidak banyak yang mengetahui, namun tanggal 11 September merupakan hari yang spesial bagi Indonesia karena merupakan hari peringatan berdirinya Radio Republik Indonesia. Tentunya kita...