Indonesia, Merdeka!? 5 Influencer Ini Angkat Bicara

0
461


Pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika matahari menunjukkan hari telah dini, Ir. Soekarno didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Di atas Jalan Pegangsaan Timur 56 Indonesia telah menjadi sebuah negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan Makmur. Kemerdekaan bagi Indonesia berarti sebuah pencapaian atas perjuangan yang bernilai ratusan tahun perjuangan serta pertumpahan darah. Tetapi apakah dengan label sebagai negara yang telah merdeka, Indonesia secara realita telah menghidupi arti dari kemerdekaan itu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kali ini, BUSET Magazine telah mengajak lima influencer Indonesia muda ternama yang bertempat tinggal di Australia untuk berbicara mengenai 75 tahun kemerdekaan Indonesia.

DAFFA WARDHANA

Daffa adalah seorang Instagram Influencer yang kini adalah pemilik dari Bambinos Pizza di Jakarta. Ia juga merupakan Business Graduate Melbourne University dan kini adalah foodtrepreneur pecinta rendang.

Bagaimanakah menurut Anda perkembangan Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan? Apakah setelah 75 tahun Kemerdekaan Indonesia semakin luntur atau terasa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di seluruh kalangan masyarakat Indonesia?

“Kemerdekaan sebuah negara didefinisikan oleh Google sebagai negara yang sepenuhnya memiliki freedom from external control or the influence of others. Menurutku Indonesia terus berkembang menuju perwujudan arti Kemerdekaan Indonesia yang sebenarnya, meskipun hingga kini masih belum sepenuhnya tercapai.

Selama 74 tahun yang kini akan menjadi 75 tahun lamanya telah meraih kebebasan dari para penjajah. Karena tidak adanya lagi penjajahan secara langsung dari negara lain, Indonesia telah mendapatkan kebebasan dalam melakukan apa pun yang diinginkan sebagai sebuah negara yang berdaulat. Terlebih lagi ketika Indonesia telah mengubah struktur negara Indonesia menjadi lebih demokratis pada era reformasi.

Karena Indonesia sekarang adalah sebuah negara yang menganut sistem demokrasi, setiap masyarakat Indonesia mendapatkan jauh lebih banyak kebebasan terutama dalam perihal mengekspresikan opini mereka.

Contohnya, ketika pemerintah membentuk Undang-Undang yang baru, seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali dapat mengekspresikan kesetujuan maupun ketidaksetujuan mereka terhadap peraturan tersebut. Dari situ saja kita bisa melihat bahwa Indonesia tiap tahunnya terus berkembang menjadi negara yang merdeka.”

Apa saja faktor yang membentuk situasi negara Indonesia seperti yang Anda deskripsikan?

“Negara kita adalah negara yang sangat luas. Tidak hanya luas tetapi negara Indonesia juga merupakan negara yang kaya akan begitu banyak agama dan budaya. Perbedaan-perbedaan itulah yang tidak hanya menyatukan kita sebagai suatu bangsa tetapi menjadi alasan mengapa kita masih belum bisa sepenuhnya merdeka dalam satu persatuan Indonesia.”

Apa saja perkembangan yang Anda harap dapat diperjuangkan oleh setiap masyarakat di Indonesia demi mewujudkan Kemerdekaan Indonesia yang nyata dan menyeluruh?

“Melalui pengalamanku bersekolah tingkat SMA hingga pendidikan tinggi di mancanegara, aku mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan begitu banyak orang. Tidak hanya itu, tapi aku belajar bahwa setiap dari mereka adalah orang-orang yang sangat terbuka pemikirannya.

Sedangkan karena di Indonesia agama dan budaya adalah hal yang begitu penting hingga masyarakat Indonesia menjadi sangat sensitif akan kedua hal tersebut. Karena alasan tersebut, agama dan budaya mampu tidak hanya menyatukan kita tetapi memecah belah persatuan Indonesia tersebut.

Tidak hanya itu, masyarakat Indonesia hidup dalam lingkungan dimana dogma agama dan tradisi menjadi satu-satunya pedoman dari segala tindakan mereka. Aku tidak mengatakan bahwa hal-hal yang diajarkan di dalamya salah tetapi masyarakat Indonesia menjadi terhambat dalam menjadi independen akan opini atau pemikiran mereka sendiri.

Karena itu, menjadi sangatlah sulit bagi masyarakat  Indonesia untuk berkembang menjadi masyarakat yang open-minded. Sedangkan orang-orang di luar negeri memiliki pemikiran yang jauh lebih progresif tanpa meninggalkan nilai-nilai yang diajarkan dalam agama dan budaya yang mereka anuti. Maka dari itu, aku berharap bahwa masyarakat Indonesia bisa belajar untuk tidak takut mengeksplorasi diri kita di luar aturan-aturan agama dan budaya dalam hidup kita.”

Ucapan apa yang ingin Anda ucapkan kepada Indonesia pada Hari Ulang Tahun ke – 75 ini?

“Untuk Dirgahayu Republik Indonesia ke–75, aku berdoa bahwa Indonesia bisa menjadi semakin maju dalam berbagai industri. Aku harap masyarakat Indonesia juga dapat menjadi lebih sejahtera dan Indonesia kian bertumbuh menjadi bangsa yang kuat serta mandiri.”

SHARON TIFFANY WIJAYA

Dari perihal kuliner, fashion, travelling, dan produk-produk kecantikkan, Tiffany adalah Instagram influencer yang paling tepat! Saat ini, pecinta mie pangsit dan batagor tersebut tengah melanjutkan pendidikannya di Monash University, Melbourne.

Bagaimanakah menurut Anda perkembangan Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan? Apakah setelah 75 tahun Kemerdekaan Indonesia semakin luntur atau terasa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di seluruh kalangan masyarakat Indonesia?

“Menurutku Indonesia masih belum sepenuhnya merdeka. Masih banyak sekali perkelahian, korupsi, dan permasalahan-permasalahan lainnya yang mengganggu kesejahteraan Indonesia sebagai satu bangsa. Contohnya, permasalahan kekerasan seksual yang baru-baru ini menjadi isu yang viral.”

Apa saja faktor yang membentuk situasi negara Indonesia seperti yang Anda deskripsikan?

“Menurutku, semua ini terbentuk dikarenakan pola pikir masyarakat yang sudah tertanam di otak mereka sejak kecil. Jadi, menurut mereka hal-hal seperti membuang sampah sembarangan, jalanan-jalanan umum dan tak terurus, hingga korupsi pun merupakan hal yang biasa atau normal.

Semua ini juga menunjukkan bagaimana pendidikan moral generasi muda ini masih tergolong kurang mendidik. Terlihat dari sinetron-sinetron yang memuat banyak perkelahian, drama, dan hal-hal negatif lainnya sebagai sebuah bentuk hiburan bagi kebanyakan dari anak-anak muda zaman sekarang.

Maka dari itu, mengubah pola pemikiran ini memang adalah hal yang susah mungkin mustahil untuk dilakukan terutama ketika kita melihat bahwa para generasi tua tidak dapat memberikan contoh yang baik kepada mereka yang masih muda dan yang akan memimpin negara kita di kemudian hari. Terutama ketika pola pikir ini sudah mengakar sejak generasi-generasi sebelumnya. Tetapi aku yakin dengan kerja keras dan kesabaran yang penuh, kita bisa mengubah cara berpikir masyarakat Indonesia kepada arah yang benar.”

Apa saja perkembangan yang Anda harap dapat diperjuangkan oleh setiap masyarakat di Indonesia demi mewujudkan Kemerdekaan Indonesia yang nyata dan menyeluruh?

“Aku berharap bahwa kita bisa bekerja sama dengan lebih baik lagi. Kita adalah satu komunitas yang besar, yakni komunitas masyarakat Indonesia. Aku yakin kalau kita secara kompak berusaha untuk mengubah Indonesia secara perlahan, kita mampu memajukan Indonesia menuju masa depan negara kita yang lebih baik.”

Ucapan apa yang ingin Anda ucapkan kepada Indonesia pada Hari Ulang Tahun ke – 75 ini?

“Selamat ulang tahun bangsaku, Indonesia! Selamat HUT RI yang ke – 75. Aku berharap kita semua sebagai komunitas besar bisa menjadi lebih maju.”

JESSICA MAGDALENA SILALAHI

Jessica adalah gadis influencer di Instagram yang tengah menempuh penidikan tinggi tingkat S2-nya di Melbourne University. Penggemar sejati rendang ini jatuh hati pada fashion dan segala bentuk kesenian yang mengilustrasikan kata ‘keanggunan’.

Bagaimanakah menurut Anda perkembangan Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan? Apakah setelah 75 tahun Kemerdekaan Indonesia semakin luntur atau terasa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di seluruh kalangan masyarakat Indonesia?

“Menurut aku, kalau dalam arti bebas dari penjajahan atau kolonialisme oleh negara-negara asing kita dapat merasakan kemerdekaan negara Indonesia. Tetapi, aku percaya bahwa kemerdekaan dalam diri masyarakat Indonesia sendiri.

Sebagai orang Indonesia apakah kita sudah mampu dengan bebas mengekspresikan opini kita, keyakinan kita, bahkan bergabung dalam kelompok-kelompok sosial yang kita inginkan.

Jadi, menurut aku semakin kita bertumbuh menjadi negara yang progresif, inilah kemerdekaan yang kita sebagai bangsa harus kita wujudkan – yang adalah kemerdekaan yang menjadi kekurangan Indonesia.

Masyarakat masih belum dapat menerima perbedaan-perbedaan individual tersebut. Indonesia harus dapat diperkenalkan kepada fakta bahwa memiliki perbedaan-perbedaan dalam masyarakat bukanlah hal yang buruk. Terlebih lagi, hal itu sangatlah cocok dengan Pancasila, terutama sila ke-lima juga Bhinneka Tunggal Ika.

Menurutku, Indonesia masih belum dapat menciptakan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia dimana rakyat minoritas masih sampai sekarang berjuang untuk menemukan keadilan yang seharusnya mereka layak untuk dapatkan. Alasan-alasan inilah yang menurutku mengapa Indonesia masih belum secara sepenuhnya merdeka.”

Apa saja faktor yang membentuk situasi negara Indonesia seperti yang Anda deskripsikan?

Mindset. Aku percaya bahwa semua berawal dan bersumber dari pola pikir masyarakat Indonesia. Pada akhirnya, semua kebijakan dan perubahan yang kita akan perjuangkan perlu didasarkan pada pola pikir yang sama.

Saat ini Indonesia masih tergolong orang-orang yang memiliki pola pikir yang sempit dan tidak terbuka akan hal-hal baru. Apabila kita terus memelihara cara berpikir ini maka kita tidak akan pernah dapat tergerak hatinya untuk bekerja keras menuju perubahan demi kemajuan Indonesia.

Keberadaan kesadaran masyarakat sendiri akan butuhnya perubahan juga diperlukan untuk tumbuh dari dalam diri mereka tanpa pengaruh pihak luar. Kita mengambil contoh permasalahan Papua Barat yang baru-baru ini diakui oleh mayoritas masyarakat Indonesia karena adanya gerakkan Black Lives Matter yang pada saat ini sedang populer di Amerika Serikat.

Kita sebagai satu negara harus bisa membuka wawasan mengenai segala permasalah di dalam negara kita sendiri. Masyarakat-masyarakat Indonesia terutama generasi muda pada zaman ini memiliki kecenderungan perilaku yang westernisasi, yang berarti mereka terlalu memfokuskan perhatiannya kepada negara-negara barat. Sedangkan mereka seharusnya memerhatikan negara kelahiran mereka sendiri, Indonesia.”

Apa saja perkembangan yang Anda harap dapat diperjuangkan oleh setiap masyarakat di Indonesia demi mewujudkan Kemerdekaan Indonesia yang nyata dan menyeluruh?

“Aku harap Indonesia memiliki kemauan untuk bekerja keras memperoleh berbagai pengetahuan-pengetahuan baru. Banyak dari kita berpendapat bahwa paradigma yang golongan kita sendiri-lah yang paling benar dan aku tidak harus lagi belajar dari kelompok orang-orang lain.

Terlebih lagi menurut aku, penimbaan ilmu tidak berhenti di sekolah atau kuliah saja. Jadi, menurut aku masyarakat Indonesia harus mampu untuk membuka diri mereka akan hal-hal baru dan giat mencari tahu pemahaman-pemahaman yang dahulu belum mereka kenali seperti kebudayaan-kebudayaan baru.

Indonesia juga tidak boleh lupa bahwa memang sudah menjadi identitas kita bahwa Indonesia kaya akan begitu banyak perbedaan baik dalam bentuk suku, agama, dan adat istiadat. Terlebih lagi perbedaan itu tidak boleh kita lepaskan demi mewujudkan persatuan Indonesia yang sebenarnya.”

Ucapan apa yang ingin Anda ucapkan kepada Indonesia pada Hari Ulang Tahun ke – 75 ini?

“Kepada Indonesia aku ucapkan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75! Semoga tahun ini kita sebagai satu bangsa kian berjuang menuju Kemerdekaan Indonesia yang sebenarnya. Aku juga berdoa bagi Indonesia untuk tidak hentinya bekerja keras mencapai persatuan Indonesia layaknya yang diinginkan sila ke-5 dari Pancasila.”

PATRICIA BELLA

Patricia adalah seorang influencer di Instagram yang juga adalah mahasiswi University of Sydney yang tengah mengambil major Marketing dan minor Chinese Studies. Selain menggemari makanan Padang, peranakan Sunda dan Bangka Belitung ini juga gemar berpetualang untuk melihat tempat-tempat baru terutama dalam perihal kuliner.

Bagaimanakah menurut Anda perkembangan Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan? Apakah setelah 75 tahun Kemerdekaan Indonesia semakin luntur atau terasa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di seluruh kalangan masyarakat Indonesia?

“Berdasarkan pengalamanku di Sydney, kemerdekaan Indonesia jauh lebih mempersatukan kita dalam berbagai bidang. Kita yang di negara asing merasa lebih bisa untuk bekerja sama untuk saling membantu meskipun kita memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

Sedangkan di Indonesia, aku rasa orang-orang masih tidak bisa menerima perbedaan-perbedaan baik pendapat maupun ras orang-orang yang bukan golongan mereka. Inilah mengapa kita masih memiliki permasalahan rasisme di Indonesia.

Ini menunjukkan bahwa rakyat Indonesia masih memiliki pemikiran yang tertutup dan rentan akan perubahan. Terlebih lagi kalau di negara asing seperti Australia kita memperkenalkan diri kita sebagai bagian dari satu kesatuan Indonesia sedangkan Indonesia masyarakat saling membedakan diri dengan stereotip atau stigma yang mereka percayai akan setiap kelompok.”

Apa saja faktor yang membentuk situasi negara Indonesia seperti yang Anda deskripsikan?

“Menurut pendapatku faktor utama dari semua ini adalah mindset masyarakat Indonesia sendiri. Kita harus menanam pola pikir yang baik dan benar. Misalnya, bagaimana sebagai individu kita masing-masing memang dilahirkan untuk memiliki perbedaan—perbedaan yang unik. Walau begitu kita harus tetap saling menghargai selayaknya sesama manusia sedangkan memandang setiap orang dari agama, suku, dan terus mencari hal-hal yang berbeda dari diri kita.”

Apa saja perkembangan yang Anda harap dapat diperjuangkan oleh setiap masyarakat di Indonesia demi mewujudkan Kemerdekaan Indonesia yang nyata dan menyeluruh?

“Aku harap masyarakat Indonesia bisa lebih saling menerima perbedaan-perbedaan setiap ras dan suku. Aku juga berharap bahwa masyarakat Indonesia tidak saling menilai sesama warga Negara Indonesia melalui setiap perselisihan yang kita miliki – warna kulit, agama, suku, dan latar belakang seseorang tidak berpengaruh terhadap perbuatan baik maupun jahat orang tersebut. Maka dari itu kita harus bisa melihat seseorang dari budi dan tabiat mereka.”

Ucapan apa yang ingin Anda ucapkan kepada Indonesia pada Hari Ulang Tahun ke – 75 ini?

“Selamat hari ulang tahun yang ke 75 Indonesia!”

ODELIA CATALINA

Wanita muda ini adalah seorang Merch Analyst di perusahaan Just Group. Tidak hanya itu, tetapi nona jelita penggila segala bentuk nasi goreng ini adalah salah satu Instagram influencers Indonesia di Melbourne.

Bagaimanakah menurut Anda perkembangan Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan? Apakah setelah 75 tahun Kemerdekaan Indonesia semakin luntur atau terasa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di seluruh kalangan masyarakat Indonesia?

“Aku rasa melihat dari 75 tahunnya umur kemerdekaan Indonesia, Indonesia sebagai bangsa dan negara sudah sangatlah berkembang. Terutama bagiku dalam perihal kebebasan berekspresi dan berpendapat yang adalah hal yang sangat penting menurut aku. Kita sekarang memiliki lebih banyak kebebasan dalam menyuarakan pikiran kita. Terlebih lagi aku rasa masyarakat Indonesia sekarang sudah bisa menikmati kemerdekaan ini.”

Apa saja faktor yang membentuk situasi negara Indonesia seperti yang Anda deskripsikan?

“Pasti faktor yang memengaruhi semua itu ada banyak sekali. Tetapi satu yang pasti adalah bagaimana dasar Negara Indonesia yakni Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika terus hidup dalam kehidupan bernegara dan berbangsa di Indonesia.

Alangkah baiknya apabila kita sebagai masyarakat Indonesia sesuai kedua hal tersebut mendahulukan kepentingan bersama sebagai satu bangsa di atas kepentingan pribadi kita sendiri.

Tidak hanya itu, tetapi Indonesia adalah negara yang sangatlah luas dan karena itu memiliki berbagai macam suku dan kebudayaan. Dari pengalamanku di Australia, kita tidak bisa menyamakan negara lain dengan Indonesia dari berbagai sisi – kultur, ukuran populasi, dan sejarah. Aku rasa perbedaan itu tidak hanya membentuk identitas yang unik dari negara kita tetapi juga yang berpengaruh pada pertumbuhan Negara Indonesia. ”

Apa saja perkembangan yang Anda harap dapat diperjuangkan oleh setiap masyarakat di Indonesia demi mewujudkan Kemerdekaan Indonesia yang nyata dan menyeluruh?

“Kemerdekaan Negara Indonesia harus terus diisi dan juga diperkuat dengan kesungguhan dalam persatuan untuk memajukan kesejahteraan dan keadilan bagi semua masyarakatnya. Pemikiran itulah yang menurut aku tanpa henti harus diperjuangkan oleh setiap masyarakat Indonesia dalam menjalani hidupnya.”

Ucapan apa yang ingin Anda ucapkan kepada Indonesia pada Hari Ulang Tahun ke – 75 ini?

“Selamat Hari Merdeka ya Indonesia tercinta! Selalu menjadi rumah terindah dengan berbalut Bhinneka Tunggal Ika!”