IndoMelb FC: Mewakili Indonesia di Dunia Sepakbola Australia

16 tahun lamanya IndoMelb Football Club telah menjadi rumah bagi para pecinta olahraga sepakbola asal Indonesia di Melbourne. Tahun ini, IndoMelb FC resmi berpartisipasi di kompetisi liga utama perdana mereka Maret mendatang. Yuk berkenalan dengan klub bola yang satu ini!

Berasal dari kecintaan akan sepak bola

Indomelb FC lahir di tahun 2005 dari sekelompok anak-anak muda Indonesia di Melbourne, terutama mahasiswa, yang mencintai olahraga sepak bola. Meski berawal hanya sebagai klub casual untuk anggota bermain bola dan berkumpul-kumpul bersama, siapa sangka di tahun 2019 Indomelb FC berhasil memenangkan berbagai pertandingan persahabatan. Diantaranya adalah Victorian Cup, KJRI Cup 17 Agustus, dan Malaysian Embassy Cup dimana Indomelb FC menduduki posisi juara 1 di semua kejuaraan tersebut.

Winning streak ini lantas memotivasi para anggota untuk berpartisipasi di Melbourne Chinese Soccer Association (MCSA) league, salah satu liga bola terbesar di Victoria dimana 50 lebih tim sepak bola dari berbagai komunitas etnik dan budaya di penjuru Victoria dapat unjuk gigi.

Menjadi duta Indonesia lewat sepak bola

Marco Gumansing

Selain karena passion terhadap olahraga sepak bola itu sendiri, para anggota Indomelb FC juga berharap untuk mewakili Indonesia melalui sepak bola.

“Karena kesadaran kami sebagai pemuda Indonesia yang merantau di luar negeri, kita mau mempromosikan Indonesia. Dengan memohon izin dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia kami juga mempromosikan Wonderful Indonesia sebagai sponsor,” tutur Marco Gumansing, co-captain Indomelb FC. Ia juga menegaskan bahwa klub ini merupakan bagian dari komunitas warga Indonesia di Melbourne, Indomelb, yang turut andil dalam kepengurusan klub.

Yang uniknya lagi, meski mayoritas anggota merupakan orang Indonesia, namun Indomelb FC terbuka untuk semua kalangan dan bahkan mengundang orang-orang non-Indonesia untuk turut bergabung dengan mereka. Tentu dengan catatan saat mereka bermain sebagai anggota Indomelb FC di kompetisi, mereka tentunya juga bermain untuk Indonesia. Salah satu pemain tersebut adalah Fida Ullah, pemuda asal Pakistan yang besar di Melbourne.

Fida Ullah



“Everybody is so welcoming, it’s just that atmosphere that they have even though I’m the only who doesn’t speak Indonesian. But I feel welcomed and valued in here. I’m trying to get more people to join so we can win the pre-season cup,” jawab Fida ketika ditanya kru BUSET mengapa dirinya bersedia bermain untuk tim Indonesia.

Tantangan bukan halangan

Pandemi COVID-19 memang sempat menunda rencana Indomelb FC di tahun 2020. Meski demikian, hal ini tak mematahkan niat Indomelb FC untuk mewakili Indonesia di liga MCSA. Selama lockdown para pengurus Indomelb FC masih rutin berlatih setiap minggunya di Clifton Park dalam grup kecil yang terdiri dari dua-tiga orang agar kondisi mereka tetap prima.

Tak hanya kondisi lockdown, pemain yang sering datang dan pergi juga merupakan salah satu tantangan terbesar bagi Indomelb FC.

Razi Fauzi



Challengenya ya, orangnya kan ganti-ganti terus, karena mayoritas student ya. Tetapi kan ada juga beberapa yang tetap. Challenge lainnya ya kan banyak yang sudah bekerja dan punya kesibukan masing-masing, dan latihan juga cuma seminggu sekali,” jelas coach Indomelb FC, Razi Fauzi. Menurutnya anggota yang sering datang dan pergi kerap membuat komposisi tim berubah-ubah dengan cepat. Hal ini tentu berdampak terhadap strategi, chemistry, dan cara bermain tim.

Sentimen ini turut digemakan oleh Andreas Saputra, pemain centre-back Indomelb FC. Dirinya mengaku bahwa adaptability menjadi faktor penting bagi para pemain lama yang harus selalu dapat menyesuaikan diri dengan cara bermain anggota baru yang sering berganti.

Andreas Saputra – centre-back



Every year we have to get to know how everyone plays, what each person brings to the team,” kata pria asal Solo itu.

Walau demikian, Razi optimis kendala chemistry di lapangan dapat diimbangi dengan eratnya hubungan interpersonal para pemain di luar lapangan.

“Karena ini bisa dibilang sebagai social club, para pemain lebih dekat, setelah main kita sering makan-makan bersama,” ujarnya lagi.

Semangat terus Indomelb FC dan selamat berjuang di pre-season cup MCSA di Maret mendatang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Notice of Amended Assessment

Setelah wajib pajak melaporkan pajak penghasilan tahunan (tax return), maka biasanya dalam waktu 14 hari kerja Australian Taxation Office (ATO) akan mengirimkan surat bukti...

Konjen RI Perth Jajaki Kerjasama di Kalgoorlie

Konsul Jendral RI Perth, Dewi Gustina Tobing dan tim dari Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) di Perth melakukan pertemuan secara maraton dengan berbagai pemangku...

Teknik Kruwel Bolpoin Hasilkan Lukisan 3D

Tampilannya rapi dengan potongan rambut pendek belah pinggir kanan. Pandangan matanya fokus pada selembar kertas di atas meja, sambil tangan kanannya sibuk menggoreskan bolpoin....

KAMPANYE MELAWAN KEKERASAN TERHADAP WANITA

Meskipun hampir semua orang Australia setuju bahwa kekerasan terhadap wanita itu salah, namun rata-rata: 1 wanita dibunuh setiap minggu oleh pasangan saat itu atau...