“Saviour Has Been Born to You” – Luke 2:11 – Ibadah Perayaan Hari Natal BKS 2021

Saviour Has Been Born to You” adalah tema yang diusung oleh Badan Kerja Sama Umat Kristiani Indonesia di Victoria (BKS) pada ibadah perayaan Natal yang diadakan 4 Desember 2021 lalu. Ibadah Natal tersebut dilaksanakan secara offline di Gereja Indonesia Anglican Kooyong (bagi yang sudah melakukan dua dosis vaksin) dan online melalui Zoom meeting. Ibadah dilakukan dengan suka cita merayakan hari lahirnya Juru Selamat Umat Kristiani, Yesus Kristus, walaupun pandemi masih belum berlalu.

Khotbah oleh The Revd Kuncoro Rusman

Puji-pujian dinyanyikan dengan merdu bersama-sama dari jemaat yang hadir offline maupun online, setelah dipanjatkannya doa pembuka oleh Pastor Gideon Gunawan.

Khotbah ibadah Natal ini, disampaikan oleh The Rev. Kuncoro Rusman menggunakan dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Ia menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan hari lahirnya Sang Juru Selamat. Dari kutipan Alkitab yang menjadi tema utama Ibadah tersebut, disampaikannya bahwa setiap tahun umat Kristiani merayakan Hari Natal. Hari yang hanya terjadi sekali dalam setahun tapi selalu memeriahkan bulan November hingga Desember. Setiap sekali dalam setahun setiap umat Kristiani bersuka cita bersama, berpesta dimanapun berada untuk merayakannya.

Penyalaan lilin pada Ibadah Perayaan Natal BKS 2021

Ia juga banyak mengingatkan umat Kristiani yang menyimak khotbahnya, bahwa jangan hanya datang ke Gereja saat Natal saja, dengan begitu kita akan mengenal Tuhan lebih dekat lagi. Selain itu, dikutipnya juga beberapa ayat Alkitab seperti Matius 1:18 dan Matius 1:21.

Sambutan Nicolas Manoppo sebagai perwakilan KBRI Canberra dalam Ibadah Perayaan Natal BKS 2021
Sambutan dari Konjen Kuncoro Giri Waseso dalam Ibadah Perayaan Natal BKS 2021

Setelah khotbah selesai, dilanjutkan dengan penyalaan lilin diiringi oleh pujian “Malam Kudus”.

Doa syafaat disampaikan oleh banyak pemuka agama dari gereja-gereja lain, diantaranya, doa untuk Bangsa Indonesia dipanjatkan oleh Pastor Unggul Santika, doa untuk bangsa Australia oleh Ps Samuel Parabak, doa untuk KBRI dan KJRI oleh Ps Ivan Sitompul dan Ps Sucipto memimpin doa untuk pandemi COVID-19 dan BKS.

Terlihat beberapa tamu kehormatan yang menghadiri Natal BKS 2021, diantaranya Nicolas Manoppo mewakili KBRI Canberra, Harry Sibuea sebagai Ketua BKS dan Konjen Kuncoro Giri Waseso.

“Hidup itu singkat, ayo kita kembali ke Tuhan, mari kita saling mengingatkan untuk rajin beribadah,” papar Harry Sibuea dalam sambutannya. Ibadah perayaan hari Natal tersebut diakhiri oleh pemutaran video pujian-pujian yang dikirim oleh berbagai gereja.

Sambutan Harry Sibuea sebagai Ketua dari BKS

Dengan banyaknya doa khusyuk yang dipanjatkan, harapan besar untuk semua orang bahwa Ibadah Perayaan Natal selanjutnya sudah dapat dirayakan secara normal. Senang maupun haru menjadi satu, walaupun masih terhalang oleh pandemi, Hari Natal pada tahun 2021 dapat dirayakan dengan penuh suka cita.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

ERA BARU KABINET CEMERLANG PPIA

Sejak 4 Juli 2015, Kabinet Aktivis yang tadinya dipimpin Ahmad Almaududy Amri diganti oleh Kabinet Cemerlang yang kini dipimpin Mutiasari Mubyl Handaling. Terpilihnya Mutia,...

Bercerai: Nasib & Menurun Ke Anak! Benarkah?

A: Saya kan pernah bilang.. takutnya tuh.. turunan bakal gini lagi ke anak-anakSL: gak lah, terlalu menggampangkan kalau serta merta menvonis begitu!Di atas adalah...

GELEGAR TAWA PANDAWA

Hari kemerdekaan biasanya dimeriahkan dengan kegiatan lomba seperti balap karung atau tarik tambang, namun dalam rangka HUT RI yang ke-69 ini, PPIA Swinburne dan...

My Identity: Sinopsis

“Film ini sangat mengingatkan dan mengajarkan aku banyak hal, tentang betapa hebatnya dalam mengandalkan Tuhan di semua perihal hidupku! Pada saat dimana ada hal...

BERNARD LARSO BERBAGI ILMU GITAR

(Hi teman-teman, kali ini kita akan bahas mengenai gitar elektrik. Kita akan ngobrol dengan Bernard Larso atau yang akrab dipanggil Beben. Mari langsung saja...