HINDARI KONSUMSI SUSU

Sejak usia dini, kita selalu dianjurkan untuk banyak minum susu. Anggapan yang jamak didengar yaitu susu dan produk dairy lainnya dapat memberikan tubuh kita banyak kalsium yang dapat menguatkan tulang-tulang.

Akan tetapi, belakangan ini banyak sekali penelitian yang lebih dalam tentang susu dan dairy products. Diketahui jika protein bernama Casein dapat ditemukan di dalam susu yang bersumber dari binatang-binatang menyusui (mammals), termasuk manusia. Meskipun secara umum, protein adalah sumber kalsium yang dapat menguatkan tulang manusia, namun Casein sebenarnya tidak dapat diserap secara efektif oleh tulang-tulang untuk jadi kalsium. Bahkan ada satu penelitian yang dinamakan “The China Study” yang menghubungkan protein Casein dengan peningkatan resiko mendapatkan kanker.

Beberapa bulan lalu, tepatnya pada Oktober 2014, muncul satu penelitian menarik yang diterbitkan dari Swedia.

Penilitian ini melibatkan 61.433 wanita berusia antara 39 hingga 74 tahun dan 45.339 pria berusia 45-79 tahun dengan tujuan untuk mengetahui apakah konsumsi susu yang banyak ada hubungannya dengan keretakan tulang dan kematian lebih awal. Kaum wanita dinilai selama 20,1 tahun, sedangkan pria selama 11,2 tahun. Para subjek ada yang tercatat meminum susu rata-rata kurang dari satu gelas sehari dan ada yang minum susu rata-rata tiga gelas atau lebih dalam sehari.

Melalui penelitian tersebut tercatat bahwa kematian lebih awal dialami kelompok wanita yang minum susu lebih banyak dengan rasio sekitar 1,93 kali lebih tinggi, yakni hampir dua kali lipat! Untuk pria, dikatakan setiap tambah satu gelas susu yang diminum dalam sehari, kemungkinan untuk kematian lebih awal melonjak 1,03 kali lipat per gelas per hari. Jadi, lebih banyak minum susu dapat meningkatkan kemungkinan kematian lebih awal.

Sedangkan untuk resiko retak tulang, hasil penelitian menyatakan tidak ada perbedaan di antara yang minum susu lebih sedikit dan lebih banyak. Ini berlaku untuk semua kelompok wanita dan pria. Dengan kata lain, lebih banyak minum susu tidak berarti tulang akan lebih kuat.

Selain itu, yang tak kalah pentingnya, penelitian ini juga menunjukkan bahwa susu akan menimbulkan lebih banyak halangan bagi oksigen untuk dapat masuk ke dalam organ-organ tubuh, serta dapat menyebabkan lebih banyak inflamasi di dalam tubuh.

Sejalan dengan kenyataan di atas, bila diamati secara umum, penduduk di belahan dunia yang lebih banyak makan dan minum produk susu, seperti keju dan yogurt, adalah orang-orang yang lebih banyak menderita dari penyakit-penyakit seperti kanker, osteoporosis, arthritis dan sebagainya. Sebaliknya, masyarakat di negara yang tidak banyak mengkonsumsi dairy products lebih sedikit menderita dari penyakit-penyakit tersebut.

Perlu diketahui bahwa yang dapat memberikan kalsium ke dalam tulang-tulang manusia bukan Casein dari produk susu, melainkan sayuran mayur yang berwarna hijau. Pada jenis sayuran ini ada kandungan Vitamin D yang mudah diserap tubuh manusia. Vitamin D adalah satu bahan penting bagi tubuh untuk memproduksi kalsium sendiri.

Manusia adalah satu-satunya makhluk yang meminum susu dari makhluk lain. Dan susu yang dimaksud dalam artikel ini adalah susu dari makhluk lain, berbeda dengan Air Susu Ibu – atau yang kerap kita sebut ASI. ASI merupakan produksi seorang ibu yang memuat banyak gizi yang sangat baik untuk perkembangan bayi yang baru dilahirkannya.


LEBIH ALAMI LEBIH BAIK

Dokter Donny menyayangkan perkembangan jaman yang berdampak pada kesehatan manusia. Pasalnya, sejak revolusi industri, lebih banyak makanan yang diproses di dalam pabrik dengan tujuan untuk dapat tersedia lebih mudah dan dapat bertahan lebih lama. Masalahnya, demi mencapai tujuan-tujuan tersebut, para ahli menggunakan banyak zat-zat kimia buatan yang disinyalir dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit yang lebih ganas.

Menurut saya, sebisa mungkin usahakan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang organik dan tidak banyak kandungan kimianya. Selain itu, cobalah untuk menjaga keseimbangan jenis makanan yang dimakan setiap harinya.

Dan untuk produk susu, saya pun mendidik anak-anak saya untuk tidak mengkonsumsi produk susu secara rutin. Sebagai gantinya, mereka lebih banyak menyantap sayur-sayur hijau yang segar dan organik.

The Dental Suites                                        The Dental Gallery
2/385 Belmore Road                                  3 Newminster Way
Balwyn VIC 3103                                         Point Cook VIC 3030
Ph. 9857 9966                                              Ph. 9395 8338
thedentalsuites.com.au                              thedentalgallery.com.au

Discover

Sponsor

Latest

Menjaga Sinergi Berbagai Komunitas Indonesia di Melbourne

Kebhinnekaan masyarakat Indonesia terlihat dari beragamnya komunitas masyarakat Indonesia yang terbentuk di Victoria. Konon nyaris 50 komunitas Indonesia ada dan eksis di negara bagian...

TOTY 2019, BERBAGI INSPIRASI DAN MOTIVASI

PPIA Deakin University menyelenggarkan ajang diskusi bertajuk Talk of the Year (TOTY) 2019 awal Mei kemarin. Acara tersebut dibagi menjadi dua bagian, yakni seminar...

WARNA WARNI TESSELAAR TULIP FESTIVAL

Musim semi di belahan Selatan Benua Australia telah tiba, dan tiba juga saatnya bagi kita yang berada di Victoria untuk berwisata dan melihat indahnya...

VAMFF 2017 International Design Showcase: Indonesia

Indonesia terkenal dengan sumber daya alamnya? Ah, itu sudah biasa. Memang sudah jelas Indonesia diberkahi dengan pemandangan yang indah dan juga tanah yang kaya....

RANGGA BAWA CINTA KE MELBOURNE ?

AADC 2 AUSTRALIAN TOUR Pada tahun 2002, Indonesia dibuat heboh dengan film romantis berjudul Ada Apa Dengan Cinta? (AADC) yang hingga kini menjadi sebuah favorit...