HALLOWEEN MOVIE MARATHON

“Dracula Untold” (2014): Luke Evans, Sarah Gadon, Dominic Cooper

Film ini dibintangi aktor Luke Evans yang sebelumnya telah muncul sebagai peran antagonis di Fast & Furious 6 dan sebagai Bard the Bowman di “The Hobbit: Desolation of Smaug”. “Dracula Untold” dibuat berdasarkan inspirasi dari Novel Dracula pada tahun 1897 karya Bram Stoker.

Film ini bercerita tentang Pangeran Vlad III Tepes – akrab dipanggil Dracula, yang artinya ‘Son of the Dragon’ dan perjuangannya membela rakyat dan keluarganya, sekaligus asal mulanya ia menjadi seorang Vampire. Vlad akan beradu intrik dengan Mehmed (yang diperankan Dominic Cooper) pemimpin dari Ottoman empire, kesultanan yang dimulai dari Negara Turki.

Vlad III yang merasa tidak punya kekuatan cukup untuk mengalahkan para tentara bawahan Mehmed, memutuskan untuk mencari kekuatan ‘extra’. Ia memanjat sebuah tebing dan menemukan gua, dimana Caligula; sang emperor dari Roma yang tak diduga sudah menjadi Vampire, menyuruh Vlad untuk meminum darahnya.

Walaupun Vlad menjadi lebih kuat, banyak tantangan-tantangan yang harus ia hadapi selama menjadi Vampire, termasuk menahan diri untuk tidak menjadi sosok ‘monster’ sepenuhnya, demi melindungi istri dan anaknya.

Dalam sejarahnya, sosok Vlad III Tepes, atau Dracula benar-benar ada. Tetapi tentunya ia bukan seorang Vampire, melainkan pemimpin sadis yang suka menusuk bagian tubuh korban-korbannya sampai mereka mengeluarkan banyak darah. Karena hal itu, julukannya yang paling terkenal adalah Vlad the Impaler. Sedikit berbeda dengan sosok Vlad yang ditampilkan di “Dracula Untold” memang.

Tetapi hal itulah yang menjadi inspirasi dari sang novelis Bram Stoker untuk menciptakan sebuah sosok berdasarkan legenda Vlad III. Karena kata ‘drac’ di Romania modern bisa diartikan sebagai ‘devil’ maka itu gambaran Dracula, penghisap darah yang sampai sekarang dikenal oleh sejuta umat sebagai Vampire, ada hubungannya dengan sifat seperti iblis. Jadi, bila ada pembaca yang sempat berpikir Dracula adalah bos dari Vampire, ini ternyata dibuktikan salah.

Seorang Vampire identik dengan paras yang cantik atau tampan; yang dapat dipergunakan untuk membuai korban mereka, mempunyai kekuatan melebihi manusia, dan hobi menghisap darah. Kebanyakan penggambaran Vampire juga bisa menjelma menjadi kelelawar (karena jenis vampire bat; binatang yang hidup dengan menghisap darah), tidak mempunyai refleksi di kaca dan masih banyak lagi. Salah satu kelemahan mereka adalah matahari, bawang putih, tusukan ke jantung dengan kayu, dan lambang salib (Karena ada versi vampire yang merupakan jelmaan iblis)

Tetapi semakin zaman berkembang, pengertian dan penggambaran Vampire juga semakin berkembang. Ada yang tetap setia kepada deskripsi Vampire jaman dahulu, ada yang merubah beberapa detail-detail tersebut untuk menyesuaikan dengan tema atau sekedar ingin menciptakan sensasi dengan memakai sesuatu yang berbeda dari yang lain.

Berikut adalah beberapa contoh sosok Vampire di film-fim layar lebar dan televisi:

“Bram Stoker’s Dracula” (1992): Keanu Reeves, Winona Ryder, Gary Oldman

Ini termasuk film yang paling dijadikan pedoman sosok Vampire. Diangkat dari novel Bram Stoker yang diterbitkan pada tahun 1897, film ini menggambarkan sosok Dracula (Oldman) dari karakter yang disebut di atas. Di versi ini, Dracula bertemu dengan seorang agen real estate, Jonathan Harker (Reeves); yang mempunyai tunangan bernama Mina Murray (Ryder) dan mirip dengan istri Dracula yang sudah meninggal. Dracula lalu datang ke Inggris dan bertujuan untuk memiliki Mina.

Versi Vampire: Takut matahari, bawang putih dan salib. Bisa menjelma menjadi serigala, kelelawar dan asap/kabut. Kayu ke jantung berakibat kematian, tidak kelihatan di kaca, dapat merubah rupanya menjadi tampan dan aristokrat.

“The Interview with the Vampire” (1994): Tom Cruise, Brad Pitt

Film ini disebut-sebut sebagai salah satu pencitraan Vampire yang mendekati tepat. Diangkat dari novel karangan Anne Rice dengan judul yang sama, film ini bercerita dari sudut pandang Louise de pointe du lac (Pitt), seorang pria yang kehilangan kakaknya dan jatuh depresi. Di keadaan yang seperti ini, ia bertemu dengan Lestat (Cruise), seorang Vampire hedonistis yang lalu menjadikan Louis sebagai Vampire.

Versi Vampire: Takut matahari, ganas, tidak boleh mengkonsumsi darah orang yang sudah meninggal, luka dapat langsung sembuh, bayangan terlihat di kaca, tampan dan aristokrat, tidur di dalam peti.

“Twilight” (2008): Kristen Stewart, Robert Pattinson

Film ini dianggap sebagai pencitraan Vampire yang paling menyimpang. Pasalnya, film ini lebih ke versi romantis dari kisah percintaan antara seorang Vampire dan manusia biasa. Diangkat dari novel karangan Stephanie Meyer, film ini bercerita tentang Bella Swan (Stewart) yang jatuh cinta kepada seorang Vampire bernama Edward Cullen (Pattinson).

Versi Vampire: Berkilau saat terkena matahari, tidak takut bawang putih ataupun lambang salib. Hanya bisa diambil nyawanya saat kepalanya “dicabut” dan dibakar, tidak punya taring, masing-masing punya kemampuan unik.

“The Vampire Diaries” (TV series 2009-): Nina Dobrev, Ian Somehalder, Paul Weasley

Serial ini diangkat dari novel karangan L.J Smith dengan nama yang sama. Vampire Diaries bercerita tentang Elena (Dobrev), seorang manusia yang terlibat cinta segitiga dengan kakak beradik Vampire, Stefan (Weasley) dan Damon (Somerhalder).

Versi Vampire: Tampan, ganas, lemah terhadap matahari tetapi mempunyai cincin dari penyihir yang bisa membuat mereka berjalan pada siang hari. Kekuatan dan kecepatan melebihi manusia, tusukan kayu ke jantung berakibat fatal dan lemah terhadap vervain (sejenis tanaman).

“True Blood” (2008-2014): Anna Paquin, Stephen Moyer, Alexander skarsgaard

Serial ini diangkat dari novel berjudul The Southern Vampire Mysteries series karya Charlaine Harris. Bercerita tentang Sookie Stackhouse (Paquin), seorang pelayan restoran campuran manusia dan peri yang jatuh cinta kepada Vampire Bill (Moyer) dan kemudian Eric (Skarsgaard).

Versi Vampire: takut matahari, dapat mengkonsumsi darah sintetik dalam kemasan botol, tusukan kayu ke jantung dapat berakibat kematian dan hancur menjadi seonggok gumpalan darah. Kekuatan dan kecepatan melebihi manusia dan lemah terhadap bahan mengandung perak.

“Penny Dreadful” (2014-2016): Eva Green, Josh Hartnett, Timothy Dalton

Serial ini adalah versi alternatif dari Bram Stoker’s Dracula. Dari segi cerita, tidak berhubungan secara langsung, tetapi karakter yang dipakai sama. Sir Malcom Murray (Dalton) meminta bantuan seorang cenayang sekaligus teman kecil dari anaknya, Vanessa (Green), untuk mencari anak perempuannya, Mina Murray yang diculik oleh sekelompok Vampire.

Versi Vampire: tidak tampan melainkan botak, pucat, tinggi mencapai 2 meter lebih, mata berwarna merah pekat dan semua giginya berupa taring. Tidur pada saat hari masih siang dan beraksi pada malam hari. Menculik beberapa perempuan untuk dijadikan ‘istri’. Dapat dibunuh dengan penetrasi pada jantung dengan senjata apapun, tidak harus kayu.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengajukan Pinjaman Rumah

Ada beberapa hal yang diperhatikan oleh pihak perbankan ketika kita mengajukan permohonan pinjaman rumah. Hal inilah yang dijadikan dasar oleh pihak bank dalam menganalisa...

KBRI Wellington konfirmasi nama korban WNI

PRESS RELEASEInformasi terkini yang berhasil dihimpun oleh KBRI Wellington, pada pukul 23.30 waktu Selandia Baru:KBRI Wellington terus melakukan monitoring dan menyiapkan bantuan kekonsuleran terhadap...

Rayakan Batik, DWP Ajak Pengunjung Fashion Show

Semenjak ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sejak tahun 2009 lalu, Batik dikategorikan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan...

2014 MARKET TANTRUM

  “It’s not hard to get your way when it's your way or the highway. People either follow suit or they're not around. I don't really like...

Meramaikan Barat Melbourne Lewat Festival Keluarga | Indo FAMFEST

Ada begitu banyak keluarga dan komunitas Indonesia yang tersebar di daerah barat Melbourne. Tapi berbagai acara komunitas masyarakat Indonesia kebanyakan digelar di pusat kota...