Kapanpun dan dimanapun kita berada, sebagai orang Indonesia kita akan selalu mengidamkan makanan tradisional Indonesia. Lidah kita tidak akan pernah bisa lepas dari kelezatan bumbu-bumbu soul food negara kita. Bagi sahabat Buset yang sedang berada di Melbourne dan ingin menghapus rindu akan masakan-masakan tradisional Indonesia, Garam Merica adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Garam Merica adalah sebuah restoran yang bertempat di 71 Queens Road, Victoria. Restoran ini terkenal akan berbagai macam hidangan khas Indonesia sederhana yang mereka tawarkan. Setiap makanan dibuat untuk memiliki rasa yang tepat dan dapat membuat Anda bernostalgia akan kampung halaman.

Pada Bulan Oktober ini, Garam Merica akan merayakan ulang tahun pertama mereka. Sebagai bentuk selebrasi, mereka menyelenggarakan sebuah acara musiman bernama Oktoberfest yang berlangsung selama bulan Oktober. Semasa Oktoberfest berlangsung, Garam Merica mengadakan beberapa promo dan undian bagi para pelanggan. Tidak hanya itu, Garam Merica menyiapkan satu set menu khusus yang terdiri dari Nasi Tumpeng mini, Nasi Gudeg Komplit dan Lontong Sayur Cap Gomeh.

Nasi Tumpeng Mini ($15)

Nasi Tumpeng menurut tradisi dihidangkan sebagai simbol perayaan suatu peristiwa yang penting. Karena Oktoberfest adalah sebuah bentuk perayaan hari ulang tahun Garam Merica yang pertama, maka Nasi Tumpeng adalah hidangan yang pantas untuk dijadikkan sebagi menu khusus. Karena porsinya yang sangatlah besar, Garam Merica telah dengan lihai mengeksekusi versi mini nasi kuning berbentuk kerucut yang ternama itu. Nasi Tumpeng Mini ini ditemani dengan ikan asin goreng, mie goreng, ayam goreng rempah, empal gepuk suir, perkedel kentang, tempe kacang dan sambal terasi. Walaupun jumlah komponen dalam hidangan ini terdengar banyak, tetapi tidak ada satu rasa pun yang mengalahkan yang lainnya. Legitnya nasi kuning sangatlah membawa lauk-lauk yang lainnya untuk menyatu menjadi satu kelezatan yang tiada tandingannya.

Nasi Gudeg Komplit ($15)

Gudeg adalah makanan tradisional otentik yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Gudeg sangatlah dicintai dan dipuja oleh orang Indonesia bahkan yang bukan berasal dari Yogya. Hidangan ini terkenal dengan kerumitan proses memasaknya, namun Garam Merica telah dengan berhasil membuat milik mereka sangatlah lezat. Bumbu Gudeg Nangka secara tradisional memiliki rasa yang begitu kuat, tetapi Garam Merica membuat kemanisan bumbu gudeg mereka untuk tidak terlalu berlebihan dan lebih menguatkan rasa gurih di dalamnya. Nasi Gudeg ini disajikan bersama ayam kalasan, gudeg telur, tahu bacem, sambal tempe krecek dan semangkuk kecil kuah. Kelezatan Gudeg, empuknya tahu bacem, bersama dengan ayam kalasan, sambal dan siraman kuah yang tidak kalah sedapnya dijamin dapat membawa anda kembali ke Yogyakarta.

Lontong Sayur Cap Gomeh ($15)

Menu spesial terakhir ini juga tentunya sangat ditunggu-tunggu banyak peminat. Hidangan khas Jawa ini sangatlah cocok untuk menghangatkan diri melawan dinginnya Melbourne musim semi ini. Lontong Sayur Cap Gomeh Garam Merica berisikan telor pindang, ayam kuning, tahu opor, sayur lodeh, sambal goreng kentang, ampela, udang dan yang pastinya lontong! Hidangan ini berduduk diam di dalam semangkuk kuah opor dengan sedikit koya di atasnya. Perpaduan lontong, kuah dan lauk pauk dalam seporsi Lontong Sayur ini diselaraskan secara harmonis sehingga setiap bagian darinya saling melengkapi. Ditambah lagi serpihan koya dan sambal membuat hidangan ini lebih gurih. Tidak salah lagi, Lontong Sayur Cap Gomeh Garam Merica memang juaranya rasa.

Selain ketiga menu spesial di atas, Garam Merica juga terkenal dengan beberapa sajian makanan Indonesia lainnya seperti Batagor ($12.5) dan berbagai variasi nasi goreng beserta sambal mereka. Mulai dari kenyalnya batagor hingga nikmatnya bumbu kacang yang membalutnya sungguh mengingatkan kembali pada jajanan-jalanan semasa sekolah di Indonesia.

Processed with VSCO with m5 preset

Sajian nasi goreng Garam Merica pun tidak kalah sedapnya. Tidak lupa nasi goreng ini dihidangkan bersama dengan beberapa kerupuk renyah dan telur mata sapi yang dimasak dengan sempurna. Satu porsi nasi goreng ini, sangatlah cocok untuk memenuhi perut saat makan siang. Belum lagi varian-varian sambal yang juga dipersiapkan. Sambal terasi, sambal Bali, sambal geprek, sambal balado, sambal pete, sambal cabai hijau dan sambal manga muda yang pedasnya menagihkan betul-betul bisa membawa kembali semangat sahabat Buset!

Happy tummy, happy life!

Bintang