Mengantisipasi Naiknya Suku Bunga

Meningkatnya suku bunga atas pinjaman bisa menjadi mimpi buruk ketika menjalankan bisnis kecil. Namun, ada beberapa kebijakan cepat dan mudah yang dapat Anda mulai gunakan untuk memerangi kenaikan suku bunga.

Secara individual, terdapat beberapa langkah kecil yang dapat menambah nilai pada bisnis Anda, tetapi ketika digabungkan mereka dapat membuat perbedaan yang sungguh  signifikan. Pikirkan bisnis Anda seperti mobil yang masih dalam pengembangan. Aerodinamika yang harus sering ditingkatkan, injeksi bahan bakar, dan penurunan berat badan mobil secara terpisah dapat meningkatkan penghematan bahan bakar, tetapi jika digunakan bersama-sama mereka dapat menjadikan mobil sebagai produk unggulan di pasar.

Berikut adalah tiga tips mudah yang dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda untuk mengatasi dampak kenaikan suku bunga :

Menyetor segera jika ada pembayaran

Biasakan menyetorkan pembayaran yang Anda terima dengan segera. Pembayaran yang menunggu untuk disetor atau uang yang masih tersisa di mesin kasir Anda tidak akan berdampak baik untuk bisnis Anda. Anda juga dapat menghemat waktu dan uang Anda dengan mendukung penggunaan transfer secara elektronik yang langsung  masuk ke rekening bank Anda.

Saat uang Anda berada di dalam rekening bank, jumlah ini dapat mengurangi overdraft dan menghemat biaya bunga, atau menambah saldo bank dan memberi Anda bunga.

Tingkatkan penagihan utang Anda

Tindak lanjuti pembayaran segera setelah jatuh tempo. Telepon atau hubungi mereka secara ramah dan tidak terkesan memaksa  untuk menindak lanjuti tentang pembayaran, ini dapat  mengurangi jumlah waktu Anda secara efisien. Ini juga akan mengurangi periode waktu yang Anda berikan pinjaman tanpa bunga kepada pelanggan Anda, sambil membayar bunga atas uang yang Anda pinjam.

Cara lain untuk mendorong pembayaran cepat adalah dengan memberikan diskon penyelesaian dimuka kepada pelanggan. Menawarkan diskon 5% untuk pembayaran dalam 30 hari, atau diskon 10% untuk pembayaran saat pengiriman, dapat mempercepat penagihan utang Anda.

Kelola pembelian dan pembayaran Anda

Sebagian besar usaha kecil memiliki banyak uang yang terikat dalam persediaan. Jika Anda dapat memoderasi ini dengan mengelola pembelian Anda dengan lebih baik, Anda dapat mengurangi jumlah uang yang Anda pinjam dan biaya bunga yang harus Anda bayar.

Pemilik pabrik dapat mengurangi tingkat stok dengan memastikan bahan baku dikirimkan beberapa hari sebelum dibutuhkan, yang mana akan lebih baik daripada dikirimkan berbulan-bulan sebelumnya – dikenal sebagai pemesanan tepat waktu. Pengecer dapat menggunakan pendekatan serupa dengan memotong level stok dan menarik cadangan pemasok setelah setiap penjualan.

Bicaralah dengan pemasok Anda tentang persyaratan Anda dan bantu mereka mengantisipasi kebutuhan stok Anda. Mereka harus dapat memberikan Anda solusi servis stok yang efisien. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengurangi tingkat stok Anda, ditambah jumlah yang Anda pinjam untuk membayar stok dan bunga yang Anda bayar.

Anda juga dapat menggunakan ketentuan pembayaran pemasok Anda untuk keuntungan Anda. Jika Anda memiliki persyaratan kredit dari pemasok Anda, Anda memiliki akses ke kredit tanpa bunga. Gunakan ini sebanyak mungkin, dan mintalah persyaratan yang menguntungkan dari pemasok lain untuk mengurangi jumlah uang berbunga yang perlu Anda pinjam, dan jumlah bunga yang harus Anda bayar.

Jumlah yang dapat Anda tabung dengan memperkenalkan perubahan kecil ini ke bisnis Anda dapat menambah penghematan yang signifikan selama satu atau dua tahun.

Virda Ersan
SEA Accountants
m: 0434 378 718

The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

MAKAN DI KAKI LIMA YUK!

 Berlokasi di 1 Stewart Street, Melbourne (di seberang lapangan basket kampus RMIT), KAKI LIMA menyediakan makanan Indonesia yang kaya rasa dipadukan dengan sentuhan spesial...

Meneropong Tren Karier Masa Depan Bersama Ina Liem

Tidak bisa dipungkiri, kita berada di era yang membingungkan dan bikin gamang. Banyak ladang pekerjaan yang punah, berganti dengan profesi baru yang sebelumnya tidak...

Sempat diBully di Negeri Paman Sam, I Present You Polar Bear

https://www.youtube.com/watch?v=8ChDdD337JsThe Land of Opportunity julukannya. Namun selalu ada dua sisi dari setiap cerita, bukan? Siapa sangka pengalaman Mohammad Devharaduta tinggal di Amerika Serikat membawa pengalaman dan...

MILLENIALS: ENVISIONING CREATIVE INDUSTRY 4.0 | 4 MEI 2019

Yuk, daftar sekarang di sini

PASPOR DINAS RI

Paspor Dinas RI merupakan dokumen perjalanan RI yang diterbitkan Kementerian Luar Negeri RI dan diberikan antara lain kepada Pegawai Negeri Sipil dan Militer dalam...