Home BUSET LIFE Feng Shui Barang Vintage, Antik dan Spiritual

Feng Shui Barang Vintage, Antik dan Spiritual

0
Feng Shui Barang Vintage, Antik dan Spiritual

Tanya: Saya masih bingung antara Yin & Yang. Yin langit kan? Yang ke-duniawi-an?

Jawab: Lihat atau tergantung dalam konteks apa dulu.

T: Waduh. Makin pusing saja saya. Kalau di rumah saya banyaknya energi Yang ya?

J: kalau kategori barang vintage, antique, dan spiritual objects itu adalah berenergi Yin. Biarpun mungkin ada dikatakan bahwa barangnya bersifat “panas,” tetapi itu semua tetap dibawah kategori Yin object.

T: Jadi kalau Yang seperti apa saja? Kalau keris atau batu bertuah itu Yin juga?

J: Ya betul.

Begitulah penggalan dari obrolan dengan seorang kenalan yang juga klien. Seorang profesional muda yang juga adalah avid collector barang-barang kategori vintage, antique dan sebagian lagi berupa spiritual objects. Majority barang-barangnya adalah peninggalan dari leluhur yang adalah orang yang sangat berpengaruh dan kaya di era nya. Sebagian lagi adalah objek-objek yang belakangan di dapatkan.

Pengertian terminologi “Yin-Yang” sekilas kelihatan mudah. Apa-apa yang bersifat “male” adalah Yang; yang bersifat “female” adalah Yin! Tetapi pada penerapannya tidak selalu mengikuti panduan tadi. Contoh: dalam konteks pergerakan, air adalah Yang sementara gunung adalah Yin. Tetapi dalam kaitan dengan wujud, gunung adalah Yang dan air adalah Yin. Mengenai fleksibilitas untuk berubah-rubah wujud, air adalah Yang dan gunung ialah Yin.

Contoh lain, pada umumnya secara fisik, kamu pria adalah yang dan wanita ialah Yin. Tetapi dalam konteks “ketabahan dan durability,” bisa saja perempuan lebih Yang daripada kaum adam. Wanita bisa punya kekuatan untuk mengandung bayi dan pada saat bersamaan masih harus mengurusi aktivitas rumah tangga, dan atau juga mengurusi karir / bisnis nya.

Dalam masalah hubungan intim, ketika sudah ejakulasi maka kaum pria perlu “recovery phase” dulu sebelum bisa melanjutkan ke babak selanjutnya. Sementara, kaum wanita, bisa langsung ke babak berikutnya tanpa perlu jeda! Semua ini adalah manifestasi “ketahanan dan kekuatan” perempuan, maka tentunya adalah lebih Yang ketimbang pria!

Kembali ke konteks objek-objek sepuh dan atau bersifat spiritual, semuanya masuk dalam kategori objek yin; tidak peduli apakah barangnya dikatakan sebagai bersifat “panas.” Tetap saja adalah barang-barang yang karakternya Yin. Ini mengapa perlu kehati-hatian dalam menempatkan barang lawas/vintage, antik/sepuh, objek spiritual (rupang, keris, pusaka lainnya). Semakin banyak maka semakin Yin lah energi di ruangan atau di bangunan dimana objek-objeknya berada. Sementara, untuk bisa dibilang sebagai ramah feng shui, sebuah ruangan dan atau bangunan bagi orang hidup memerlukan kandungan energi Yang yang cukup!

Kekeliruan yang sangat sering terjadi ialah menganggap semakin banyak objek spiritual di rumah atau di kantor, maka akan semakin bagus lah. Belum tentu, in many cases, yang pernah penulis tangani, justru memberikan ekses yang tidak baik. Bisa dalam wujud, penghuni jadi lebih pasif (dalam studi, karir, bisnis). Ini akan lebih riil jika ba zi penghuni nya juga termasuk kategori ba zi (komposisi energi pribadi) Yin.

Secara spiritual, dengan adanya objek-objek spirituil maka kemungkinan besar akan lebih positif. Setidaknya ada alat pengingat agar kita selalu dijalur kebajikan dan sesuai ajaran kepercayaan. Dalam konteks keseimbangan energi, bisa-bisa membuat energi ruangan atau bangunannya menjadi out of balanced! Ini mengapa, perlu hati-hati dalam mendekor rumah (apalagi kantor) dengan barang-barang vintage, antique, spiritual. Alih-alih mendapatkan ketenangan, perlindungan dan kesaktian dari barang-barangnya, jangan-jangan malah jadi pasif dalam mencari materi; jangan-jangan malah jadi lebih sulit dalam berkarir/berbisnis.

Keseimbangan dan keharmonisan adalah kunci dalam mengaplikasikan feng shui. Dan ini juga berlaku dalam masalah keberadaan objek-objek yang kita taruh di ruangan atau di bangunan kita!


***

Bagi pecinta barang-barang lawas, ada baiknya lebih hati-hati dalam membeli dan menempatkannya di rumah atau kantor. Vintage, antique object termasuk kategori objek berenergi Yin.


Suhana Lim
Certified Feng Shui Practitioner
www.suhanalimfengshui.com
0422 212 567 / suhanalim@gmail.com