EVOLUSI CINTA

“Bayu, mbok ya sepatunya disimpan di tempat yang bener,” aku ditegurnya.

“Ayo, Bayu makan dulu udah siang,” aku diberitahunya.

“Ayo nak, jangan main terus, istirahat dulu,” bujuknya.

Mas jangan minum kopi terus, kebanyakan gula di kopi kamu,” rayunya.

Bayu Pratama, presiden organisasi Krakatoas

Dari sosok seorang ibu hingga seorang kekasih aku tak hentinya diingatkan. Sejak aku kecil, aku tidak bisa melihat hal-hal tersebut untuk terkait dengan apa itu cinta. Hanya saja aku melihat perlakuan-perlakuan tersebut sebagai sebatas teguran. Tetapi seiring bertambahnya umurku, aku mulai lebih menghargai hal-hal kecil seperti itu terutama dari ibuku sendiri. Aku mulai mengapresiasi nilai di balik setiap nasihat yang diberikan kepadaku.

Makna dari cinta dapat diinterpretasikan ke dalam begitu banyak rupa dan arti. Cinta bagi beberapa orang dapat diartikan sebagai semangat untuk hidup, atau kasih sayang dari orang-orang tercinta setiap harinya seperti dari keluarga, pasangan, maupun teman-teman mereka. Sedangkan bagi diriku sendiri secara pribadi, cinta adalah elemen spesial yang hanya dapat diberikan atau didapatkan dari orang-orang tertentu. Aku percaya bahwa cinta terbuat dari kebahagiaan sejati dan perasaan yang begitu luar biasa hingga tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata.

Aku dan pasti banyak juga orang melihat cinta sebagai sebuah bentuk seni yang dapat diilustrasikan ke dalam begitu banyak kreativitas. Tidak ada definisi yang salah atau benar dalam mengartikan cinta. Cinta memiliki rasa pencapaian dan kepuasan yang tersendiri. Terlebih lagi cinta berevolusi dan mendewasa seiring berjalannya waktu. Cinta memerlukan fondasi dan dasar tersebut merupakan tanggung jawab setiap individu yang terlibat akan cara membangun landasan yang kuat karena cinta adalah tentang hubungan dan komiten. Cinta memang merupakan hal yang begitu abstrak dan tidak ada hukum yang mengatur bagaimana orang-orang harus menafsirkannya. Tetapi yang pasti adalah bahwa cinta ditujukan untuk setiap makhluk hidup di permukaan bumi.

CINTA KARENA TERBIASA

Darcy Murphy, sekretaris organisasi AIYA Victoria

Witing tresna jalaran saka kulina yang dalam Bahasa Jawa berarti cinta berawal karena terbiasa. Kalimat tersebut merupakan pepatah lama yang aku pelajari dari seorang teman dari Yogyakarta. Ungkapan tersebut hingga kini mewakili apa yang aku yakini sebagai arti dari cinta sejati. Bahwa kejadian sehari-sehari yang begitu sederhana mampu mewujudkan juga mewakili betapa dalamnya cinta sejati itu.

Ketimbang hal-hal besar nan agung, cinta untukku adalah sesuatu yang jauh lebih kompleks dan tak mudah untuk dijelaskan. Menurutku cinta berasal dari sesuatu yang berhasil menemukan kedalaman yang spesial dalam rutinitas simpel. Hal-hal yang dapat diberikan secara gratis tanpa ada harapan akan imbalan, sesuatu yang menghangatkan hati dengan kebahagiaan. Di mataku, cinta tidak dimulai dengan kisah klise akan cinta pada pandangan pertama melainkan benih yang tertanam pada awal pertemuan lalu dirawat hingga mekar menjadi sesuatu yang romantis dan indah.

Namun, seperti halnya realita pada biasanya yang juga dinyanyikan dalam lagu favoritku, cinta banyak bertepuk sebelah tangan. Dalam hal ini kita tidak boleh memaksakan diri dan menanam benih cinta kita di taman yang lebih cocok untuk kita karena hal-hal baik tidak dapat tumbuh dari apa pun yang dipaksakan. Cinta adalah cinta, apapun bentuknya. Semoga kita semua dapat menemukan orang yang tepat untuk dicintai dan mencintai kita kembali.

ENERGI CINTA

Carmelo Sabandar, pengusaha GoWithMelo

Cinta bagiku adalah sebuah energi. Energi yang sangat kuat sehingga banyak film, bacaan, dan karya-karya seni lainnya mengekspresikan cinta sebagai sumber kekuatan terbesar. Seperti sumber energi lain pada umumnya, cinta dapat membangun kita untuk menjadi lebih bersemangat dan terkadang juga bisa menghancurkan kita. Cinta dapat memberikan kita semangat untuk menjadikan diri sebagai orang yang jauh lebih baik di masa depan dan dapat memerikan kita kemampuan yang sangat besar untuk melakukan hal-hal yang belum pernah kita bisa lakukan.

Tetapi terkadang juga cinta dapat menuntun kita kepada jalan yang aneh dan gelap. Ketika cinta begitu membutakan hati dan pikiran akan kebenaran, cinta dapat membuat banyak orang melakukan hal-hal yang seharusnya tidak mereka perbuat. Cinta itu menurutku membutakan. Seperti kaca mata kuda, kerap membuat kita melihat hanya hal atau orang yang kau cintai atau senangi saja tanpa takut akan masa di kemudian hari dimana cinta dapat menjatuhkanmu.