Press Release: Celebrating Indonesian Community in Victoria

Pada hari Jumat, 3 Maret 2022, IndOz Groups mengadakan event berjudul “Celebrating Indonesian Community in Victoria” bertempat di Tosaria Restaurant, 60 Henderson Rd, Rowville, VIC 3178.

Acara yang digagas oleh grup IndOz Biz Network dengan Lead Admin Handy Kosasih dan Lia Jauw dihadiri 82 orang tamu dan panitia–50 persen melebihi kapasitas yang direncanakan–serta didukung 23 sponsor, yang memberikan freebies dan voucher dengan total 102 hadiah. Grup IndOz Biz Network adalah group diskusi dan networking para orang indonesia yang memiliki bisnis di Australia. Saat ini member group ini mencapai 275 orang dan terus bertambah

Tiket acara ini sudah habis terjual 3 hari sejak acara diumumkan secara internal ke beberapa group di lingkungan IndOz Groups.

Beberapa tamu spesial yang hadir termasuk perwakilan organisasi Indonesia di Melbourne seperti IDN VIC, IMCV, IDBC, FMIA, ICAV serta para admin dan member IndOz Groups, para vendor makanan di IndOzFood, para members IndOz Groups serta masyarakat umum.

Salah satu tamu spesial yang turut mengisi acara adalah Deputy Chairperson of Victorian Multicultural Commission (VMC), Mr. Bwe Thay, perwakilan dari pemerintah negara bagian Victoria. Juga turut hadir Bapak Bayu Rahmat Novita, Konsul Ekonomi, dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Melbourne.

Dibuka oleh pidato dari KJRI, Bapak Bayu menyampaikan, Berhubungan dengan besarnya komunitas Indonesia di Victoria–setidaknya 20 ribu anggota diaspora berbasis di Melbourne–KJRI memperluas layanan consular service–melayani perihal paspor, kartu keluarga, affidavit dan legalisir–sekarang tersedia lewat layanan telepon.

Mr. Bwe Thay, Deputy Chairperson of VMC

Acara dilanjutkan dengan penyampaian pesan oleh Mr. Bwe Thay, Deputy Chairperson of VMC. Beliau memiliki passion serta keahlian dalam mengembangkan komunitas multikultural di bidang edukasi, penciptaan lapangan kerja, serta transisi ke dalamnya.

Beliau berpesan untuk selalu membantu sesama– “towards inclusivity– in the from of socioeconomic, emotional, and mental support–while increasing senses of belonging, warmth, and eventually desire to give back” serta menyampaikan untuk komunitas Indonesia agar tidak melupakan para pelajar. Pelajar adalah “the future generation of ambassadors; homesick and requires your support and cheer in reminding them that they can get through this; so please support and cheer them on.” katanya.

Kemudian pemaparan sejarah dan perkembangan IndOzGroups dan IndOzFood pun dilakukan oleh Hanny Santoso, salah satu founder IndOzGroups. Beliau menjelaskan asal muasal IndOz Group adalah berawal dari IndOzFood yang berdiri pada Maret 2020. IndOzFood adalah sebuah platform sederhana yang bertujuan membantu para vendor makanan Indonesia resmi berlisensi (baik resto maupun home kitchen) agar tetap survive selama lockdown pandemi COVID.

Hanny Santoso, salah satu founder IndOzGroups

Dari satu grup Whatsapp dengan lebih dari 3000 anggota di 20 penjuru Melbourne dalam, kemudian dibentuklah grup lain seiring dengan kebutuhan para diaspora Indonesia seperti IndOz Jobs (untuk yang mencari job), IndOz Parenting, IndOz Home Improvement, IndOz Gardening, IndOz Investment dan lain sebagainya. Saat ini IndOzGroups memiliki 70+ grup diskusi dengan macam kategori, dan terdapat 150 Whatsapp Group dalam ekosistem IndOzGroups.

Di akhir tahun 2020 IndOzFood dan IndOz Groups sempat mengadakan syukuran GALAKSI atau ‘Gathering and Lunch Akbar dan Simultan’, mengumpulkan lebih dari 400 orang di 5 lokasi berbeda di Melbourne, mematuhi restriksi lockdown. Uniknya, seluruh persiapan acara ini dilakukan melalui koordinasi grup Whatsapp dan tanpa keluar biaya. Acara syukuran dan fundraising ini melibatkan banyak sponsor serta menghasilkan $3,000 dollar yang disumbangkan ke 3 NFP: KASIH Project, Brainlink, dan Royal Children Hospital.

Di akhir 2022 kembali IndOzGroups mengadakan kembali fundraising melalui Group IndOz Parenting Secondary dan terkumpul $4,083 yang disumbangkan ke LaunchHousing dalam bentuk groceries package untuk 101 homeless people.

Diakhir acara ini, Pak Bwe Thay, mewakili VMC dan pemerintah negara bagian Victoria, memberikan sertifikat penghargaan ke 28 Groups yang paling aktif dan juga para penggerak IndOz Groups.

Penghargaan juga diberikan kepada dua grup diskusi teraktif dengan fokus budaya Indonesia yaitu IndOz Batik dan IndOz Arsitektur Pecinan; mereka beberapa kali mengadakan online talkshow selama pandemi dan grupnya memiliki anggota dari seluruh dunia. IndOz Batik memiliki subject-matter expert (SME) Bapak William Kwan Hwie Liong selaku aktivis, praktisi, peneliti, budayawan dan pakar Batik Indonesia dan IndOz Arsitektur Pecinaan memiliki SME Bapak Freddy H. Istanto, budayawan, arsitek dan akademisi dari Universitas Ciputra.

Seluruh inisiatif IndOz 100% FREE dan dalam jangka panjang bertujuan untuk meningkatkan keakraban sesama orang Indonesia di perantauan.

Untuk melihat dan bergabung dengan 70+ grup di IndOzGroups, kunjungi http://linktr.ee/indozgroups

Talkshow IndOz Groups dapat disaksikan di saluran YouTube @indozgroups; Akses 24 episode acara BakulIndOzFood atau ‘Bincang Kuliner IndOzFood’–mengangkat kisah perjuangan dan kisah sukses para pedagang makanan Indonesia–di Instagram @indozfoodmelbourne atau saluran YouTube @indozgroups.

Untuk iklan dan info makanan Indonesia di Melbourne (90+ vendors) dan Sydney (20+ vendors) akses http://linktr.ee/indozfood

Follow Instagram @indozfoodmelbourne untuk melihat showcase foto-foto hasil karya pusaka kuliner anak bangsa di Australia.

Instagram @indozgroups adalah album foto kegiatan2 semua grup.

The Winning Groups

Most Potential Group

  • Investment
  • Kitchen

Most Active Groups with Indonesian Culture Content

  • Arsitektur Pecinan
  • Batik

Top 18 Most Active Groups

  • Australiana
  • Cersil
  • Fengshui
  • Forum East
  • Gardening
  • Home Improvement
  • IT Professional
  • Outdoor and Travel
  • Parenting-Disability
  • Parenting-Secondary
  • Photography
  • Ping Pong
  • Running
  • Sale Bargain
  • Science Tech
  • Seniors
  • Volley
  • Parenting- NB Primary

The Fast and Furious / Most Growing / Rising Stars Group Awardee

  • Biz Network
  • Gowes
  • Investment-101
  • Jobs and Career and Jobs Ads
  • Property Discussion and Property Ads
  • WFC (Women Foodie Club)

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

NAILA 2018: Bahasa Adalah Pemersatu

Seorang anak berambut pirang dan mengenakan kemeja lengan panjang beranjak dari tempatnya duduk menuju podium. Tinggi badannya hanya terlampau sedikit dari meja podium, mikrofon...

SUPERMENTOR

Jika kamu memiliki ide bisnis yang cemerlang, namun bingung harus mulai dari mana, apa yang akan kamu lakukan? Jika kamu seorang fresh graduate yang...

Imlek di Luar Negeri: hanya angpao tanpa keluarga dan tradisi

Perayaan Tahun Baru Imlek atau Chinese New Year tidak hanya dirayakan oleh orang-orang Tionghoa saja. Sebagian besar orang-orang keturunan Tionghoa yang tersebar di berbagai...

Keyakinan di Saat Ketidaktentuan

Pembicaraan mengenai kondisi industri properti di Australia sudah bukan hal yang baru lagi. Pada akhir November 2018, harga properti di Melbourne telah menurun sebanyak 5.80% dibandingkan dari...

MITOS: ANALISA FENG SHUI BISA MENGAMBIL ROH

Akhir pekan yang baru saja lewat, atas undangan klien sekaligus sahabat dekat, saya menghadiri acara makan malam. Kediamannya berada di kawasan berbukit di bibir...