CARA MENIKMATI MUSIM PANAS AUSTRALIA

Berbeda dengan negara lain dimana penghujung akhir tahun disemarakkan dengan cuaca dingin, Australia menghadapi musim panas yang biasanya dimulai di bulan November hingga Februari. Panasnya pun tidak boleh dianggap remeh, karena bisa mencapai lebih dari 40 derajat Celcius!

Mungkin terkesan mengerikan, tapi tentunya kita masih bisa bersenang-senang dan pergi berkeliling menikmati sederetan hiburan yang tersedia selama musim panas. Kendati demikian, kita harus waspada terhadap beberapa hal.

Maka dari itu Buset telah menyiapkan sebuah panduan kecil untuk menghadapi musim panas ini agar akhir tahun 2019 dan awal 2020 bisa kita lewati dengan aman dan ceria.

Pantang Dehidrasi

Panas terik dan kurangnya asupan air dapat menyebabkan dehidrasi (dailynews)

Lain dari Indonesia yang lembap, cuaca panas di Negeri Kangguru sangat kering. Kita bisa menguras lebih banyak tenaga dan bisa saja pingsan jika tidak minum air yang cukup di cuaca seperti ini. Maka untuk menghindari, bawalah botol air minum kemanapun kita pergi. Drinking fountain gratis dapat juga ditemukan jika berjalan di daerah kota atau tempat-tempat wisata. Jika merasa lelah di perjalanan, carilah waktu untuk duduk sebentar dan beristirahat.

Kurangi Efek Sinar Matahari

Jangan lupa gunakan sunscreen di musim panas ini (source- Therapeutic Goods Administration)

Panas terik dari sinar matahari akan berdampak buruk bagi kulit. Menurut Cancel Council of Australia, kanker kulit, yang disebabkan oleh sinar radiasi ultraviolet merupakan tipe kanker yang paling umum, bahkan mendekati 80% dari semua tipe kanker yang didiagnosa untuk pasien di Australia setiap tahunnya.

Selalu siapkan sunscreen untuk melindungi kulit kalian. Jangan segan untuk berjalan di bawah area teduh jika menemukannya. Kalau bisa, bawalah payung. Tak hanya untuk teduh, tapi juga bisa berlaku untuk perubahan cuaca sesaat.

Pembasmi Serangga

Gunakan semprotan serangga di musim panas

Mungkin bagi kalian yang sudah lama tinggal di Australia, tentunya salah satu hal yang paling menjengkelkan dalam musim panas di Negeri Kangguru ini adalah serangga yang banyak keluar dan beterbangan, terutama lalat yang besar-besar. Akan menjadi ide bagus untuk menyiapkan obat serangga yang aman untuk kulit, apalagi ketika kalian akan menghabiskan waktu lama di luar. Barang seperti ini bisa didapat di supermarket terdekat. Menyiapkan semprotan serangga di rumah juga berguna, jika tiba-tiba serangga bermunculan.

Waspada Saat Mantai

Setiap warna bendera mengindikasikan tingkat keamanan (lifesaving.com.au)

Salah satu aktivitas populer yang dilakukan penduduk Australia selama musim panas adalah pergi ke pantai atau daerah pesisir lainnya dan berenang. Namun kalian juga harus tetap berhati-hati, dengan meningkatnya jumlah orang yang bepergian, menurut survei Surf Live Saving Australia, 123 (45%) dari 276 kematian dalam musibah tenggelam dari Juli 2018 hingga Juni 2019 terjadi di musim panas, meningkat 10% dibanding tahun sebelumnya.

Contoh bendera yang dapat ditemukan di pantai Australia (beach.org.au)

Jika kalian berencana untuk pergi berenang di pantai atau daerah pesisir, jangan meremehkan kedalaman air dan ketahuilah batas kemampuan kalian sendiri. Jangan ambil resiko dan berenang lebih jauh dari zona aman jika kalian tidak yakin karena ombak laut bisa saja berubah. Awasi anak kecil juga ketika mereka bermain di air. Dan tentunya, jangan minum alkohol sebelum pergi berenang!

Selalu Pantau Cuaca

Aplikasi prediksi cuaca adalah salah satu hal yang penting dalam persiapan perjalanan kalian (weatherzone)

Sangatlah penting untuk selalu memeriksa prakiraan cuaca sebagai bagian dalam merencanakan perjalanan kalian. Hal ini akan menjadi sangat penting terutama dalam perjalanan jauh. Akhir tahun ini musibah sudah terjadi, kebakaran hutan yang melanda daerah New South Wales dan Queensland telah menyebabkan kehilangan tempat tinggal serta membahayakan nyawa manusia dan fauna di sekitar.

Maka selalu pantau cuaca karena bisa saja ada peringatan resiko kebakaran pada hari itu, yang berarti kalian tidak boleh melakukan aktivitas tertentu, contohnya barbeque, atau pergi ke daerah tertentu.

Unduh aplikasi peringatan cuaca, bisa juga memeriksa di situs Bureau of Meteorology Australia atau badan penanggulan api di setiap daerah. Contohnya Country Fire Authority di Victoria, New South Wales Rural Fire Service, Queensland Fire and Emergency Services, Department of Fire and Emergency Service Western Australia.

Demikian beberapa tips dari Buset Magazine kepada para pembaca agar dapat melalui musim panas ini dengan nikmat.

Selamat akhir tahun, selamat bersenang-senang dan hati-hati di perjalanan.

Denis

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Citilink Luncurkan Penerbangan Perdana, Isfandi Ibrahim Sambut Reaksi Positif

Isfandi Ibrahim menerima sambutan hangat dari warga Indonesia di Melbourne. Ia merupakan Branch Manager Citilink Avalon yang baru meluncurkan layanan penerbangan Denpasar (DPS) -...

Peraturan Baru Panduan Pemberian Pinjaman

Peraturan dalam industri keuangan khususnya dalam pemberian fasilitas pinjaman untuk perumahan sangat bersifat dinamis dimana pihak regulator akan terus memantau perkembangan pasar untuk melindungi pihak Bank dan...

DUBES DAN KONSUL UCAP SELAMAT TINGGAL

Sebelum kembali ke Indonesia, Duta Besar RI untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema beserta istri, menyempatkan diri untuk bertemu masyarakat Indonesia di Victoria akhir Januari...

Program Professional Year

  Pada artikel Imigrasi terbitan Buset Edisi Oktober 2017 (bisa dibaca di sini) kita membahas bahwa lulusan dari Accounting, Engineering and IT bisa mendapatkan 5...

Membentuk Privilege Untuk Membantu Sesama dan Bangsa, Perjalanan Menakjubkan dari Ikki Hasan

https://youtu.be/S1uiFDaHj1cMemulai semuanya untuk kebahagian diri dan bangsa, menjadi niat utama dari Ikki Hasan untuk kembali ke Indonesia. Berawal dari keinginan membahagiakan orang tua dan...