Buka Peluang Untuk Anak Bangsa

0
103


Dalam rangka merayakan HUT RI ke-75 kemarin, Zoompetition menghadirkan rangkaian lomba menyanyi, membaca puisi, dan menyampaikan aspirasi untuk anak muda Indonesia di Nusantara. Lomba ini merupakan kolaborasi antar 4 organisasi, yakni Home Academy, YIMSA, PPIA Swinburne dan PPI Sarawak.

Hanya dua minggu untuk persiapan acara 

Kiki Nurfajri, Project Manager Zoompetition

Kiki Nurfajri selaku Project Manager dari Zoompetition mengaku bahwa ide menyelenggarakan lomba ini datang secara mendadak, berawal dari gagasannya dan Rizky Dwi Putranto, founder dari Home Academy. Sebagai sebuah platform edukasi yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat lokal melalui berbagai macam seminar, saat itu Home Academy baru menyelesaikan seri webinarnya dan sedang brainstorming untuk acara selanjutnya. 

“Oiya bentar lagi kan 17 Agustusan, kenapa kita gak bikin sesuatu, kayak lomba gitu, lewat zoom juga,” ujar Kiki.

“Emang idenya langsung muncul saja gitu loh. Ada ide, langsung eksekusi, kontak semuanya, langsung jadi,” sebutnya mantap.

Dengan begitu, muncul lah Zoompetition. Kiki dan Rizky lantas bergerak cepat mengkolaborasikan gagasan ini dengan berbagai organisasi lain untuk meramaikan dan melancarkan acara. Mereka hanya memiliki waktu dua minggu untuk mempersiapkan semuanya, mulai dari “designposter, rundown event, approach sponsor untuk dana hadiah, itu dalam waktu dua minggu menurut gue miraclebanget sih bisa jadi kayak gitu.”

Ingin meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia 

Core value kita memang untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kita melihat bahwa potensi anak-anak itu tinggi banget di Indonesia, tapi karena kurangnya platform mungkin mereka nggak bisa menyalurkan potensi mereka dengan bebas,” ucap perempuan lulusan Swinburne University ini saat ditanya motivasinya mengadakan Zoompetition. 

Perempuan yang hobi lari ini juga mengaku bahwa hadiah yang mereka berikan kepada pemenang bukan hanya dalam bentuk uang, namun juga kesempatan bagi mereka untuk meningkatkan potensinya lagi. Untuk lomba menyanyi, para pemenang diberikan kesempatan untuk latihan privat bersama backingvokal Raisa. Selain itu, dana yang didapat untuk Zoompetition ini tidak hanya dialokasikan untuk hadiah peserta namun juga akan disumbangkan kepada organisasi amal yang berfokus pada pendidikan. 

Apa Kata Pemenang

Fairuz Sakinah – Juara 1 lomba nyanyi, asal Jakarta 

Fairuz Sakinah

“Saya sangat bersyukur pastinya bisa mengikuti lomba ini. Saya sangat senang sekali bisa memperdalam bakat saya dan mendapatkan jawaban yang sudah lama sekali saya pertanyakan. Ini akan menjadi motivasi saya untuk selalu memperdalam dan melanjutkan bakat saya.”

Moch. Sofyan Sauri – Juara 1 lomba baca puisi, asal Karawang

Moch. Sofyan Sauri

“Lomba ini benar-benar berarti banget buat Sofyan. Ini kan lomba nasional, antara sekolah se-Indonesia. Lomba ini juga berarti dimana potensi kita terus diasah, potensi kita terus dilatih, apa yang kita ahli bisa terus dipelajari lagi dan diseriusin lagi.”

“Harapannya agar murid-murid dan anak-anak muda di Indonesia paham bahwa sebenarnya mereka bisa mengembangkan potensi-potensi mereka, nggak cuman dari formal edukasi, masih banyak cara lain. Misalnya dari ikut lomba, webminar, ternyata tuh ada insights-insights dari luar. Semoga mereka nggak takut lagi untuk mengembangkan potensi mereka,” tutup Kiki di akhir wawancara. 

Indonesia tentunya membutuhkan lebih banyak lagi orang-orang yang proaktif dan berdedikasi tinggi dalam memajukan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, dan lebih banyak lagi anak-anak muda yang termotivasi dan terus bersemangat mencari peluang untuk berkembang. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here