BDO Indonesia & Australia: Trade and Investment Growth Initiative

Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement, atau IA-CEPA, ditandatangani oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia dan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Penanaman Modal Australia di Jakarta pada 4 Maret di tahun 2019 lalu dan berlaku sejak 5 Juli 2020.

Perjanjian bermaksud untuk mendukung pembangunan ekonomi nasional melalui “akses pasar barang, jasa dan modal, promosi dan pelindungan penanaman modal, pengembangan sumber daya manusia, dan program kerja sama ekonomi.” menurut UU No.1 Tahun 2020.

Menurut Australian Government Department of Foreign Affairs and Trade, dibandingkan dengan negara Indo-Pasifik lainnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat signifikan. Mereka juga mengestimasi bahwa Indonesia akan menjadi bagian dari lima powerhouse ekonomi dunia pada tahun 2030 dan Australia ingin berada di posisi yang tepat.

Bapak Konsul Jederal Republik Indonesia menyampaikan kata sambutan dari kantor pusat BDO di Melbourne

Saat ini perekonomian Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Tenggara dan menempati posisi ke 16 menurut peringkat dunia. Di tahun 2018, Indonesia adalah mitra dagang dua arah terbesar Australia, bernilai $17,6 miliar dolar Australia. Perjanjian ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Agreement atau AANZFTA tetap tidak berubah dan AANZFTA dan IA-CEPA akan berdampingan.

Bersumber dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, manfaat kerjasama ini bagi eksportir dan importir ada di konsep ‘Economic Powerhouse’ dimana perekonomian dua negara akan saling mendorong produktivitas sektor industri dan agriculture, meningkatkan daya ekspor ke pasar negara ketiga serta memasok kebutuhan global.

Selain itu, rendahnya tarif ekspor dan impor di bawah free trade agreement (FTA) akan berdampak baik bagi kalangan produsen dan konsumen. Selain itu, berawal dari perjanjian ini, Australia menambah kuota ‘Work and Holiday Visa’ (Subclass 462) dari 1000 orang sebanyak lima persen per tahun dengan jumlah maksimal 5000 orang.

Mengetahui pentingnya economic cooperation atau kerjasama ekonomi ini, pada hari Rabu, 1 Maret 2023, BDO Indonesia dan BDO Australia mengadakan bincang yang mencakup perspektif kedua pihak mengenai pengoperasian IA-CEPA serta dampaknya terhadap kemitraan sektor perdagangan, investasi, dan digital.

Acara ini dijalankan secara serempak di Kantor Pusat BDO Jakarta, Sydney, dan Melbourne secara daring dan luring untuk membangun hubungan bisnis sembari membuka peluang kerjasama antara perusahaan Indonesia dan Australia. Acara ini akan menampilkan komentar dari perwakilan Pemerintah dan kelompok bisnis Indonesia dan Australia.

Suasana diskusi dari Kantor BDO di Melbourne

BDO adalah jaringan kantor akuntan publik, pajak, dan penasihat terbesar di dunia dengan akses ke modal intelektual sekitar 111.307 profesional dan 1.803 kantor di 164 negara di seluruh penjuru dunia. Setiap Perusahaan Anggota BDO adalah badan hukum independen di negaranya sendiri berfokus lokal dengan keahlian global.

Mewakili Pemerintahan Republik Indonesia Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Bapak Airlangga Hartarto, dan Menteri Perindustrian, Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita, menyampaikan pidato pre-recorded, menekankan manfaat IA-CEPA bagi Indonesia. Beliau sekalian mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi yang sustainable berfokus di sektor produksi dan jasa sangat efektif dalam menciptakan lapangan kerja.

Aliran Foreign Direct Investment (FDI) serta investasi lainnya ditambah transfer of technology yang diperoleh Indonesia dari Australia sebagai perekonomian maju diharapkan dapat membantu transisi Indonesia menuju industri padat modal dalam meningkatkan produktivitas.

Selain investasi modal dan kapital guna kelancaran transisi ini, investasi juga dilakukan Australia di bidang pendidikan dimana pada tahun 2020 Monash University membuka cabangnya di Indonesia sebagai universitas internasional milik asing pertama di Indonesia kata Renee Bryant. Beliau adalah Assistant Director Regional Trade Agreements of Department of Foreign Affairs and Trade yang bergabung di acara ini secara daring dari Canberra.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Indonesia Turut Ambil Bagian Perayaan Imlek di Point Cook

Memang tidak asing lagi kita mendengar kata kata Imlek atau Tahun Baru Cina, yang menandakan permulaan tahun baru bagi kalender masyarakat Tionghoa.Imlek identik dengan...

Press Release Batik Girl Animation Movie Roadshow: FICUSIA Di Australia

Setelah sukses melakukan Premier Film Batik Girl Animation: FICUSIA seri satu dan seri dua di Indonesia kemudian Lusia Efriani selaku project leader melakukan perjalanan...

Benci Tapi Bercumbu

Tidak ada teman sejati dan tak ada musuh yang abadi. Semuanya bisa berubah sesuai dengan kepentingan bersama. Motto klasik tadi bukan hanya berlaku dalam...

Thaiger: Burger Dengan Cita Rasa Asia

Edisi Icip-Icip kali ini, BUSET akan memberikan rekomendasi menu paling popular dari restoran gourmet burger Thailand, yaitu Thaiger. Terletak di tengah-tengah keramaian Bourke Street...

Karir Menurun Drastis Gara-Gara Feng Shui Rumah

Tanya: Saya sangat merasakan sesuatu yang “sangat kebetulan”. Ada kenalan orang tua saya, yang cuma baca denah rumah orang tua (rumah saya juga), itu menurut...